5 HAL YANG BISA KITA LAKUKAN SAAT BAYI KITA DEMAM



Siapa bilang kalau udah punya anak lebih dari satu bakal lebih santai ngadepin masalah seputar anak? Ternyata nggak juga haha. Terutama kalau anak sakit nih, mau anak ke berapapun, namanya sakit pasti bikin khawatir ya mom. Nah karena aku juga sempet gitu pas adik panas beberapa bulan lalu, akhirnya nanya-nanya lagi ke beberapa temen yang (kebetulan) berprofesi sebagai dokter, tambah pengalaman sendiri juga nih.

1. MONITOR SUHUNYA
Pas ngerasa pertama kali badannya mulai anget, langsung cek dengan thermometer ya mom. Pantau suhunya setiap sejam sekali. Jangan hanya percaya pada telapak tangan kita (kadang kita Cuma pegang dan nganggep, oh nggak terlalu panas kaaaan). Kapan sih dianggep demam? Bisa kita bilang demam kalau suhu di ketiak bayi sudah di angka 37,8 nih. Jadi, monitor terus ya moms.

2. SKIN TO SKIN SEGERA
Dengan cara buka baju bayi dan baju mom. Telungkupkan bayi di dada kita (bisa sambil nyusuin nih) dan usahakan kulit bayi dan kulit kita bersentuhan langsung ya. Lalu tutup dengan selimut agar bayi nggak menggigil. Tujuannya sih biar panas tubuh bayi ini bisa terserap oleh tubuh kita, dan bikin suhu tubuh bayi sedikit menurun.

3. BUAT DIA NYAMAN
Pakaikan baju yang nyaman ya mom. Karena di saat seperti ini, bayi pasti merasa serba nggak enak. Baju nyaman yang nggak bikin gerah tapi juga nggak terlalu tipis buat menghindari bayi kedinginan atau menggigil.

4. BERI ASI LEBIH SERING
Pemberian asi akan membantu bayi menurunkan suhu tubuhnya dari dalam. Tau sendiri kan mom, asi itu punya khasiat yang luar biasa, termasuk menyembuhkan. Jadi perbanyak pemberian asi ketika bayi mulai demam ya.

5. KOMPRES DENGAN AIR HANGAT
Kenapa harus air hangat? Karena saat suhu tubuh naik, kompresan air hangat justru membawa air hangatnya jadi dingin perlahan sambil nurunin suhu tubuh bayi. Kalau kita pake kompres air dingin justru akan merangsang suhu tubuh untuk naik lagi dan membuat bayi menggigil.

Kapan kita harus memberi obat penurun panas? 

Berdasarkan pengalaman dan nanya ke DSA langganan plus teman yang berprofesi sebagai dokter juga, baiknya pas suhu tubuh bayi udah di atas 38, kita bisa beri obat penurun panas yang memang direkomendasikan DSA bayi kita ya, mom. Apalagi kalau bayi udah ada riwayat pernah kejang nih. Disarankan buat segera diberi obat penurun panas secara teratur sambil terus pantau suhunya.

Trus, kapan kita perlu bawa bayi kita yang demam ke DSA atau RS?
  • Ketika udah ada tanda-tanda dehidrasi, baik karena sakitnya (demam tinggi, muntah mencret). Tandanya seperti ubun-ubun jadi cekung, mata cowong dan menangis tanpa keluar air mata.
  • Ada kejang (segera bawa ke rumah sakit terdekat ya moms)
  • Suhu tubuh bayi di atas 40 derajat
  • Sudah demam selama 3 hari

Nah, semoga sedikit info ini membantu moms semua ya agar nggak panik saat bayi demam. Yuk siapkan thermometer dan obat penurun panas rekomendasi DSA langganan bayi kita untuk jaga-jaga (yang semoga nggak kita butuhin yaaa). Sehat-sehat semuaaaa…



foto: pexels.com

Komentar

  1. Ketika panas tiba Minum air putih kalau usianya balita . Jangan panik ya mom

    BalasHapus
  2. Jangan salah kompres bisa membuat anak jadi tambah penyakitnya. Menggigil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, makanya kompresnya pake air hangat, bukan air dingin

      Hapus
  3. Kalau panas tinggi, aku jg langsung kasih parasetamol dan kompres.

    BalasHapus
  4. setuju, lebih baik kita bersiap-siap jadi klo anak panas tiba-tiba sudah tersedia thermometer dan obat penurun panas

    BalasHapus
  5. Kalau dulu pas anak baru 1 saya jarang pakai thermometer ngukur suhu, udah kenal betul soalnya suhu badannya, jadi hanya dengan nempel tangan udah tau kapan harus kasih paraset.

    Setelah ada adiknya, kemampuan tangan mengukur suhu jadi kacau, karena suhu keduanya beda

    BalasHapus
  6. Di rumahku belum sedia termometer sih mbak... Berarti emang kudu punya ya biar suhunya bener bener terkontrol... Makasih infonya mbak...

    BalasHapus
  7. Aku suka salah nih klo kompres.. seringnya pakai air dingin. Huhuu

    BalasHapus
  8. Dulu kalau kompres anak sering dg air dingin, tetapi sekarang sudah dengan air hangat,, jadi turunnya lebih cepat.

    BalasHapus
  9. Aku pun sejauh ini sudah menerapkan 5 tips tersebut. Terkadang namanya orangtua tetap saja ya Mba, khawatir dan sedikit panik saat anak sakit pasti ada.

    BalasHapus
  10. Aku jarang sekali saat anak demam lari ke obat, baiasanya banaykin minum asi atau air putih dulu untuk pertolongan pertama

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer