CERITA PUTING LECET SAAT MENYUSUI, PUMPING DAN DBF



Disclaimer:
Nggak, aku nggak lagi menyusui bayi ketiga kok moms hahaha. Karena beberapa teman lagi ngalamin yang namanya puting lecet saat menyusui, aku jadi kepengen sharing lagi sambil throwback pas aku dua kali menyusui dua anakku.


Jadi pas punya anak pertama, aku tuh dalam kondisi masih kerja kantoran. Anak pertama, support system di rumah Cuma suami, yang terdekat juga nggak ada, makanya ngerasa kurang banget ilmu. Apalagi jaman itu belum happening tuh yang namanya komunitas birth club. Jadi modal baca-baca dan kebetulan terbatas, aku ngerasa nggak prepare banget pas habis lahiran. Ini terlihat dari kurangnya persiapan aku nyimpen ASIP di masa awal setelah lahiran. Iya, habis lahiran aku ngerasa, yaudah masih bisa direct breastfeeding (DBF) ini kan, aku menyusuinya langsung aja. Nggak kebayang nanti kebutuhan bakal meningkat, cukup atau nggak, sempet apa nggak mompa dan lain-lain. Blas nggak ada masukan dan nggak dapet edukasi itu. Totally lost.


with my first born, captured by Yenni KS

Akhirnya, pas udah mulai masuk kerja, aku pake pompa ASI di kantor (aku pilih yang elektrik biar cepet), no scheduling, jadi mompanya pun hanya berdasarkan kalau udah penuh aja. Jadi palingan seharian di kantor Cuma bawa beberapa botol ASIP kaca yang kecil itu. Malam power pumping nggak? Boro-boro. Tau tentang power pumping aja nggak, jadinya ya udah malem DBF lagi secukupnya bayi. Sisanya aku pake tidur.

Alhasil, pas bayi makin gede, kebutuhan makin meningkat, akupun ngerasa nggak kekejar ini setoran pumping pake metode sepenuhnya baru pompa. Akhirnya aku jadwalin untuk pumping buat ngejar ketinggalan. Dari yang sehari di kantor Cuma 2 kali pumping, berubah jadi 4 kali pumping sehari selama di kantor. Belum lagi ditambah DBF pas di rumah dan pumping malem 2 kali. Efeknya apa? Puting langsung lecet mooooms! Nangis banget itu perihnya luar biasa. Mungkin karena dipompa berlebihan, begitu jeda ya pake bra lagi, jadi payudara dan puting kayak nggak nafas sama sekali. Pernah lagi pumping sekali di kantor, nggak nyadar trus temen seruangan (seruangan aku bertiga cewek semua) teriak karena ASIP di botol mendadak jadi pink karena puting aku lecet.

Trus pas lahiran kedua, udah mulai tahu nih ilmu-ilmu menyusui, pumping dan lain-lain. Kebetulan pas anak kedua ini aku udah jadi pekerja dari rumah, jadi lebih santai. Kupikir, yaudah nyetok ASIP nggak usah ngoyo, kan buat jaga-jaga aja seandainya ada special case, karena 24/7 sebenernya aku di rumah dan bisa DBF. Jadi akupun lebih banyak DBF, lebih sering kasih jeda dan nafas ke payudara ke puting selain DBF dan pake bra. Tapi pas bayi gedean, dia hobi banget nenen sambil bobo. Jadinya, tetep aja ngalamin puting lecet saat menyusui. Jadi emang problem menyusui yang satu ini tuh ternyata nggak kenal DBF atau pumping aja. Mau metode menyusuinya kayak gimana, puting tetep aja bisa lecet! Sedih ya!

Dulu, apa yang aku lakuin? Akhirnya ya nggak DBF atau pumping dulu sementara, sampe agak mendingan. Menyusuinya pake ASIP stok. Tapi pernah juga one day pas ASIP stok habis dan bayi nangis minta susu, jadilah tetep menyusui sambil nangis nahan perih meski udah nggak berdarah. Sesimpel dijedain nggak menyusui memang efektif. Tapi lamaaaaa banget kan dan nggak mungkin kita nggak pumping atau menyusui in the mean time. Sangat nggak praktissss. Untung sekarang tuh udah ada cara super mudah buat mengatasi problem menyusui yang satu ini. Sama kayak yang aku share ke temen aku yang lagi ngalamin puting lecet saat menyusui kemarin, aku kenalin sama Mama’s Choice Intensive Nipple Cream.

Berbagai pilihan produk dari Mama's Choice yang mengcover semua kebutuhan Bumil dan Busui

Mama’s Choice ini tuh memang termasuk produk baru, tapi fully concerned buat nyediain produk-produk aman buat ibu hamil dan menyusui karena dibuat dari bahan-bahan yang alami. Makanya aku seneng ngerekomendasiin buat temen-temen. Nah soal Mama’s Choice Intensive Nipple Cream ini jadi salah satu andalan sih. To be honest, I am not trying this my self, bukan karena apa, ya karena memang nggak lagi mengalami masa puting lecet karena menyusui. But I knew this product. Makanya aku berani sharing.

Mama's Choice Nipple Cream

Mama’s Choice Intensive Nipple Cream adalah salah satu produk Mama’s Choice yang dari namanya aja kita udah tahu kalau memang dedicated buat ibu menyusui yang ngalamin puting lecet, pecah-pecah atau kering selama masa menyusui. Tahu nggak kalau Mama’s Choice Intensive Nipple Cream init uh satu-satunya krim puting dengan ekstrak kurma yang bisa menenangkan, melembutkan dan menghidrasi kulit puting kita yang bermasalah karena DBF ataupun pumping.

Bahan alami yang terkandung dalam Mama's Choice Nipple Cream

Ada 5 alasan kenapa aku saranin Mama’s Choice Intensive Nipple Cream ini yang nggak bisa kita dapetin di produk lain, yaitu:

1. Dibuat dari ekstrak kurma dan minyak kelapa yang aman buat ibu menyusui.
2. Udah bersertifikat food grade, so produk ini aman buat dipakai ibu hamil dan menyusui yang kontinyu menyusui DBF maupun pumping.
3. Praktis, nggak perlu dibilas lagi kalau habis pake. Pakenya pun tinggal ambil sedikit dan oles di bagian puting yang bermasalah. Done!
4. Cocok buat kulit yang sensitif, dan aman, karena bahannya yang bebas paraben, phthalate, pewangi buatan ataupun alkohol. Jadi pasti Halal juga moms jadinya.
5. Hypoallergenic dan udah teruji secara dermatologis.

Masih penasaran sama produknya? Coba aja beli sekarang, mumpung lagi ada promo nih moms. Aku kasih tau yaaa, kalau Mama’s Choice Intensive Nipple Cream yang ukuran 15ml ini sekarang lagi diskon jadi Rp. 69.000 (harga normal 99.000) lho! Manteb ya buat stok kalau lagi menyusui dan rawan puting lecet tuh. Eh satu lagi nih, aku mau kasih kode promo buat dapetin diskon tambahan sebesar Rp. 15.000 buat pembelian produk Mama’s Choice minimal Rp. 150.000! 

Syaratnya, moms tinggal masukkin aja kode MAMABUNGA pas moms belanja online ya. Yuk stok sekarang mumpung lagi ada promo menarik nih moms, biar nggak ada lagi drama puting lecet karena menyusui! Happy breastfeeding and pumping, moms!

Komentar

Postingan Populer