SAAT ANAK KENA FIMOSIS DAN INFEKSI SALURAN KENCING



ALHAMDULILLAH ADIK UDAH SUNAT! Hahahaha, setelah hari-hari penuh drama dan debaran di dada pasca sunat, baru deh aku bisa nulis ini. Eh soal sunat nanti di postingan terpisah ya biar nggak pusyeng kepala bacanya hahaha. So let me talk about phimosis first. 

Jadi 3 minggu yang lalu, adik tiba-tiba menggigil sampe biru mukanya, lalu demam tinggi. Dan dia bilang sakit tiap pipis. Akhirnya pas menggigil itu kami langsung gendong dan bawa ke dokter deket rumah. Udah jam setengah 10 malam. Dokter Sri ini udah tutup sebenernya, tapi kami agak maksa dengan ngetuk pintu karena takut adik step. Alhamdulillah dokter Sri masih terjaga dan mau memeriksa adik. Bener dong, demam tinggi dan sakit pas pipis ini ternyata indikasi adik fimosis. Dokter Sri menyarankan sunat, tapi setelah habis obatnya nanti. Dan menyarankan konsul sama dokter anak kalau memang ingin detail lagi. Besoknya kami memberanikan diri ke dokter Elliya, dokter anak yang bantu kakak lahir, dokter anak langganan keluarga kami karena kakak dulu lumayan sering sakit pas kecil, di Rumah Sakit Buah Hati Pamulang. Agak deg-degan ya ke RS di masa pandemi gini. Kami serba hati-hati sekali dengan jarak, masker rapat dan sanitizer. Trus sempet keliatan perawat selalu menyemprot disinfektan ke kasur periksa setiap pasien keluar, jadi kami lebih tenang sedikit. 

Setelah konsultasi dengan dokter Elliya, kami disarankan untuk tes urin adik di lab untuk memastikan apakah ada infeksi di saluran kencingnya. Ini drama banget yaaa minta anak pipis hahaha. Setelah seharian mencoba, akhirnya si pipis keluar juga. Hasilnya pun nggak lama muncul. Betul, ada infeksi. Fimosis. Kami diresepkan obat penurun demam jika dibutuhkan dan antibiotik untuk infeksinya. Mungkin kata fimosis sering kali beredar ya moms di dunia grup ibu-ibu, apalagi perbayian.





Sebenernya apa sih fimosis itu? 

Kalau aku tanya dokter, fimosis itu pelekatan kulup (ujung) penis, jadi nggak bisa ditarik ke bawah kepala penis. Ada yang bilang normal terjadi di anak-anak, trus katanya bisa sembuh sendiri atau normal lagi seiring usia. Tapi kalau udah kasusnya kayak adik, ya harus segera konsultasi ke dokter.





Jadi, kapan kita harus konsultasikan fimosis ke dokter?

Sebenarnya once si anak mulai nggak nyaman di daerah penisnya, better konsultasi sih menurut aku. Tapi memang indikasi utamanya si fimosis ini kudu segera ditangani adalah saat:

1. Ada pembengkakan di penis
2. Susah buang air kecil dan terasa sakit atau perih saat pipis
3. Keluar cairan kental dari kulup (versi alodoc)

Karena rasanya pasti nggak enak dan nggak nyaman banget buat si anak kalau ada yang bermasalah di penisnya. Apalagi kalau si anak belum bisa bicara dengan jelas. Jadi kita harus banget perhatian dan menurutku penting banget buat paham anatomi penis anak yang normal dan kurang normal gimana sedari bayi. 





Bebeberapa temen sempet nanya, kok bisa fimosis sih? Kenapa? Karena apa penyebabnya?

Kalau aku baca di alodoc sih ada beberapa hal yang bisa menyebabkan fimosis pada anak yang belum sunat: 
1. radang kepala penis
2. infeksi 
3. eksim
4. psoriasis
5. diabetes

Lumayan ngeri ya kalau baca penyebabnya. Dari penjelasan ini aku langsung mikir sih, ow pantes ya dokter Elliya minta aku cek lab urin adik dulu, biar tahu dengan jelas penyebab utama fimosisnya ini apa, dan gimana ngatasinnya. 

Nah kalau dari hasil tes lab urin kemarin, adik memang ada ISK alias infeksi saluran kencing. Bisa jadi ini salah satu penyebabnya. Trus juga bisa jadi karena aku kurang telaten bersihin dan narik penis adik tiap habis pipis. Jadinya ada pelengketan. Pelajaran banget ini. Jangan males buat bersihin dan narik penis anak ya moms sedari bayi walaupun ngeri ngelakuinnya. Caranya gimana? Silakan minta diajarin langsung sama dokter anak masing-masing aja deh buat yang benernya. Dan memang, tiap imunisasi sama dokter anak, better sekalian dicek kondisi penisnya juga buat dibersihkan agar nggak ada pelengketan. 

Pas diperiksa dokter, adik gimana? Ya nangis jejeritan pas penisnya dicek. Karena kondisinya emang udah bengkak dan sakit banget sih kurasa. Bahkan pipis aja dia agak-agak meringis trus setelah pulang dari dokter tuh sempet nggak mau pipis karena takut. Tapi akhirnya bisa pipis juga dan bikin kami semua lega.




Seperti yang kubilang tadi, obatnya ada parasetamol buat ngatasin demamnya dan satu lagi antibiotik buat melawan si infeksi. Minum obatnya 3x sehari, kurang lebih sampai 6 harian kalau nggak salah. Pas hari keempat-an sih udah berasa normal lagi sebenernya. Udah pipis kayak biasa, udah nggak sakit dan bengkak lagi. Tapi memang pelekatan di kulup penisnya masih ada. Dan ini cuma bisa diatasi dengan sunat biar nggak terulang lagi kasus infeksi lalu demam tinggi kayak kemarin.

Sebenernya aku masih ngeri ya sunatin anak di masa kayak gini, apalagi adik masih 3,5 tahun yang notabenenya masih belum semudah itu dikasih pengertian buat hati-hati paska sunatnya, plus bicaranya masih belum jelas. Jadi kami agak deg-degan. Tapi demi nggak ngulang lagi adegan menggigil sampe biru sebelumnya, kami bismillah aja mulai cari-cari tempat sunat terpercaya yang bisa melayani sunat di rumah. Next, aku bakal ceritain tentang sunat ini yaaaa. Yang penting alhamdulillah sekarang udah selesai semua dan insyaAllah fimosis udah babay. 

Sehat-sehat yaaa manteman semua! Jangan ragu konsul ke dokter segera kalau ada masalah di anak. 

Komentar

Postingan Populer