mencicip balik rasa pesisir utara jawa

rasanya udah lama banget saya nggak makan ikan pe, atau biasa dibilang iwak pe. biasanya, di Surabaya dulu saya suka makan di warung-warung sego sambel yang bertebaran di sekitar kampus dan memesan ikan pe ini. ikan pe sebenernya bukan termasuk ikan yang murah, untuk ukuran sego sambel pinggiran pun harga seporsi nasi + sambel + ikan pe dan lalapannya termasuk mahal.

selain itu, dengan bapak yang berasal dari pesisir utara jawa tengah, saya juga kenal sama masakan satu ini, mangut iwak pe. masih dengan shining star si ikan pe, mangut yang populer di daerah tuban (jawa timur) sampai demak (jawa tengah) ini dimasak dengan santan dan bumbu lengkap. nggak lupa ada cabe rawit utuh bertebaran di sekitarnya.

gurihnya ikan pe ini akhirnya saya cicipin lagi pas kemarin mau belanja bulanan sama suami ke Tip Top di Martadinata Ciputat. eh kebetulan liat resto ini yang majang tulisan gede mangut iwak pe. akhirnya saya sama suami langsung deh merapat ke resto yang namanya NGGO ROJO ini.

saya, yang jelas-jelas berhenti karena liat tulisan mangut, memesan seporsi mangut dengan nasi putih. suami lebih milih buat makan entog goreng sambel huaaahhh plus lalapan. ini nih menu pesenan kami. 


dua-duanya pedes, tapi enak! bener-bener ngobatin kangen sama keluarga di pesisir utara jawa!

Komentar

Postingan Populer