menu sahur praktis seminggu part 2

Waaaaah, udah mau puasa lagi! Seruuuu! Apalagi kali ini udah ada Ai, hihi... Makin rame kayaknya (enggg, kalo dia bangun sih -_-)

Anyways, mau share beberapa option menu sahur yang gampil (baca: gampang) buat dibuat dengan mata ngantuk sekalipun! Emang apa aja sih?

SENIN
1. Tumis Rame
    bahan: Buncis, Tempe, Jamur Tiram, Cabe merah, Garam, Merica, Saus Tiram, Bawang Putih, Bawang Merah
    cara: Geprek dan cincang bawang merah dan putih. Iris tipis cabe merah. Sobek-sobek jamur tiram, iris tipis kecil tempe dan iris tipis menyerong buncis. Tumis bawang sampai harum, masukkan cabe hingga layu, masukkan tempe, tumis sampai agak matang. Masukkan buncis. Beri garam, merica dan saus tiram secukupnya. Terakhir masukkan jamur tiram. Tumis sampai rata dan matang semua, angkat.

2. Nugget Tahu
    cara: bisa dicontek di sini 
    nugget tahu bisa dibuat malam harinya, masukkan kulkas, trus pas sahur tinggal digoreng deh

SELASA
1. Buttered Spinach
    cara: bisa dicontek di sini

2. Ayam Masak Sambal Hijau
    bahan: ayam, bawang merah, bawang putih, cabe hijau, merica butir, garam
    cara: Goreng ayam setengah matang, sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, cabe hijau dan merica. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ayam, tumis. Tambahkan air secukupnya untuk membantu bumbu meresap ke ayam sambil mematangkan.

RABU
1. Cah Wortel Tauge
    bahan: wortel, tauge, bawang merah, bawang putih, cabe merah, garam, merica, saus tiram.
    cara: Iris wortel tipis menyerong. Geprek dan cincang bawang merah dan bawang putih. Iris cabe menyerong. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan cabe merah, tumis sampai layu. Masukkan wortel, tumis hingga setengah matang. Masukkan tauge. Tambahkan garam, merica dan saus tiram. Beri air sesuai selera untuk kuahnya. Tumis hingga matang.

2. Bola Daging Tahu
    bahan: daging giling, tahu putih, merica, garam, bawang merah, bawang putih, telur
    cara: Geprek dan cincang bawang merah dan bawang putih. Campurkan daging giling, tahu yang sudah dihancurkan, merica, garam, bawang merah dan bawang putih hingga rata. Tambahkan kocokan telur. Bentuk bola-bola. Goreng hingga matang.

KAMIS
1. Sambal Goreng Kacang Panjang
    bahan: kacang panjang, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe hijau, santan, garam, merica
    cara: Iris kacang sesuai selera. Tumis bawang merah dan putih yang sudah digeprek dan dicincang hingga harum. Masukkan cabe merah dan hijau. Tambahkan kacang panjang. Tumis hingga agak layu. Masukkan santan dan air secukupnya. Taburi garam dan merica. Masak hingga matang.

2. Ati Ampela Bumbu Semur
    bahan: ati ampela, bawang merah, bawang putih, garam, merica, saus tiram, kecap manis
    cara: Geprek dan cincang bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga harum. Masukkan ati ampela, aduk. Tambahkan kecap manis dan saus tiram. Tambahkan air agak banyak untuk mematangkan ati ampela. Beri garam dan merica secukupnya. Masak hingga matang.

JUMAT
1. Sup Ayam
    bahan: dada ayam utuh, wortel, jagung manis, bawang putih, garam, merica, daun bawang
    cara: Rebus dada ayam untuk mendapat kaldu dan mematangkan ayam. Iris wortel kotak-kotak kecil. Pipil jagung manis. Iris tipis bawang putih lalu goreng sebentar, tiriskan dan masukkan ke rebusan ayam. Jika ayam sudah mulai matang, tambahkan jagung manis. Masukkan wortel, garam dan merica. Terakhir, tambahkan daun bawang.

2. Perkedel Kentang
    bisa dibuat malam sebelumnya dan masukkan kulkas. Paginya tinggal dicelup ke kocokan telur dan goreng.

SABTU
1. Sawi saus inggris
    bahan: sawi, bawang putih, saus inggris, garam, merica
    cara: potong sawi sesuai selera. geprek bawang putih dan cincang. tumis bawang putih hingga harum, masukkan sawi, tambahkan garam, merica dan saus inggris. angkat bila matang.

2. Udang asam manis
    bahan: udang, bawang putih, saus tomat, saus sambal, garam, gula, merica
    cara: bersihkan udang dari kulit, kepala dan ekor. geprek bawang putih dan cincang. tumis bawang putih. masukkan udang, tumis sampai berubah warna. tambahkan saus tomat dan sambal sesuai selera. taburkan garam, sedikit gula dan merica. beri sedikit air kalau suka lebih berkuah. masak hingga matang.

MINGGU
1. Sup tahu putih
    bahan: tahu putih, daging, daun bawang, bawang putih, bawang merah, garam, merica
    cara: rebus daging. geprek dan cincang bawang putih, tumis dan tiriskan. iris tipis bawang merah dan goreng untuk taburan. masukkan tumisan bawang putih ke rebusan daging saat daging sudah mulai matang. angkat daging, potong sesuai selera lalu masukkan kembali ke rebusan. potong tahu putih kotak-kotak dan masukkan ke rebusan. potong daun bawang bawang agak besar. masukkan ke rebusan jika tahu mulai terlihat matang. tambahkan garam dan merica. terakhir, taburi bawang merah goreng.

2. Sosis Pedas
    bahan: sosis ayam, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, saus tiram, garam, merica
    cara: potong sosis jadi 2 bagian (atau 3 bagian, sesuai selera), dan iris salah satu bagian berbentuk + agar mengembang saat digoreng. goreng sosis di minyak berlimpah sampai matang. geprek dan cincang bawang putih. iris tipis cabe merah dan cabe rawit. tumis bawang putih sampai harum. masukkan cabe, tumis hingga sedikit layu. masukkan sosis, saus tiram, garam dan merica. angkat.


so simple, isn't it?
nggak ada alasan lagi kan buat sahur tanpa sayur since it's not that hard either. selamat mencoba dan selamat puasa semuanyaaaaa....

semoga berkah!
maaf lahir bathin yaaaa

Komentar

  1. mbak...
    ilernya sampai dimari.
    ijin share ke dapur saya yaaaah.
    *inget belum buka.
    *pundung happy

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer