10 IDE USAHA DARI RUMAH UNTUK MOMS

ide usaha rumahan 2020


Zaman sekarang tuh rasanya nggak ada yang nggak mungkin buat dilakukan dari manapun ya moms. Termasuk kita, generasi mamak-mamak yang (kebetulan) milih buat stay at home. Kalau kebetulan moms ngerasa (agak) bosen sama rutinitas atau pengen dapet penghasilan lebih meski nggak jadi pegawai di kantor orang, bisa kok coba menghasilkan dari rumah. Apalagi udah mau masuk tahun baru nih, waktunya beresolusi buat mengeksplor kemampuan diri, ya kan. Yang penting sih udah dapet ridho suami pastinya hehe.


3 KENDALA UNTUK MEMULAI USAHA

Nah biasanya apa sih yang jadi kendala untuk mulai sebuah usaha? Kalau dari pengalaman aku sendiri dan temen-temen di sekitar aku yang punya usaha atau tertarik berbisnis juga, ini nih beberapa hal yang sering banget muncul di benak para moms yang pengen mulai usaha.


1. KURANG MODAL

Iya, kurang modal memang seringnya bikin rencana jadi bubar. Tapi bukan berarti kita nggak bisa mulai gerak tanpa modal banyak ya moms. Bisa lho kita start simple by doing what we love the most and start making money. Jadi jangan terpaku modal kudu gede dulu ya.

dapat modal usaha dari mana


2. KURANG RENCANA

Nah ini juga, seringnya kita nggak tau mau usaha apa, mau jualan apa, gimana cara mulainya, apa yang dibutuhin dan lain-lain. Jadi kadang pengen bisnis, udah gitu aja mandeg. Boro-boro deh mulai, follow up perencanaan aja nggak ada.


3. KURANG DUKUNGAN

Ehehehe, yang ini susah memang. Kalau suami udah nggak mendukung, ya apa mau dikata. Dirayu dulu mungkin. Karena gimanapun juga, dukungan suami buat kita mulai usaha dari rumah itu bahkan lebih penting ketimbang modal! Percaya deh.


Jadi baiknya ditelaah dulu ya moms sebelum ambil langkah buat bikin usaha. Serius nggak pengen mulai bisnisnya. Kalau udah yaqueen banget, cus lah bikin coret-coretan dulu. Aku share ya beberapa langkah untuk memulai usaha sederhana dari rumah yang aku sendiri pernah coba.


4 LANGKAH MEMULAI USAHA DARI RUMAH:

1. TENTUKAN JENIS USAHA

Yes, sebelum melangkah lebih jauh, baiknya kita tau dulu dong. Sebenernya, kita itu pengen bikin apa sih? Nah, banyak yang udah bingung duluan nih mulainya dari mana. Kalau moms pengen ada ide mau bikin usaha apa, jualan apa, bisnis apa, bisa kok dibalikin dulu ke “apa yang moms suka lakukan” atau, “apa yang selama ini moms butuhkan banget dan di kalangan moms (lingkup pertemanan atau area rumah) belum ada yang menyediakan”. Jadi poinnya ada 2 nih yang bisa moms pilih buat nentuin jenisnya dulu. Contoh, aku suka banget baking. Oke aku bakal mulai dari yang aku tau dan aku suka: bikin kue. Jadi bisnis pertama aku setelah dewasa adalah jualan kue. It is a start.


bikin usaha apa ya



2. TENTUKAN TARGET PASAR

Target pasar itu apa ya? Target pasar itu adalah pembeli kita. Gimana caranya nentuin pembeli kita? Coba deh cek dulu lingkup terdekat kita dulu siapa. Karakternya gimana, umurnya berapa, apa yang mereka butuhkan, trus masuk dalam kondisi ekonomi yang seperti apa. Contohnya aku tadi ya, kan bisnis aku di jualan kue. Nah lingkup terdekat aku ya ibu-ibu muda yang pengen praktis pesen cemilan nggak pake ribet, cemilan yang sehat, yang mungkin bisa disimpen di freezer dan dipanasin kapan aja. Kelasnya menengah. Dari situ aku mulai tuh menggambar kebutuhan mereka kayak apa, untuk bekal aku nentuin menu dan harga.


3. TENTUKAN MODAL

Modal lalalalala hahaha. Susah ya gerak kalau nggak ada modal yang mumpuni hahaha. Tapi coba deh kita ubah mindsetnya. Toh kita mulai sesuatu dari yang kecil, dari rumah. Jadi modal bisa sangat diminimalisir. Balik ke contoh aku, jualan kue nih, karena belum bikin toko dan modal online, aku nggak perlu sewa tempat, bayar pegawai, beli etalase dan lainnya. Jadi yang perlu aku siapin yaitu bahan kue dan alat membuatnya. Beli alat kan mahal? Iya, makanya aku belinya satu-satu. Yang paling penting apa dulu. Mixer? Oke, siapin modal dengan cara nabung buat beli mixer. Done punya mixer, aku jualan dulu yang bisa dilakukan pake mixer, tapi bisa dikukus atau digoreng (tanpa oven). Begitu modal kekumpul lagi, next langsung beli oven. Gitu aja dulu. Satu-satu bisa kok. Nggak perlu over preparing. Malah nggak mulai-mulai nanti hahaha.


4. BUAT RENCANA DAN AJUKAN KE SUAMI

Nah kalau udah tau mau jualan apa, mau jualan ke siapa, metode jualannya gimana dan modalnya berapa, cus deh ajuin perencanaan ini ke suami. Ceritakan dari hati, kenapa kita pengen ngelakuin ini. Tentunya di waktu yang pas ya. Cari saat suami lagi libur, enak moodnya, dan pake bahasa yang kira-kira suami akan mengerti. Kalau tipe suami kita yang “yaudah sih kebutuhan bisa aku cukupi” gitu, berarti kita propose ke suami bukan buat bantu cari uang. Bisa pake penguatan, kalau kita pengen berkarya, berkreasi dan kasih kepastian ke suami kalau rumah nggak bakal terbengkalai. Jadi, cara menyampaikannya kudu tepat juga yaa, biar suami juga yakin dan mendukung.



10 IDE USAHA DARI RUMAH DENGAN MODAL MURAH

Jadi, apa nih ide usaha yang bisa kita mulai dari rumah, dengan modal yang minim, tapi bisa dimulai segera tanpa perlu meninggalkan rumah yang cocok buat moms yang stay at home kayak aku atau berencana resign dalam waktu dekat ini?

IDE USAHA DARI RUMAH MINIM MODAL



1. TOKO KULINER ONLINE
Ini salah satu yang termudah untuk dilakukan saat kita memang punya minat di dunia kuliner ya. Coba deh tawarin dulu ke lingkup tetangga, lalu bikin sosmed dan mulai sebarkan ke lingkup yang lebih luas. Buat menu yang possible diproduksi dengan alat yang ada di rumah dulu, jadi modal cuma dikeluarkan untuk membeli bahan. Jangan lupa menghitung ongkos lelah dan gas serta listrik yang digunakan ya.

2. CONTENT PLANNER/ WRITER
Suka nulis? Suka main sosmed? Aduh, udah jangan disimpen bakatnya moms. Cobain deh jadi content writer untuk website, brand atau "jualan" tulisan untuk caption sosmed brand. Mulainya dari mana? Dari sosmed moms sendiri dulu dong. Habis itu bisa mulai ikutan komunitas di media yang nyediain platform untuk nulis seperti kumparan, clozette dan lainnya, atau bisa juga tawarin temen yang punya brand jualan untuk manage konten sosmednya. 

3. PRE-LOVED ITEMS SELLER
Nah namanya mommies pasti ada aja kan nyimpen barang. Apalagi barang anak, kado bayi dan lainnya. Coba pilih 1 hari dimana mom dan suami libur, trus bongkarin deh. Bisa tuh nantinya dijual daripada menuh-menuhin. Next nya gimana? Bisa lho hunting secondhand stuff punya temen-temen, dikumpulin dan moms sebagai "toko" untuk menjualnya. Thanks to online technology!

4. EVENT PLANNER
Aih modalnya gede! Nggak usah mikir bikin event sekelas Java Jazz juga ya moms hehe. Start from small juga gapapa. Sesimpel tawarin sahabat atau tetangga arrange ultah anaknya, lalu dokumentasikan, dan next, bisa jadi portfolio buat dijual deh. 

5. MAKELAR RUMAH
Pernah lihat teman kesusahan ngejual rumahnya dan moms kebetulan punya banyak WAG komunitas yang beragam? Bisa dimanfaatin tuh. Mulai dengan bantu temen jualin rumahnya, pelajarin tentang spek rumah, cara memasarkan dan printilan tentang balik nama, cari kenalan notaris dan other stuff yang berhubungan sama rumah juga ya. Nah nanti dari situ, moms bisa lirik-lirik rumah sekitaran yang memang dijual juga. Lalu lanjut deh pasarkan dengan pembagian komisi yang setimpal.

6. JASTIP PRODUK EVENT
Ini memang lagi hits banget ya dikalangan mommies zaman sekarang. Jastip. Ke mana aja mata udah nggak bisa meleng nih kalau udah berniat jadi Jastiper. Apa aja bisa kok dijastipkan karena dasarnya mommies zaman sekarang butuh sesuatu yang praktis dan mudah. Nggak pake keluar rumah, eh kang paket dateng anter kebutuhan haha. Mulainya gimana? Lagi-lagi, manfaatkan WAG komunitas yang moms punya buat cari pelanggan. Bisa jual di sosmed juga ya. Tapi harus jelas rulesnya, harus DP dulu kah, sistem fee jastipnya berapa rupiah juga harus udah moms tentukan di awal biar semua senang. Jangan lupa manfaatin event gede kayak IMBEX, ICE FEST, INTERFOOD, dan sebagainya gitu ya moms. 

7. MC
Kalau emang hobi banget ngomong dan tampil di muka publik, percayalah, ini adalah satu kekuatan yang harus dimanfaatkan hahaha. Yuk mulai latihan dari jadi MC arisan misalnya, atau colekin bu RT, kalau ada acara halal bihalal dan lainnya, sampaikan kalau moms mau jadi MC-nya. Jangan lupa videokan dan foto untuk selalu promote via sosmed yaaa. Karena portfolio adalah kunci!

8. BERGABUNG DENGAN BISNIS MLM TERPERCAYA
MLM itu banyak. Tapi yang nggak bener juga banyak hahaha. Jangan salah, yang terpercaya dan menjanjikan juga nggak kalah banyak kok. Bahkan temen-temen di lingkup aku banyak yang berhasil menapaki karir tinggi lewat MLM. Jadi sebelum pilih, better survey dan temukan grup yang pas sama passion dan pola kita juga ya.

9. GURU LES
Guampang banget kalau yang ini mah. Aku sendiri sempet nyoba buat promote ke WAG RT dan mulai bikin kelas privat di rumah. Modalnya cuma papan sama spidol, dan tekat yang kuat tentunya hahaha. Cus lah mulai sekarang kalau memang ada kemampuan mengajar.

10. TOUR ARRANGER
Ini gimana sih maksudnya? Hehehe. Ini tuh cocok banget buat moms yang hobi traveling, atau sering diajak suami liburan. Coba tawarkan ke temen yang nggak biasa pergi-pergi gitu untuk buatkan itinerary liburannya, booking hotel dan transportasinya. Jadi paket lengkap gitu. Nanti komisinya moms tentukan sendiri juga boleh kok sekian persen dari total biayanya. Seru kan?


Naaaah, udah ada 10 ide tuh. Ada yang kira-kira cocok nggak buat moms? Cari yang paling sesuai sama karakter moms, hobinya moms, trus yang paling possible buat moms kerjakan sambil ngurus rumah dan keluarga ya. Intinya, jangan nyerah dulu sebelum mulai bertanding. Yuk iseng bikin coretan kayak yang aku share di atas tadi. Let's create more!

Komentar

  1. Ide bagus utk para Mommy Mommy nih yg bingung cari usaha apa yg cocok

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer