SIAPA TAKUT MAKAN GORENGAN? PERUT KENYANG, HATI SENANG, BUNDA TENANG!



Moms pasti tahu lah ya semuanya kalau aku tuh suka banget ngemil dan bikin cemilan buat anak-anak. Keliatan jelas kayaknya di Instagram aku ya hahaha. Karena emang kebetulan serumah tuh doyan banget ngemil. Kan daripada tiap hari jajan gorengan atau apa tuh yang lewat di depan rumah, makanya aku termasuk lumayan sering nyediain cemilan homemade di rumah.



Ah ribet ah bikin cemilan. Kalau cemilannya cheese cake pake topping strawberry trus ada saus apalah gitu ya iya sih ribet haha. Beli aja itu mah. Tapi kalau cemilan semacam gorengan yang simpel-simpel pake bahan yang ada di rumah, dijamin praktis kok.

Eh wait, gorengan? Iya, gorengan. Cemilan model ini tuh emang paling guampang buat dieksekusi. Bahannya juga bisa variatif banget, mulai sayur, buah, protein hewani, protein nabati sampe yang namanya karbohidrat aja bisa dijadiin gorengan lezat hahaha. Indonesia emang orang-orangnya kreatif ya. Hayoo, pasti kebayang tukang gorengan yang di gerobak pinggir jalan dengan variasi gorengannya yang beragam dan menggunung itu kan? Belum lagi wanginya pas digoreng. Duh bikin klepek-klepek!

Gorengan can be a bad guy. Kenapa dibilang gitu? Kalau digorengnya pake minyak yang udah dipake berulang kali, trus pake tambahan MSG (yang berlebihan) atau ditambahin dan lain-lain seperti kabar burung yang sering kita denger ya, moms. Emang sih, nggak semua tukang gorengan pake cara yang nggak bener. Aku yakin masih banyak tukang gorengan yang baik dan jalannya lurus, niat ingsun buat jualan yang baik dan enak buat mencari rezeki. Tapi, daripada jajan tiap hari, kalau emang kita bisa, kenapa nggak bikin sendiri?

Gorengan bisa jadi cemilan yang sehat juga kok kalau kita:
  1. Pake bahan utamanya dari sayuran, buah-buahan atau protein. Karena selain enak, pastinya kita bisa dapet manfaat yang bagus nih dari bahan-bahan itu.
  2. Nggak terlalu lama masaknya. Karena kalau bahan bagus dimasak berulang kali dan kelamaan, ya bubar deh ilang semua vitamin dan nutrisi alaminya.
  3. Nggak pake terlalu banyak bahan tambahan seperti gula, garam, baking soda, baking powder dan pewarna makanan yang nggak alami. Bukan nggak boleh pake yaaaa, cuma less is better. Lets empower the real taste of the ingredients itself!
  4. Pake minyak baru yang sehat juga. Eh, emang ada minyak yang sehat? Haha jangan salah. Yuk kenalan dulu deh sama HAPPY SOYA OIL ini.  

happy soya oil

KENAPA PILIH HAPPY SOYA OIL?

Jadi, karena demand cemilan gorengan di rumah meningkat tajam setiap waktunya, aku juga harus mikir dong, gimana caranya bisa tetep nyediain gorengan kesukaan keluarga, tapi yang nggak bikin batuk karena serik (gatel) di tenggorokan, dan minyaknya juga “baik” buat tubuh kami semua. Then I jump up into this HAPPY SOYA OIL. Minyak yang 100% terbuat dari minyak kedelai murni ini memang belum banyak yang tahu ya. Aku juga pertama mikir dulu pas denger merknya. 

Trus aku baca-baca lagi, kalau ternyata, HAPPY SOYA OIL ini:
  1. Kaya akan vitamin E, antioksidan, omega 3 dan omega 6 yang bagus buat pertumbuhan anak-anak juga. Jangan mikir minyaknya lalu diminum juga sih ya. Tapi paling nggak, kandungannya ini bikin aku ngerasa tenang gitu pas masak gorengan buat anak-anak.
  2. Memiliki kandungan lemak tak jenuh tertinggi, makanya cocok buat memasak setiap hari dan menggoreng segala macem menu baru setiap hari. Emang efeknya lemak tak jenuh itu apa ya? Istilah lainnya sih ini lemak baik, yang nggak jahat buat tubuh kita. Minyak kedelai termasuk di golongan asam lemak tak jenuh ganda, yang kalau menurut hellosehat.com ada banyak manfaatnya buat tubuh kita seperti bantu mengendalikan gula darah dan bantu mengurangi lemak dalam darah. Jadi insyaAllah aman yaaa sekalipun sering dikonsumsi.



DO NOT COMPROMISE THE TASTE

Memilih buat hidup lebih sehat itu nggak harus sepenuhnya mahal kok. Dan nggak harus jadi serba nggak enak juga sih sebenernya. Salah satu caranya ya dengan milih bahan-bahan alami yang lebih sehat buat diolah, termasuk pilihan minyak gorengnya. Tau sendiri kan manfaatnya HAPPY SOYA OIL tadi. Makanya nggak usah deh kompromiin jadi nggak nikmat karena sama sekali nggak makan gorengan (kecuali memang ada penyakit tertentu ya). Kalau untuk menjaga, bisa kok tetep hepi nikmatin gorengan yang enak, tapi tetep sehat juga karena pake HAPPY SOYA OIL masaknya.


