DIY: BIKIN MAINAN DARI KARDUS BEKAS YUK!



Setiap rumah biasanya punya nih stok kardus bekas, entah habis dipake angkut barang dan oleh-oleh pas mudik kemarin, atau bekas mie instan dan air mineral. Apalagi yang rutin beli susu kemasan kardus tuh, pasti buanyak deh stok kardus tak terpakainya haha. Daripada nyampah aja di sudut rumah yang udah aduhai atau menuh-menuhin tempat sampah depan rumah nih ya moms, yuk dikaryakan bareng anak!


MILK AND CEREAL BOX MINI TOWN


Kalau anak moms sukanya main role playing dengan boneka atau mobil, cocok nih bikin beginian. Apalagi kalau stok kardusnya banyak ya hahaha. Bisa dipake semua nih sekalian jadi kota yang gede. Nah kebetulan di sini aku pake beberapa jenis kardus yang beda nih, mulai kardus bekas susu bubuk, kardus sereal, dan kardus bekas keju.



Siapin aja nih empat bahan lain ini selain kardus bekas, yaitu:
Kertas HVS putih
Crayon
Gunting
Lem


Cara membuat mainannya juga mudah banget. Cukup lapisi kardus bekas dengan kertas HVS putih dan rekatkan dengan lem.



Kalau udah tertutup di satu sisi, anak kita bisa mulai gambarin dengan bentuk gedung, rumah atau toko yang anak kita mau. Biarkan anak berkreasi dengan imajinasinya sendiri ya, moms. Saat udah selesai semua, kita bisa arahkan mereka untuk memberi jalan dan hiasan lain seperti pohon dan orang-orangan. Siap deh dimainkan. Mainan ini bisa disimpan juga buat dimainkan lagi di waktu-waktu berikutnya moms. Yuk bikin sekarang!



Oya, membuat mainan ini dapat melatih kreativitas anak, kemampuan menggunting, menempel dan motorik halusnya, serta eksplorasi kemampuan anak dalam berimajinasi dan merangkai sebuah cerita. Komplit ya mom!



CEREAL BOX PRINCESS CROWN


Kakak paling seneng nih main jadi princess. Makanya pas diajakin bikin crown sendiri, dia langsung excited banget. Sampe heboh ngajakin temen-temennya bikin juga.

Nah, buat bikin crown princess ini, kita butuh bahan-bahan ini nih:
Cereal box bekas
Crayon
Gunting
Plong kertas
Lem UHU
Pita
Hiasan pearls atau apapun yang ada


Gimana sih bikinnya? Pertama, gambar sisi depan crown di bagian dalam cereal box, lalu gunting mengikuti bentuknya.
Setelah itu biarkan anak mewarnainya dengan warna yang dia suka ya moms.


Kalau udah diwarnain nih, bantu anak membuat lubang dengan plong kertas di kedua ujung crown. Lalu biarkan anak memasukkan pita dan mengikatnya yang sekaligus melatih motorik halusnya.


Terakhir, bantu anak menghiasnya dengan manik-manik atau pearls di bagian depan crown dan tempel dengan lem UHU. Setelah kering, bisa deh langsung dipake. What kind of princess are you?



CARD BOX HIGHWAY


Ini yang lebih gede nih, makanya kita butuh box atau kardus bekas yang gedean juga. Pilih kardus bekas air mineral yang sedang ya moms. Nah, sebenernya ini minimalis banget butuhnya, karena kita cuma butuh kardus bekas, gunting, spidol dan selotip besar. Bikin yuk!


Potong kardus di setiap garis kotaknya, lalu bentuk menjadi beberapa ruas jalan.


Sekarang ajak si kecil membentuknya nih moms, mau bikin jembatan, jalanan turun atau underpass, semua bisa! Biarkan mereka belajar memotong kardusnya untuk melatih otot-otot tangan, menata jalanan buat mengembangkan kreativitas, dan juga bantu mereka menggambar sendiri garis jalannya sekaligus melatih keseimbangan dan keselarasan otak dan tangan. Siapkan mobil dan mulai berjalan di jalan tol buatan sendiri yuk!




Oya, ketiga mainan ini budgetnya nggak lebih dari 20.000 rupiah per mainan kok moms. Jadi aman lah ya buat keuangan keluarga haha..
Yuk bikin apalagi kita hari ini?




Komentar

  1. Inspiratif sekali mom hebat loh jadi anak-anak bisa berimajinasi sesuka mereka dan bereksplorasi bebas walaupun di dalam rumah ya

    BalasHapus
  2. Waah boleh nnt di coba nih sm abang di rumah

    BalasHapus
  3. Galfok sama modelnya cantik banget Kakak. Wah ini bisa dipakai untuk garasi plus track hotwheels yaaa. Makasih Mba idenya. 🤗

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer