Postingan

TIPS MEMPERSIAPKAN GENERASI CERDAS DARI RUMAH

Gambar
Kalau denger soal #anakcerdasitu pasti kebanyakan orang mikirnya ya pinter. Tapi buat aku sama suami, cerdas itu kaya maknanya, dan nggak selalu soal seberapa pinter dia di sekolah, sebanyak apa piala yang dia dapetin, sejago apa dia jawab pertanyaan guru atau sebagus apa nilainya tiap akhir semester. Cerdas itu lebih kompleks, lebih luas, dan lebih besar ketimbang sekedar pinter.
Mungkin memang nilai akademis yang baik itu berpengaruh besar bagi masa depan anak, tapi buat kami, inginnya juga ditunjang nih sama nilai-nilai kecerdasan lainnya, seperti kecerdasan emosional, sosialnya sampai kecerdasan spiritual pastinya. Pengennya kakak sama adik jadi pribadi yang “ngerti” sama yang namanya etika, cara hidup berdampingan dan “unggah-ungguh” kalau orang Jawa bilang. Nah pas banget kemarin diundang di Media & Blogger Gathering #AnakCerdasItu yang seru banget bahasannya sama Dra. A. Kasandra Putranto, seorang Psikolog Klinis yang udah malang melintang lama banget dan udah berpengalam…

1000 Hari Perlindungan untuk Bayi Kita dari Sleek Baby

Gambar
Pernah nggak moms denger soal 1000 hari pertama kehidupan? Beberapa waktu lalu, aku diundang di blogger gathering-nya Sleek kan, trus ada dokter dr. Reza Abdussalam,SpA dari Brawijaya Hospital Antasari yang cerita soal 1000 hari pertama kehidupan nih. Ternyata (aku baru tahu juga kalau) 1000 hari pertama kehidupan kita itu dihitung dari saat terjadi konsesi, dimana sel telur ketemu sama sel sperma, yang kalau ditarik, kurang lebih hingga bayi berusia 2 tahun. Ini yang disebut sebagai Golden Period atau Golden Age. Makanya kenapa penting banget nih kita memberi yang terbaik buat bayi di masa ini, karena di saat inilah otak manusia mencapai pertumbuhan maksimalnya.

Ini ilmu banget nih buat aku yang punya anak masih umur setahun. Harus beneran bisa kasih #1000hariperlindungan yang tepat buat anakku. Kayak yang digaungkan sama Sleek Baby saat ini dengan kampanyenya tentang #1000hariperlindungan. Pas di blogger gathering kemarin, dr. Reza juga ngejelasin banyak soal #1000hariperlindungan ya…

DIY: BIKIN MAINAN DARI KARDUS BEKAS YUK!

Gambar
Setiap rumah biasanya punya nih stok kardus bekas, entah habis dipake angkut barang dan oleh-oleh pas mudik kemarin, atau bekas mie instan dan air mineral. Apalagi yang rutin beli susu kemasan kardus tuh, pasti buanyak deh stok kardus tak terpakainya haha. Daripada nyampah aja di sudut rumah yang udah aduhai atau menuh-menuhin tempat sampah depan rumah nih ya moms, yuk dikaryakan bareng anak!

MILK AND CEREAL BOX MINI TOWN

Kalau anak moms sukanya main role playing dengan boneka atau mobil, cocok nih bikin beginian. Apalagi kalau stok kardusnya banyak ya hahaha. Bisa dipake semua nih sekalian jadi kota yang gede. Nah kebetulan di sini aku pake beberapa jenis kardus yang beda nih, mulai kardus bekas susu bubuk, kardus sereal, dan kardus bekas keju.


Siapin aja nih empat bahan lain ini selain kardus bekas, yaitu: Kertas HVS putih Crayon Gunting Lem

Cara membuat mainannya juga mudah banget. Cukup lapisi kardus bekas dengan kertas HVS putih dan rekatkan dengan lem.



Kalau udah tertutup di sa…

MEET INTERLAC PROBIOTICS, SAHABAT SALURAN CERNA KELUARGA

Gambar
Siapapun yang punya anak dan bayi pasti pernah nih ketemu sama masalah cerna pada anak dan bayinya. Akupun juga. Meski ya kadang orangtuanya juga nggak luput ya dari permasalahan pencernaan, tapi kalau anak yang kena pasti lebih worry. Apalagi pas anak kita masih bayi dan berusia di bawah satu tahun, kayaknya ada aja ya yang perutnya kembung, muntah, diare, sampe kolik. Rasanya setahun pertama umur bayi tuh nggak ada santainya, penuh dengan deg-degan karena takut bayi dikit-dikit kenapa gitu. Terutama kalau udah mulai MPASI dan bayi udah “rajin” masukkin apapun ke mulutnya ya, hehe. Hayoo, siapa yang suka puyeng soal ini juga tunjuk tangan?
Saluran cerna itu termasuk bagian tubuh yang sensitif, apalagi buat bayi. Makanya aku tuh khawatir banget tiap Bintang ngemutin mainan, atau benda apapun yang dia temuin di rumah.


PERMASALAHAN CERNA YANG SERINGKALI MUNCUL
Did you know? Bahwa 80% sistem imun kita terletak di saluran cerna
Inilah alasan kenapa kesehatan saluran cerna sangatlah penti…

TIPS MUDIK BERSAMA ANAK & BAYI

Gambar
Tahun ini akhirnya ngerasain lagi nih mudik. Dan yang lebih spesial lagi, karena road trip bawa mobil sendiri bawa dua anak (5th dan 1th). Rempong nggak moms? Pasti haha. Tapi dibikin seru aja.

Alhamdulillah 3 hari yang lalu kami berangkat dari Depok. Sempet nemenin abinya ngajar dulu di Bekasi sampai malam, lalu lanjut jalan ke Cirebon buat silaturahmi singkat sama keluarga suami dan berangkat menuju Surabaya di Kamis pagi. Sampai Surabayanya kapan? Jumat pagi! Haha.. Lumayan ya. Tapi anak-anak gimana?

Alhamdulillah anak-anak kondusif dan kooperatif sekali di perjalanan. Kebetulan aku juga udah siapin beberapa hal buat di jalan. Apa aja sih yang perlu disiapkan buat perjalanan mudik lewat darat bersama anak?

1. Baju ganti harian
Baju lain pastinya udah masuk koper atau kalau aku milih pake box biar gampang dicarinya pas mau pake dan naruh di rumah mertua atau orangtua nanti nggak ngehabisin tempat karena bisa ditumpuk. Tapi di tas kecil siapkan juga nih minimal 3 pasang baju ganti b…

MENATA BUDGET UNTUK MUDIK LEBARAN

Gambar
Banyak orang bilang kalau lebaran itu waktunya ngehabisin uang yang dikumpulin selama setahun ini. Sebenernya nggak harus begitu yak. Tapi kalau dipikir-pikir, buat keluarga perantau yang mudiknya jauh bener dan anggota keluarganya banyak, nggak bisa dipungkiri kalau mudik tuh bakal ngehabisin duit juga hahaha.

Contohnya ya aku sendiri nih. Untuk mudik ke rumah mertua dan orangtua di Surabaya dan Mojokerto, nggak mungkin cuma nyiapin uang sejuta dua juta. Apalagi kalau harus naik pesawat, meski adik belum dihitung nih ya tiketnya, tapi buat bertiga aja udah 6 juta sendiri tiket lebarannya. Mayan puyeng kan? Hehe.

Jadi gimana nih nyiapin budgetnya?

Kalau aku sih gini:

1. BUAT RINCIAN KEBUTUHAN SELAMA DI TEMPAT MUDIK SECARA KASAR
Ini bisa diambil dari kebutuhan mudik tahun lalu ya. Kalau udah ada draft kasarnya nih kayak:
- kasih ke ortu
- angpao lebaran ke ponakan-ponakan
- jajan selama di tempat mudik
- beli oleh-oleh
Habis itu totalnya dikalikan 2 untuk perkiraan kebutuhan tahun ber…

MENU SAHUR PRAKTIS DAN MUDAH YANG BISA DIBEKUKAN SEBELUMNYA (FREEZER MEALS)

Gambar
Puasa sebentar lagi. Selain nyiapin kesiapan hati, moms pasti juga udah mulai muter otak nih buat nyiapin kebutuhan Ramadhan. Memang sih nggak perlu berlebihan, tapi tetep aja kan pola baru yang spesial selama Ramadhan juga butuh disiapkan. Seperti untuk sahur misalnya. No need to be glamorous or fancy or expensive. Tapi buat moms yang punya banyak kegiatan di rumah dan di luar rumah, menyiapkan sahur itu butuh tenaga ekstra ya. Makanya wajib nih dipersiapkan biar moms nggak keteteran.

Nah ini salah satu cara yang aku sendiri jalanin biar pas siang di bulan Ramadhan, akunya nggak jadi teler banget karena nggak sempet istirahat dengan baik hehe. Bikin food prep! Food preparation atau food prep kayaknya udah happening di sosmed ya. Tapi mostly nyiapin bahan mentah biar masaknya cepet dan nggak rusak selama disimpan. Kalau aku, food prep itu lebih ke arah bikin makanan (mostly lauk) matang yang bisa disimpan di freezer lalu tinggal dipanaskan atau diolah sebentar untuk memotong waktu me…