REKOMENDASI 2 RESEP GORENGAN SEHAT DAN ENAK PAKE HAPPY SOYA OIL

Biar nggak cuma omong doang, aku share aja ya 2 menu cemilan gorengan yang menurut aku super mudah buat dibuatnya, trus bahannya juga gampang banget didapetin, dan yang paling penting, tetep enak dan sehat karena digoreng pake HAPPY SOYA OIL.


1. SEMPOL AYAM KRISPI MOZARELLA
Jadi ini tuh varian cemilan agak berat karena protein banget yaaa hahaha. Buat cemilan enak, buat lauk makan nasi juga oke loh ternyata. Dan serunya lagi, moms bisa bikin sekaligus banyak, trus simpen di freezer buat digoreng pake HAPPY SOYA OIL, kapan aja! Praktis!

sempol krispi gorengan sehat


Bahan:
½ buah dada ayam fillet
1 buah wortel ukuran kecil, kupas dan parut
2 siung bawang putih
1 butir telur
4 sendok makan tepung tapioca
Daun bawang
½ sendok teh kaldu jamur non MSG
Garam dan merica sesuai selera
Tepung panir untuk baluran
Keju mozzarella, potong memanjang
Stik es krim
HAPPY SOYA OIL

bahan sempol homemade


Cara membuat:
Blender jadi satu: ayam fillet, wortel parut, bawang putih, telur, daun bawang, kaldu jamur, garam dan merica, hingga halus. Bisa pake blender yang kecil ya.

bahan sempol homemade

Tuang ke mangkok dan tambahkan tepung tapioca, lalu aduk rata. Tes rasa dengan menggoreng sedikit adonan ayam hingga matang dan rasakan. Koreksi rasa asin dan mericanya tadi ya.
Kalau udah pas rasanya, waktunya membentuk nih.
Oleskan minyak HAPPY SOYA OIL ke kedua telapak tangan kita hingga rata. Lalu taruh 1 sendok makan adonan ke tangan kita.

resep sempol

Tumpuk dengan mozzarella dan stik es krim, lalu kepal-kepal hingga tertutup semua mozzarella dan stik es krimnya. Lakukan sampai adonan habis ya.

Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan sempol di stik es krim yang udah kita bentuk tadi ke rebusan air. Balik saat udah mulai agak matang dan angkat lalu tiriskan jika udah matang.

Kocok putih telur, lalu celupkan sempol ke putih telur sampai merata dan guling-gulingkan ke panir sampai tertutup semua bagian sempolnya dengan panir.

Nah di tahap ini, sebenernya sempol udah siap untuk kita bekukan nih. Taruh di wadah kedap udara dan simpan di freezer sampai maksimal 2 minggu aja ya biar rasanya nggak berubah.

Pas mau nikmatin, tinggal panasin HAPPY SOYA OIL di penggorengan, dan goreng deh sempol ayam sampai mateng.

resep sempol krispi mozarella

Enjoy!


2. APEL GORENG
Ini termasuk dessert yang super easy buat dibuat. Bikin sama anak-anak pun bisa nih. Nggak percaya?

Bahan:
3 butir Apel kesukaan moms
4 sendok makan terigu
  sendok makan margarine
Sejumput garam
Sedikit gula
Air
HAPPY SOYA OIL

Cara membuat:
Buat adonan tepung untuk celupan dengan cara mencampur terigu, garam, gula dan margarine. Aduk rata sampai mulai berbulir.
Tuang air sedikit demi sedikit sambil aduk rata hingga dapat kekentalan yang dimau.
Better sih agak kentel ya.
Cuci bersih apel dan iris-iris menyamping.
Panaskan penggorengan dan beri HAPPY SOYA OIL secukupnya.
Celupkan irisan apel ke adonan dan goreng hingga matang.

Buat penyajiannya, moms bisa taburi dengan gula bubuk, siram dengan sirup atau pake es krim! Duh laper lagi deh hahaha.



Gampang banget kan buat hidup sehat tanpa harus jadi picky sama makanan? Picky aja sama minyaknya. Pilih HAPPY SOYA OIL biar makin tenang nyajiin gorengan buat cemilan bareng keluarga di rumah. Mau coba resep yang mana dulu nih besok?



Komentar

  1. Waww.. So yummy. Auto ngiler nih! Emang gorengan tuh tiada duanya, walaupun ky musuh dalam selimut. Untungnya ada Happy Soya Oil skrg yaa.. Ga takut lagi makan gorengan ^^

    -kindly visit my blog-
    diarynovri(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya parah sih. I cannot say no to gorengan

      Hapus
  2. Waah, jadi pengin bikin juga, Mom. Makasih resepnya, yaa... Aku belum pernah, nih, pakai minyak kedelai.

    BalasHapus
  3. Tiap kali baca postingan mbak bung aku pasti langsung ngileerrr

    BalasHapus
  4. Wah menarik nih mba, rasa tetap enak ya.
    Karena dulu aku sempat pakai olive oil dan sunflower, rasa makanannya beda banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu iya kl olive oil suka jd beda di rasa sm baunya. Dia jg ga bagus buat dipanaskan sih. Kl ini kan emang buat masak

      Hapus
  5. waahh terima kasih info dan resepnya yaa mbaaa sangat bergunaaaa ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer