BELAJAR KENALI EMOSI KITA YUK


Beberapa waktu lalu, bertempat di Kalcare Lotte Shopping Avenue, aku ikutan TOKCER (Talkshow Ceria) bikinan Birth Club June July 2017 dimana aku sm Bintang jadi membernya, yang ngobrolin soal Manajemen Emosi Ibu. To be honest, the first thing that comes to mind is I do need this thing. Secara kadang-kadang kalau lagi capek banget, emosi agak-agak kayak rollercoaster ya, hehe. Iya kok ngaku *nunduk*. Makanya perlu banget ikut acara ini.




Nah acaranya sendiri dimulai sama presentasi dari Kalbe as tuan rumah sekaligus sponsor acara ini, yang nggak cuma ngenalin tentang produk Kalbe, tapi juga ada sharing soal ASI dan pentingnya meng-ASI-hi buat buat bayi dan mom sendiri. 

Dan yang paling kutunggu, sesi tentang Manajemen Emosi bersama ibu DR. Wahyu Indiati, M. Si, Psi. Beliau adalah pakar psikologi dari Universitas Indonesia yang udah berpengalaman dan beliau sendiri udah punya cucu nih jadi lebih relate ke kita as new mom. 



Sebelum ngomongin soal gimana caranya mengatur, menata emosi, cari tahu dulu yuk emosi itu apa.

Kalau kata Daniel Goleman, emosi itu adalah setiap kegiatan, pergolakan pikiran, nafsu dan juga setiap keadaan mental yang dalam keadaan hebat dan sedang meluap-luap. 

Emosi merujuk pada suatu keadaan pikiran yang khas secara biologis dan psikologis, juga adanya kecenderungan untuk mengambil tindakan berdasarkan perasaan tersebut. Jadi, pada dasarnya, emosi adalah suatu dorongan untuk bertindak. Begitu kata pak Daniel Goleman.

Makanya yang dibilang emosi itu nggak cuma marah-marah aja ya, semua luapan perasaan dan pikiran itu bisa masuk ke kategori emosi nih moms. Termasuk kalau kita nangis, sedih, nyesek (eaaa, curhat deh hahaha).

Trus EMOSI sama MOOD (suasana hati) itu sama nggak ya?

Ternyata berbeda lho moms. 
Kalau EMOSI itu merujuk ke perasaan-perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu, nah MOOD atau suasana hati ini adalah perasaan-perasaan yang cenderung kurang intens dibandingkan emosi dan seringnya (meski nggak selalu nih) tanpa rangsangan kontekstual
Gitu yang kemarin dijelasin sama DR. Wahyu.

Hubungan keduanya gimana?
Mood ini mengikuti kemunculan emosi berdasarkan respon bawah sadar akan emosi yang dialami nih. Responnya bisa aja bervariasi, berdasarkan keadaan mental, pengalaman, kepercayaan dan ingatan kita. Jadi bisa dibilang kalau mood ini muncul setelah emosi kita ada.

Emosi itu bisa tumbuh dan berkembang seperti tingkah laku lho moms. Dan kita butuh pengalaman plus pematangan diri biar bisa mengendalikan emosi dengan baik. Nah harusnya sih ya, makin dewasa usia kita, kemampuan kita buat mengendalikan emosi juga makin kuat. 

Ada 7 emosi dasar manusia yaitu: 



Ketujuh emosi dasar itu udah bisa dirasakan sejak kita bayi nih moms. Makanya kan sekarang kita udah bisa ngeliat nih bayi kita ngerasa hepi banget kalau waktunya nenen, gelisah kalau jauh-jauh dari kita dan marah kalau mainannya diambil. Ternyata emang 7 emosi dasar ini udah bawaan nih, jadi udah wajar kita miliki. 

Tapi yang penting kemudian, gimana kita mengontrolnya?

Ada nih yang namanya Kecerdasan Emosional, atau Emotional Quotient. 
Kecerdasan Emosi itu kemampuan manusia buat mendeteksi dan mengelola petunjuk-petunjuk dan informasi emosional. Dan inilah yang perlu banget kita latih buat jadi modal kita me-manage emosi kita, terutama pada anak ya.


5 STEPS TO MANAGE OUR EMOTION:
Berdasarkan sama Kecerdasan emosional kita, ada 5 langkah buat me-manage emosi kita nih moms.

1
KESADARAN DIRI
Nggak hanya soal sadar kita itu siapa ya, hehe. Tapi lebih ke mengenali dulu nih diri kita sendiri, cari tahu apa yang sebenernya kita rasakan. Jadi kita bisa mendefinisikan perasaan kita yang sebenarnya. Ini penting ya buat jujur dulu sama diri sendiri.

2
MANAJEMEN DIRI 
Kalau udah tahu nih perasaan kita yang sebenernya kayak gimana, nah di step kedua kita harus belajar mengelola emosi dan dorongan-dorongan diri sendiri. Berasa klise ya, tapi ini real. Caranya gimana? Kalau yang aku tangkap, kitanya dulu harus mau nih mengakui kalau apa yang kita rasakan tadi itu nggak tepat. Nah kalau udah tahu nggak tepat, kitanya harus "mau" juga buat mengatasinya. Either itu menahan, atau melepaskan rasa tadi. Still sounds too abstract? Lanjut deh.

3
MOTIVASI DIRI
When you realize that your feeling is important but you also sober enough that it is not right, kita harus mampu bertahan dalam menghadapi kemunduran dan kegagalan yang ada di depan kita. Tenangin diri dulu, tarik nafas, dan buat sebuah pikiran positif di otak kita kalau apa yang kita rasakan ini memang nggak baik dan nggak bener. Makanya kita harus redakan dan beri sugesti bahwa kita bisa merasakan yang lebih baik lagi nanti saat kita bisa lepas.


4
EMPATI
Yes. Ini adalah kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan orang lain. Waktu kita marah sama anak misalnya, coba kita munculin nih empati kita sama anak (toh kita juga pernah jadi anak yang mungkin dulu dimarahin orangtua kita kan ya?). Gimana perasaan kita kalau diteriakin sama orangtua kita? I, myself feel hurts. I knew it. Emang susah kadang saat kita udah di posisi jadi orangtua. Makanya buat mengontrol emosi kita, butuh banget nih dinaikin lagi empatinya. Biar kita ke-recall perasaan kita, biar kita bisa menahan lagi emosi yang mau kita keluarin ke anak.


5
KETERAMPILAN SOSIAL
Nah ini udah level tertingginya nih. Kalau kita udah bisa ngelewatin 4 step di atas, kita secara perlahan tertanam kemampuan buat menangani emosi-emosi orang lain. Ngefeknya ke kita lagi kok. Seperti kalau anak lagi ngambek karena dilarang jajan, saat kita udah bisa ngontrol emosi kita, trus bisa relate ke emosi anak, kita jadi tahu, how to deal with our kids when they are angry. Pastinya, ini semua butuh pembelajaran biar kita bisa lebih bisa relate tanpa harus ikutan jadi marah balik ke anak. 

HUAAAA PR banget ya. Tapi kemaren disemangatin sama DR Wahyu kalau hal-hal kayak gini itu bukan mustahil buat dilakuin. Asaaaal, dari kitanya mau. Huhuhu itu tuh.


Last but not least, DR. Wahyu ngingetin buat ngelakuin beberapa tips berikut buat menumbuhkan perasaan positif antara kita dan anak nih. PENTING BANGET BUAT LANGSUNG DILAKUKAN DI RUMAH hahaha.

1
PHYSICAL TOUCH AND CLOSENESS
Yuk perbanyak pendekatan fisik ke anak seperti cium mereka, peluk, gandeng pas lagi jalan, pokoknya berbagai sentuhan dan pendekatan yang nunjukkin perasaan sayang kita ke anak.

2
EMOTIONAL CLOSENESS
Kedekatan emosional juga penting nih, dan ini bisa diraih kalau kitanya membiarkan diri kita terbuka dengan anak biar ikatannya tercipta diantara ibu dan anak.

3
UNDERSTANDING AND EXPRESSING FEELINGS
Boleh lho mengekspresikan perasaan. Mengontrol emosi bukan berarti menyimpan semuanya sendiri. Be open to our kids. Let them know our feelings so that they are open to share theirs too.

4
ACTIVE LISTENING
Dengarkan dan dengarkan lebih banyak tentang apa yang anak-anak kita rasakan dan inginkan. Dekati mereka agar mereka lebih nyaman untuk bercerita.

5
I MESSAGE
Memberikan pesan yang jelas dan bukan tersirat ini penting agar anak kita tahu dan paham tentang perasaan kita dan tahu apa yang harus mereka lakukan terhadap sesuatu.

WUIH. WHAT A BLAST.
Sungguh kayak dapet penyegaran tentang manajemen emosi banget sih, secara selama ini aku termasuk yang emosional gitu. Makasih yaaaa DR. Wahyu buat penjelasannya, dan makasih juga nih buat Birth Club June July 2017 yang bikin TOKCER. Mana selama acara, ada playground dari Salam Rental buat tempat bayi-bayi mainan sembari emaknya belajar nih. Jadi makin nyaman belajarnya. 



Dan lebih senengnya lagi, pulangnya dapet goodie bag banyak dari Kalcare. Komplit! Ilmu dapet, anak hepi dan emak makin pinter! 

Thanks BIRTH CLUB JUNE JULY 2017 buat TOKCERnya. Next time bikin lagi dengan tema yang menarik lainnya yaaaa.... emak masih haus ilmu niii hihi..




Komentar

  1. Ibu memang harus bisa memenej emosi. Kalau aku salah satunya ikut acara kayak gini bikin pikiran rileks.

    BalasHapus
  2. Saya masih tahap 2 nih.. semoga dapat mengendalikan emosi dengan baik. Tq sharingnya mbak bunga 😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer