BERBAGI SAAT PANDEMI IS EASY!



Hai moms. Apa kabar moms semua di rumah? Kabar kami sekeluarga Alhamdulillah sehat dan masih bertahan buat di rumah aja. Gimana kondisi di daerah moms semua? Semoga tetap aman, sehat dan kondusif ya moms.

Ngomongin soal kondisi saat ini, berapa banyak dari kita yang lelah lahir batin karena pandemic COVID-19 ini? Meski katanya kita udah bersiap buat New Normal, tapi kenyataannya, sektor ekonomi masih terasa terpuruk. Let’s look around, berapa banyak pencari nafkah utama yang masih belum bisa bekerja karena kondisi ini. Me myself doesn’t need to look further karena suami aku sendiri pun masih belum bisa bekerja normal sejak 3 bulan lalu. Buat moms yang udah lama baca blog aku pasti tahu lah ya, kalau suami aku musisi. So he’s been in a holiday for these 3 months hahaha. Alhamdulillah he’s still got to teach music online. Thanks to technology!

Tapi ada berapa banyak orang yang akhirnya nggak bisa kerja dari rumah? Mereka yang terpaksa tidak bekerja atau terpaksa bekerja dengan berbagai batasan pasti otomatis harus mengubah banyak hal, termasuk menata lagi kebutuhan harian keluarganya. Kamipun juga begitu. But it has to be done to survive. Luckily, banyak pihak yang saling membantu satu sama lain. Kebaikan muncul di mana-mana, dan bagi siapa aja. Alhamdulillah!


Salah satu humanity movement yang bikin aku terharu juga adalah Program “SGM Eksplor – Alfamart Berbagi Kasih Untuk 20.000 Driver Online”. Aku sering banget ketemu driver online karena pengiriman jualan kue aku tergantung banget sama mereka. Dan nggak jarang mereka sharing tentang perubahan kondisi ini sama penghasilan mereka yang menurun drastis. They work closely with me, jadi aku ngerasa, program ini tuh “dapet” banget. Cerita mereka tentang kesedihan mereka karena ngerasa nggak bisa ngasih yang terbaik buat keluarganya itu bikin nyesek banget. That’s why this program held by Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menurut aku adalah satu program yang super banget. Karena langsung ngena ke mereka yang butuh.



Dengan menggandeng Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) yang didirikan oleh Gojek, Program “SGM Eksplor – Alfamart Berbagi Kasih Untuk 20.000 Driver Online” ini sendiri udah berlangsung sejak 16-31 Mei 2020 lho dan udah berhasil ngumpulin bantuan senilai Rp. 1.000.000.000 (satu milyar rupiah)! Di saat seperti ini, every rupiah matters for everyone. So great job guys!



Trus bantuan itu buat apa? Aku juga penasaran moms, makanya aku akhirnya cari tahu tuh. Bukan kepo iri lho ya hahaha. Just wanna know how it goes dan ternyata setelah aku cari tahu lagi, semua donasi itu tuh didapatkan dari hasil penjualan susu pertumbuhan SGM Eksplor di gerai Alfamart seluruh Indonesia, plus penjualan online lewat aplikasi Alfacart dan Alfagift gitu. Kece ya bisa dapet sebanyak itu? Dan serunya lagi, bantuan ini disalurkan dalam bentuk e-voucher buat 20.000 pengemudi transportasi online di Indonesia, moms. Dan e-voucher ini bisa temen-temen driver pakai buat belanja kebutuhan sehari-hari buat keluarga mereka di seluruh toko Alfamart.



Such a wonderful collaboration from Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia, Alfamart and Yayasan Anak Bangsa Bisa. Aku sempet baca salah satu statement dari Sales Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Widianto Juwono yang sharing tentang misi program ini. Ini nih quote dari beliau yang menurut aku, pas banget misinya buat diterapin saat ini.

“Sejalan dengan salah satu misi Danone – One Health, kerjasama multipihak ini kami lakukan untuk membantu pemenuhan gizi keluarga para pengemudi ojek online yang masih harus bekerja di luar rumah dan berjuang di tengah pandemi ini. Melalui inisiatif ini, kami berupaya memfasilitasi semangat gotong royong masyarakat dalam berdonasi untuk pengemudi ojek online, dalam hal ini mitra driver Gojek, dengan harapan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan esensial harian mereka, terutama gizi yang baik”.


Kerjasama kayak gini yang bisa bikin kita survive, bertahan ngadepin kondisi yang serba nggak pasti, kondisi yang menyeramkan buat banyak orang. Kalau kita nggak saling bantu kayak gini, trus mau ngandelin siapa kan? Ini tuh kayak contoh, reminder juga buat aku sendiri, that we can help the people around us, dengan cara apapun, dengan apa yang kita punya. Nggak perlu nunggu kaya, nggak perlu berlebihan. Bahkan kita juga bisa bantu berdonasi lewat belanja seperti ini. So let’s do help each other kayak yang udah dicontohin program ini.

Dan terus terang, yang bikin aku makin semangat buat ikut berbagi juga itu pas denger ucapan salah satu penerima donasi program ini, Pak Gorga Chandra, yang sehari-harinya bekerja sebagai driver ojek online. 

“Saya dan teman-teman mitra pengemudi ojek online berterima kasih atas inisiatif serta perhatian dari pihak SGM Eksplor, Alfamart, serta masyarakat. Donasi yang kami dapatkan ini sangat bermanfaat untuk membantu kami memenuhi kebutuhan gizi keluarga sehari-hari. Saya berharap, program bantuan seperti ini dapat terus berlangsung, agar lebih banyak lagi rekan-rekan pengemudi ojek online yang bisa terbantu di tengah-tengah kesulitan akibat pandemi COVID-19 ini,” ungkapnya. 

Ah, seneng banget dengernyaaa. Semoga bapak dan keluarga selalu diberi kesehatan dan keselamatan ya!


And btw, program ini ternyata juga bukan program satu-satunya yang diluncurin Danone Specialized Nutrition di masa pandemic COVID-19 ini lho. Ternyata selama masa pandemic ini, Danone Specialized Nutrition udah bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah dan sosial buat nyediain 33.000 paket makanan siap santap yang langsung disalurkan ke tenaga medis sebagai salah satu garda terdepan buat melindungi dan menyembuhkan saudara-saudara kita di sarana kesehatan. Wah, such an inspiring movement yang bisa banget nih kita ikutin dan tiru, to help others. Cause every small things we do for others can save lives!


Komentar

Postingan Populer