JANGAN MINUM HOMETOWN DAIRY!

Karena moms pasti bakal ketagihan, hahaha. Jadi gini, beberapa hari lalu aku sempet nyobain lagi susu murni Hometown ini dan emang sih kalau udah minum susu murni Hometown tuh nggak bisa berhenti. Pasti ketagihan. Tapi sebenernya bagus nggak sih “ketagihan” susu ini?


Kayaknya udah mendekati fitrah ya moms, kalau manusia itu minum susu. Baru lahir aja kita langsung dimanjakan sama ASI dan segala manfaatnya untuk tubuh kita. Saat lulus dari 2 tahun minum ASI, bukan berarti kita bisa “seenaknya” berhenti minum susu lho. Tapi emang segitu pentingnya ya minum susu? Yuk cari tahu lebih banyak soal susu!

APA SIH SUSU ITU?

Kalau menurut kamus dan Wikipedia nih, susu itu adalah cairan berwarna putih yang mengandung lemak dan protein yang dihasilkan oleh mamalia (manusia dan hewan mamalia lainnya). Susu berfungsi sebagai “makanan” buat bayi (baik manusia dan hewan mamalia) setelah dilahirkan, yang kemudian ditambah dengan makanan lainnya ketika pencernaannya telah mampu berfungsi untuk mencerna makanan padat. ASI sendiri disarankan untuk terus diberikan kepada bayi hingga bayi berusia 2 tahun. Nah, setelah lepas ASI, apakah manusia masih butuh susu nih? Jawabannya udah pasti iya dong. Tapi dari mana?

Setelah nggak lagi mengonsumsi ASI, kita bisa memperoleh susu pengganti dari hewan mamalia lainnya seperti sapi. Mungkin ini adalah susu paling awam untuk kita konsumsi ya. Dan tentunya paling mudah untuk dicari karena banyak tersedia di mana-mana.

MANFAAT SUSU MURNI BUAT TUBUH KITA

Setelah nanya sana sini, banyak baca juga, aku makin paham kalau manfaat susu murni itu nggak cuma karena mengandung kalsium yang memperkuat tulang dan gigi lho. Manfaat susu murni ternyata variatif banget, kayak adanya kandungan protein yang mampu menyediakan sumber energi buat aktivitas kita, potasium yang membantu memelihara tekanan darah, vitamin D yang memelihara tulang, vitamin A yang membantu menjaga sistem imun, penglihatan dan kondisi kulit kita, sampai fosfor yang memperkuat tulang dan memberi kita energi. Komplit ya?

LALU, APA BEDANYA SUSU PASTEURISASI DAN SUSU UHT?

Tiap jenis susu itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada jenis susu Pasteurisasi dan susu UHT yang mengalami proses pemanasan terlebih dahulu (meski keduanya memiliki teknik pemanasan yang berbeda), biar aman buat dikonsumsi manusia. Susu pasteurisasi dapat bertahan hingga 30-40 hari (dengan penyimpanan dalam suhu 5 derajat Celcius) karena telah melalui proses pemanasan pada suhu 72-75 derajat Celcius hingga sekitar 15 detik. Sedangkan susu UHT (Ultra High Temperature) dapat disimpan di suhu ruang hingga 1 tahun karena telah mengalami proses pemanasan di suhu 135-150 derajat Celcius dalam waktu 2-4 detik.

Dampak pemanasan ini terlihat pada kandungan nutrisinya, karena makin tinggi suhu pemanasannya, maka makin menurun juga nih kandungan nutrisi yang ada di jenis susu ini. Vitamin larut air, antara lain vitamin B dan C mengalami penurunan signifikan pada proses UHT dibandingkan dengan pasteurisasi. Vitamin B1 dan B12 mengalami pengurangan sebesar 20-30%Vitamin C dan Folat mengalami penurunan yang signifikan akibat proses UHTProses UHT menyebabkan protein yang mengikat folat berkurang signifikan sehingga mengurangi tingkat penyerapan folat. (student.cnnindonesia.com)

Inilah yang jadi acuan buat aku memilih susu pasteurisasi buat kami minum sekeluarga.

KENAPA MILIH SUSU MURNI PASTEURISASI HOMETOWN DAIRY?


Sejujurnya, aku tuh tipikal orang yang nggak suka minum susu putih karena biasanya eneg, dan sedihnya, ini menurun ke kakak. Makanya, aku harus cari cara buat nemuin susu murni yang nggak cuma bagus, tapi juga bisa aku dan kakak minum. Akhirnya kan coba-coba beberapa merk susu murni nih, namanya ibu ya, pasti nyari yang terbaik toh buat keluarganya. Nah setelah baca-baca review dan juga ngelirik instagram @hometowndairy.id ini kok jadi kepengen nyoba juga.

Daaan ternyata, setelah nyobain susu murni Hometown ini aku jadi heran, kok bisa nggak ada eneg-enegnya gitu. Trus coba dong kasih ke kakak. Awalnya dia defensif banget nih, tapi dengan kalimat “Kakak coba dulu, kalau nggak suka gapapa yang penting udah nyoba”, akhirnya kakak mau. And it turns out so surprisingly. Kakak pun doyan!

Jadi, susu murni Hometown tuh fresh milk yang udah mengalami proses pasteurisasi (kayak yang sempet aku jelasin di atas tadi) jadi termasuk fresh milk yang aman banget nih dikonsumsi langsung. Dan tahu nggak, kalau susu murni Hometown ini ternyata masuk golongan susu pasteurisasi yang less processed. Makanya masih terjaga banget kealamian dan kemurniannya. Ini berarti kandungan baik dan manfaat susu murni yang ada di susu murni Hometown pun nggak hilang gitu aja akibat proses pemanasan yang berlebihan.


Makanya kenapa kita nggak boleh “menahan” susu murni Hometown kelamaan di kulkas. Karena dengan proses pasteurisasinya, susu murni Hometown hanya memiliki jangka waktu 12 hari sejak diproduksi dan maksimaaaal banget bertahan di kulkas (dengan suhu 0-4 derajat Celcius) selama 3 hari sejak dibuka nih seal-nya. So far nggak masalah sih ya, karena sekali beli dan buka seal-nya, paling cuma bertahan 2 hari di rumah, hahaha.

Tahu nggak kenapa susu murni Hometown ini cuma bertahan 3 hari setelah seal dibuka meski dalam ruang dingin? Karena di dalam susu murni Hometown ini nggak ada tambahan gula, perisa, stabilizer ataupun pengawet dan bahan tambahan lainnya nih. Cek aja di bagian komposisi di botolnya, cuma ada susu sapi segar kan? Makanya aku sendiri juga nggak ragu buat minum susu murni Hometown dan kasih susu murni Hometown ke anak dan suami. Apalagi aku masih nyusuin kan, pasti ngejaga banget apa yang aku konsumsi demi kualitas ASI buat adik juga. Dan minum susu murni Hometown buat tambahan asupan kalsium, vitamin dan segala yang aku butuhin itu nggak bikin worry sama sekali!

CARA TERBAIK MENIKMATI SUSU MURNI HOMETOWN

Namanya juga fresh milk, pasti paling enak diminum dingin, tanpa tambahan apapun dong. Karena rasa susu murni Hometown ini nggak eneg, makanya jadi seger banget. Apalagi yang paling bikin ketagihan minum susu murni Hometown itu karena masih ada “cream on top” alaminya yang ada di bagian atas susu tuh yang biasanya buat bahan bikin butter. Ini yang bikin rasa susu murni Hometown makin creamy tanpa kasih efek eneg tadi.

Selain langsung diminum, susu murni Hometown juga enak banget buat diolah jadi berbagai menu lain. Buat temen makan sereal, sampe buat dibikin kue! Ya, secara aku masih nyusuin ya, bawaannya lapeeeer mulu, jadi wajib tuh punya cemilan haha (alesan). Dan kebetulan kakak juga lagi masanya seneng nyemil, apalagi kalau diajak ikut bebikinan pake susu yang dia suka. Wuih, hepi banget dia.

Ini nih, salah satu resep andalan cemilan cepet di rumah yang jadinya makin super creamy karena pake susu murni Hometown.



BREAD PUDDING HOMETOWN

Bahannya:
1 bungkus Roti tawar
2 butir Telur
2 gelas susu murni Hometown
Gula sesuai selera
Garam sedikit saja

Cara membuat:
Kocok telur di satu wadah. Sisihkan.
Potong roti tawar lalu tata di pinggan tahan panas.
Campur susu murni Hometown dengan gula, garam dan kocokan telur. Aduk rata.
Siramkan campuran susu murni Hometown di atas roti tawar secara merata, beri topping sesuai selera, lalu oven hingga matang.
Voila, siap deh disantap!

Gampang dan cepet kan bikinnya? Nah buat resep ini kita nggak perlu mikir nyari butter nih, karena kan udah pake susu murni Hometown yang creamy banget yang bikin rasa bread pudding-nya makin manteb dan gurih tanpa perlu tambahan butter. Praktis kaaaan? Buruan deh ke supermarket terdekat buat stok susu murni Hometown ini. Nggak perlu bingung nyarinya ya, karena susu murni Hometown udah tersedia di supermarket kenamaan kayak Foodhall, Ranch Market, Farmers Market, Superindo, LotteMart, Transmart Carrefour, Kemchick, All Fresh, Grand Lucky, Indogrosir, Papaya, Hypermart hingga AEON. Jadi nggak ada alasan lagi kan buat nggak nyari susu produksi PT. Great Giant Livestock, Lampung ini sekarang. Buruan besok belanja susu murni Hometown ini dan cobain sendiri segernya, creamy-nya susu ini.
Buat tahu lebih banyak tentang susu murni Hometown, moms bisa follow instagram Hometown dairyfacebook Hometown Dairy dan soon bakal banyak detail juga di website Hometown dairy.

Next, mau bikin es kopi susu kekinian pake susu murni Hometown juga ah!



Beberapa bacaan pendukung dari:
wikipedia
oprah.com
student.cnnindonesia.com

Foto: 
Dokumen pribadi




Komentar

  1. pas minum hometown memang lebih yakin sama kandungan nutrisinya y mba, terutama karena tidak mengandung bahan tambahan lainnya.

    BalasHapus
  2. Iya, nih. Says sekeluarga juga langsung ketagihan hehehe

    BalasHapus
  3. Setujuuuu, aku juga ketagihan susu ini

    BalasHapus
  4. Tadi aku ke aeon bsd, ternyata hometown juga nangkring di sana, ukuran seliter dan 2 liter.

    BalasHapus
  5. Nyam breadpudding-nya. Sering bikin buat anak2 jg tapi krn gak punya oven akhirnya kukukus hehe. Kalau pakai bahan susu Hometown pasti lbh enak yaaaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer