PERKEDEL BAKAR, MENU WARISAN BELANDA DEPOK YANG JARANG TERDENGAR


Hai pengunjung blog CERITA BUNGA. Apa kabarnya? Semoga kalian selalu sehat dan bahagia ya.

Pinggiran Kota Depok

Depok udah mulai rutin nih hujannya. Hampir setiap hari rasanya mendung, syahdu lalu tiba-tiba hujan lebat. Teh hangat nampaknya jadi sahabat dadakan yang tepat buat saat ini. 

Anyway, ngomongin soal Depok, sudah hampir 10 tahun kami tinggal di Depok, tapi jujur belum pernah menemukan makanan asli atau makanan khas Depok. Selama ini yang dijual di sekitar rumah memang cenderung bernuansa adat Betawi.  

Akhirnya jiwa penasaran saya terpacu juga saat ada tantangan menceritakan menu khas daerah tempat tinggal dari mami Dian Sukmaningsih buat posting bareng di grup kuliner FB LangsungEnak. Jadi deh nguplek sana sini cari tau apa sih yang khas atau sebenernya ada di Depok tapi masih jarang orang tahu?

Depok termasuk kota yang cukup muda (baru terbentuk di tahun 1999), jadi budayanya lebih banyak budaya turunan daerah sekitarnya ataupun sudah tercampur dengan budaya modern. Namun menu satu ini menggelitik saya. Dari beberapa sumber yang saya baca (dan percayalah, tidak banyak sumber yang bercerita tentang kota ini dan makanan khasnya), saya tertarik dengan PERKEDEL BAKAR. Konon katanya, menu ini sering dibuat oleh orang-orang Belanda Depok jaman dulu. 

Perkedel bakar


Indische Frikadel Pan, orang Belanda menyebutnya. Lucunya, saya justru menemukan beberapa video di sosial media orang Belanda yang memasak menu ini (padahal di Depok sendiri jarang ada yang tau) dan mereka juga sedikit bercerita tentang Indonesia. Oya, saya tidak menemukan resep aslinya yang benar-benar asli gitu maksudnya, oleh karena itu, saya coba mengumpulkan beberapa masukan resep tentang bahan utamanya lalu menakar dan mengolah sendiri ukuran bahannya.

Lalu, apa yang membedakan Perkedel Bakar ini dengan Perkedel pada umumnya? 

Selain tentunya cara masaknya yang dibakar (dipanggang ya, karena orang jaman dulu selalu bilang bakar untuk mengganti kata panggang), wangi cengkeh dan lada yang menyeruak saat loyang dikeluarkan dari oven inilah yang membuatnya terasa berbeda. Sedikit mirip pastel tutup secara tampilan ya, hanya saja bahan isiannya jauh lebih sederhana. 

Ini pertama kalinya saya mencoba memasaknya. And i love it! Semoga bisa jadi oleh-oleh khas Depok deh nantinya. Karena saya selalu jatuh cinta pada makanan yang mampu membawa cerita.

Anyway, saya share resep ala saya juga ya. Ini dibuat berdasarkan berbagai sumber, video dan cerita. 


Perkedel bakar depok


PERKEDEL BAKAR

Ala @bungarosvita


Bahan:

100 gram margarin

200 gram daging giling

2 sdm terigu

250 gram kentang, kupas, kukus, haluskan

1 siung bawang bombay, cincang

250 ml susu cair

1 sdm garam

1/3 sdt merica bubuk

1/2 sdt cengkeh bubuk

2 butir telur

100 gram Keju parut untuk topping


Cara membuat:

1. Panaskan 100 gram margarin hingga leleh, lalu masukkan bawang bombay cincang. Masak hingga bawang bombay harum dan mulai layu.

2. Masukkan daging giling, tumis hingga daging matang, lalu masukkan terigu. Aduk rata.

3. Tuang susu cair, aduk sambil masukkan semua bumbu.

4. Masukkan kentang tumbuk, aduk rata sambil koreksi rasa ya. Tambahkan garam dan merica jika dibutuhkan.

5. Jika sudah menyatu, matikan api. 

6. Tunggu adonan agak dingin, lalu kocok telur dan campurkan dengan adonan.

7. Siapkan loyang kaca atau alumunium sekali pakai, dan olesi dengan margarin.

8. Tuang adonan ke loyang, taburi dengan keju parut lalu panggang dengan suhu 190 derajat Celcius hingga matang.


Dari video yang saya tonton, banyak yang tidak menggunakan keju untuk topping-nya. Ini saya tambahkan agar lebih kaya rasanya. Mari makan!



Komentar

  1. Asyiiiik.. saya keep ah postingan Mba Bunga. Saya tuh dari kemarin nyari cara buat resep perkedel bakar khas Depok. Tapi eksekusinya ntar aja deh.. nunggu panggangan ada di rumah sendiri. skrg lagi di rumah papa.. hahaha

    BalasHapus
  2. hahaha Indische Frikadel Pan ini ceritanya healthy food ya?

    karena gak digoreng tapi dibakar

    adonan dan bumbunya persis perkedel banget

    soal cengkeh, emang termasuk selera, ada yang suka cengkeh yang lainnya pakai pala

    BalasHapus
  3. Wuih jadi kebayang makaroni panggang dan kentang panggang deh lihat resepnya jadi pengen coba bikin ya unik banget resepnya, perkedel versi jumbo nih ya jadinya bisa makan sepuasnya

    BalasHapus
  4. Waahhh depok punya cerita nih, aku pas liat di instagram penasaran apakah rasanya mirip dengan perkedel cuma bedanya di bakar mba bunga? Layernya jdi mirip schotel ya, makin bikin ngiler

    BalasHapus
  5. Sebagai mantan org Depok (KW) kok aku baru tahu kalau Depok ternyata punya perkedel khas peninggalan Belanda zaman dulu yaa hehe
    Makasih infonya mbak
    Resepnya boleh juga nih disave kali kapan2 bisa nih direcook soalnya kami suka hidangan dr kentang :D

    BalasHapus
  6. Wajib dicoba nih resep nya, ortuku suka banget perkedel ntar mau bikinin perkedel bakar kayak gini jadi mengurangi minyak juga ya

    BalasHapus
  7. Menarik banget perkedel bakar... Bikinnya praktis, bumbunya juga lebih kaya ya daripada perkedel yang digoreng biasa...

    BalasHapus
  8. Waduhh enak banget kayaknya ya. Kalau perkedel biasa digoreng, ini dibakar. Karena menu Belanda, perkedelnya pun pakai daging giling ya, makin tambah enak deh dibanding perkedel biasa :D

    BalasHapus
  9. Konsepnya hampir mirip lasagna dan macaroni schootel yaa.. hanya saja bahan-bahannya beda. Boleh juga nih dicobain ntar kapan2 klo udah punya oven. Enak banget nih dinikmati untuk kudapan seluruh anggota keluarga.

    BalasHapus
  10. Mirip-mirip ama makaroni panggang ya? Enak dan mengenyangkan buat cemilan nih. Aku simpan resepnya ya mbak. Makasih udah sharing.

    BalasHapus
  11. awwww tidaaakk, aku suka banget frekedile alias perkedel, hahahaha. Tapi yang ini lebih menggoda untk dicobain, mauuu mbaaaa....<3

    BalasHapus
  12. Ini artikel resep yang bikin saya jadi tambah tahu tentang sejarah suatu makanan. Suka deh kalau artikel resep dikemas semenarik ini. Btw, jual ga nih mbak perkedel nya? :D

    BalasHapus
  13. Aku baru tahu nih, dari penamaannya unik banget ya kak. Dari rempah yang digunakan terasa banget londonya nih. Beneran menarik untuk dicobain. aku jadi pengan buat sendiri dirumah dong

    BalasHapus
  14. Perkedel asalnya dari bahasa Belanda itu mungkin ya frikadel, aku sendiri termasuk yang demen ngabisin perkedel kalo ada di rumah, cuma disini rata2 ya versi kentang aja g pake daging giling hihihi

    BalasHapus
  15. Istilah Belanda Depok ini udah lama ga pernah denger lagi, sekarang jadi inget istilah ini. Ternyata olahan perkedel itu macam-macam ya

    BalasHapus
  16. Eh lucu ini Perkedel Bakar. Makasih resepnya ya mbak.. Nampak enak banget!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer