MAMPIR MAIN DAN BACA BARENG BALITA DI RIMBA BACA

Punya anak/ balita yang suka baca atau pengen ngenalin dunia buku ke anak rasanya sekarang udah nggak susah ya. Buku bagus banyak dijual di mana-mana. Beli online pun ada. Tinggal lihat review-nya, klik order, transfer dan buku dikirim ke rumah. Tapi kalau pengen baca banyak buku seharian tanpa menghabiskan terlalu banyak uang, tempat ini bisa jadi tujuan.

Sebenernya saya udah lihat instagramnya dari lama. Cuma ya tiap mau ke sana, adaaaa aja halangannya, padahal juga termasuk deket dari rumah. But this one time, emang berangkat dari rumah buat ke sana, sambil janjian playdate sama sepupu kakak, Jabil.


Nama tempat ini Rimba Baca. Dibilang perpustakaan, bisa. Dibilang ruang bermain juga bisa. Kok gitu? Karena setelah nyampe sini, saya dibikin wow banget. Kelihatannya dari luar sih Rimba Baca ini cuma rumah biasa, tapi begitu masuk, kita kayak terdampar di perpustakaan mini yang jadi surganya anak-anak. Koleksi bukunya beragam banget dan banyak! Pengaturan buku di Rimba Baca pun menarik, semua buku digolongkan per kategori usia pembaca. Jadi orang tua nggak bingung milihin buku yang pas buat anaknya. Mostly buku di Rimba Baca berbahasa Inggris sih emang. Kinda tricky buat anak yang masih belajar, but it can be a great excuse to make them learn English more. To be honest, bukunya seru-seru! Bahkan buat saya yang udah emak-emak pun seneng bacanya (err, karena suka banget baca juga sih haha). 


Kakak langsung semangat banget milih bacaannya sendiri. Meski dia belum bisa baca (she's 4 y.o now), tapi dia emang seneng banget lihat buku. Beberapa minta dibacain, tapi kadang saya minta dia interpretasikan cerita based on gambarnya, dan dia cerita sendiri, versi dia of course. Lumayan buat explore imajinasinya. Oya, Rimba Baca juga punya pojok buku buat orang tua yang nganterin anaknya di lantai 2 mereka lho. Jadi anak sibuk baca, emak bapaknya bisa asyik baca juga di sana.




Cuma buat baca buku aja nih di sini? Nggak lah. Kayak yang saya bilang tadi, di sini bisa main-main juga nih. Rimba Baca punya banyak mainan edukatif yang bisa membantu perkembangan motorik anak, sekaligus melatih konsentrasi dan sarana pengenalan warna dan bentuk yang seru banget. Bergeser sedikit, di sisi lain Rimba Baca ada sudut kostum yang banyak banget macemnya. Kakak juga hepi banget mainin kostum-kostumnya. Ada topi pirates, ekor dinosaurus, dasi ala flinstone, dan masih banyak lagi. Lucunya, kakak langsung otomatis niruin gaya pirates pas pake topi pirates-nya.



See? She's exploring her imagination right away!

Done with the characters building and role playing, kakak pindah ke ruangan lain which is art room! Yup, Rimba Baca punya art room di mana anak-anak bisa mewarnai dan melukis dengan bebas! Rimba Baca udah nyediain kertas gambar yang kosong ataupun kertas bergambar tokoh-tokoh kartun kesukaan anak-anak yang siap buat diwarnain pake pensil warna, crayon ataupun cat air. Yep, semua udah disiapin di Rimba Baca. Pokoknya tinggal dateng tangan kosong aja deh hehe.



Gratis nggak? Nggak lah, semua fasilitas ini pasti berbayar. Secara mereka belinya kan juga mahal ya. Tapi tenang, bayarnya nggak mahal kok buat semua fasilitas yang bisa kita nikmatin sepuasnya di Rimba Baca ini. Per anak cukup bayar Rp. 30.000 dan pendampingnya bayar Rp. 5.000 per orang. 

Rimba Baca juga sering banget bikin event sendiri maupun bareng sama komunitas. Mulai yoga buat anak sampe workshop kreativitas buat anak-anak. Nah kalau ini bisa cek jadwalnya di website Rimba Baca aja ya di http://rimbabaca.com atau kontak mereka di 021-7664517. Bisa juga follow instagram mereka @rimbabaca buat dapetin update-nya tiap saat.

Rimba Baca sendiri buka dari jam10 pagi sampai 7 malam. Alamatnya ada di Jalan RSPP no. 21B, Cilandak, Jakarta Selatan, nggak jauh dari RSPP Fatmawati jadi masih reachable banget. Oya, satu lagi, kita juga bisa daftar jadi membernya dengan bayar Rp. 375.000 per tahun untuk bapak, ibu dan dua anak, dengan fasilitas kita bisa dateng kapan aja tanpa perlu bayar lagi, trus bisa pinjem buku juga di sana, maksimal 5 buku dalam dua minggu. Puas banget!

Jadi, kapan ajak anak dan balita anda ke sini?


Komentar

Postingan Populer