MANFAAT PIJAT BAYI YANG HARUS MOM TAHU


It’s been a tradition kalau kita semua secara otodidak “diajarin” memijat di rumah. Mostly pas capek sih ya. Tapi ada juga yang tiap anaknya rewel atau jatuh, langsung emergency helpnya ke tukang urut. Di keluargaku pun, pijat itu udah jadi bagian dari kehidupan kami sehari-hari. Pegel dikit ya nyari tukang urut atau tukang pijat. Pas kami masih kecil (dan sekarang anak-anak kami) habis pergi atau main seharian, pasti malemnya dipijat. Cara pijatnya kayak apa? Ya standard aja yang kami tahu, dan cuma di area punggung (yang lebih kayak dielus-elus aja) sama kaki.

Makanya pas ada event “SENTUHAN CINTA” dari Johnsons Baby Indonesia yang concern di tema  Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaat bagi Tumbuh Kembang si Kecil, aku langsung semangat banget buat ikutan, karena aku ngerasa ya aku butuh ilmunya biar kalau mau pijat anak-anak di rumah itu nggak asal aja. Thanks to Johnsons Baby Indonesia!



First time ikutan acara ini langsung jatuh cinta, karena suasananya emang dicreate nyaman banget dan enak buat pijat bayi. Then kami dikenalin sama Dokter Spesialis Anak & Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH yang share seputar manfaat pijat bayi yang luar biasa banget ternyata. Dalam sebuah sesi pijat bayi aja, ada stimulasi multi sensorial yang didapat bayi kita. Mulai dari eye visual contact, communication between the mom and the baby, touch when we do the massage and the fragrance from the oil or lotion that we use. Inilah contoh stimulasi harian sederhana tapi kaya manfaat yang bisa lakukan sehari-hari di rumah.




JADI, APA SIH MANFAAT PIJAT BAYI ITU?

Aku juga baru tahu lho kalau ternyata buanyak banget manfaat dari sebuah tradisi pijat bayi ini. Nggak cuma buat anaknya, tapi buat orangtuanya yang memijat si bayi langsung!



Buat bayi, ada beberapa manfaat pijat bayi yang menurutku fantastis! Disadur dari Johnson's Baby Booklet, ini nih manfaat pijat bayi buat si kecil:

  • Membantu bayi untuk berlatih relaksasi
  • Membuat bayi tidur lebih lelap dan lama
  • Membuat bonding dengan orangtua
  • Membantu pengaturan sistem pencernaan, sistem respirasi dan sirkulasi
  • Membantu meredakan ketidaknyamanan (karena kolik atau sedang tumbuh gigi)
  • Membantu mengatasi gangguan tidur
  • Menurunkan produksi hormon stresor (dan bisa bikin bayi jadi riang deh)
Soal relaksasi dan bikin bayi tidur lebih lelap mostly kita udah tahu ya, moms. Tapi ternyata, pijat bayi ini juga bisa bantu meredakan ketidaknyamanan bahkan saat si kecil tumbuh gigi dan membantu pengaturan sistem pencernaan itu. Padahal kesannya kita pelan banget kan mijitinnya, almost like ngelus-ngelus aja gitu. Tapi ternyata dahsyat manfaatnya nih. Makin loooove banget deh.


Lanjut lagi seperti yang tadi aku share, kalau pijat bayi ini juga bermanfaat buat orangtua yang melakukannya lho. Diantaranya yang aku juga dapetin dari booklet Johnson's Baby ini adalah:
  • Menciptakan bonding antara orangtua dan bayi
  • Membantu orangtua memahami bahasa (isyarat) non verbal bayi
  • Meningkatkan rasa percaya diri orangtua dalam mengasuh anak
  • Meningkatkan komunikasi orangtua dan anak
  • Meredakan stress orangtua
Naaaah, yang terakhir tuh ya haha. Kirain tuh tingkat stres orangtua cuma bisa diredakan kalau kita yang dipijat haha. Ternyata kalau kita memijat bayi/ anak kita sendiri juga bisa meredakan tingkat stres kita nih. Satu pelajaran besar lagi! Baiklah, mari kita lebih sering memijat anak! Hahaha.


GIMANA CARANYA MELAKUKAN PIJAT BAYI SEDERHANA DI RUMAH?


Pas di event kemarin, seneng banget aku ketemu sama ibu Emillya Eventha, instruktur Pijat Johnson's Baby yang ngajarin step by step cara pijat bayi. Mulai dari kepala, tangan, kaki sampai punggung dan perut. Dan stepnya ternyata banyak banget, moms! Penting banget nih buat kita pelajari pelan-pelan. Step by step pijat bayi mulai dari kepala, tangan, kaki, punggung dan perut ini bisa moms dapatkan dengan klik INI ya. 


Mau klik linknya tapi takut susah? Not at all moms! Tenang aja, semua stepnya digambarkan dengan jelas nih di booklet yang aku share tadi. Akupun cobain step by step dibantu sama salah satu instruktur pas event juga ternyata nggak sesulit itu kok buat praktekkin pijat bayi sendiri di rumah. Yang penting, tekanan pas pijat bayinya nggak terlalu keras dan timingnya pas.



KASIH TIPS DONG MOM BUAT PIJAT BAYI SENDIRI NANTI!

Based on ilmu yang aku dapetin di event Johnson's Baby Sentuhan Cinta kemarin, ada beberapa hal yang wajib banget diperhatikan saat mau melakukan pijat bayi.


1. Jangan lakukan pijat bayi saat bayi baru saja disusui
2. Bersihkan tangan saat hendak melakukan pijat bayi
3. Lakukan eye contact dan mengobrollah saat melakukan pijat bayi
4. Gunakan baby oil Johnson's Baby jika memijat bayi sebelum mandi di pagi hari yang bantu mengunci kelembapan kulit bayi, dan gunakan lotion Johnson's Baby untuk memijat bayi sesudah mandi di sore hari agar membuatnya lebih rileks, tidur lebih nyenyak dan pastinya nggak lengket di badan bayi



Udah nggak penasaran lagi kan? Yuk mulai pijat bayi kita sendiri secara perlahan setelah pelajari langkah-langkahnya buat dapetin semua manfaat tadi moms! And enjoy the bond! 



Komentar

  1. asikkk, persiapan adik untuk bintangg

    BalasHapus
  2. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer