TIPS HEMAT DI BULAN RAMADAN

Sering ngerasa kalau keuangan justru makin menukik tajam ke atas pas ramadan? Anda tidak sendiri moms haha. Aku salah satu yang kemarin-kemarin ngalamin ini. Apalagi pas masih ngantor ya. Masak di rumah iya. Bukber pun iya. Dobel-dobel jadinya.

Setelah nggak lagi ngantor, undangan bukber makin aku kurangin nih. Kan udah ga bergaji tetap dan no THR yes. Jadi kudu extra mengencangkan ikat pinggang. Tapi ternyata, pengeluaran masih besar juga pas Ramadan.

Trus gimana caranya biar Ramadan kali ini nggak bikin boncos alias kantong kering kerontang tapi anak-anak tetep makan bener dan bergizi, kebutuhan pun terpenuhi?

Luckily, minggu lalu aku sempet ikutan talkshow yang digelar sama PT. Hero Supermarket Tbk (Hero Group) bertajuk "Anti Boncos di Bulan Ramadan" nih. Dan di sini, mba Ligwina Hananto ngeshare banyak pola hidup dan pola belanja kita yang selama ini emang bikin keuangan agak berantakan pas Ramadan. Termasuk tips hemat juga dishare di sini nih.

Talkshow Anti Boncos bersama Hero Group


Ada 3 pengeluaran yang bergerak di bulan Ramadan:

1. Pengeluaran rutin
Ini jenis pengeluaran yang kita pasti gunakan tiap bulan, mulai dari kebutuhan hidup harian, belanja bulanan, bayar sekolah, bayar iuran warga sampai bayar cicilan. Nah buat belanja harian dan bulanan ini nih paling sering terguncang pas Ramadan. Kadang kita ngerasa butuh belanja ekstra karena pengen menyajikan menu sahur dan buka puasa yang nggak biasa. Cling cling, pengeluaran rutin pun meningkat.

2. Pengeluaran lifestyle
Kalau biasanya ketemu temen seminggu atau sebulan beberapa kali doang, pas bulan Ramadan, rasanya temen-temen lama harus banget ketemu lagi di momen bukber atau reuni. Jajan lagi. Seminggu bisa full bukber sama ina inu ini kalau aku dulu. Beuh, rusuh deh gaji berantakan langsung haha.

3. Pengeluaran sosial
Namanya juga bulan penuh berkah, tiap Ramadan pasti kita pengen banget kan lebih banyak berbagi. Kalau biasanya hanya "kasih" ke mesjid sebulan sekali, pas Ramadan bisa tiap hari dan pengen kasih bingkisan Idul Fitri juga ke sana sini. Secara nggak sadar, kadang kita lupa menganggarkan ini dan jadinya over budget dan ngambil budget sana sini. Duh jangan yaaa.


Lalu gimana caranya biar nggak terjebak di lingkaran yang sama tiap tahunnya?

Nah ini dia tips hemat di bulan Ramadan dari mba Ligwina yang aku rangkum dan sesuaikan sama pengalaman aku.

1. Pisahkan kebutuhan tetap bulanan dan kebutuhan extra Ramadan.

Kan kita punya gaji bulanan dan THR (buat yang pegawai). Langsung pisahin nih, kebutuhan belanja, cicilan, bayar iuran dan bayar SPP anak pake gaji bulanan aja. Udah. Titik. Jangan ngambil THR untuk masuk ke ranah kebutuhan bulanan. Gitu juga sebaliknya. Cukupkan kebutuhan bulanan biar nggak perlu ngutak atik THR nanti. Biar THR kita khususkan untuk kebutuhan lebaran, sosial, dan biaya mudik. Harus tegas di sini biar nggak keteteran nanti.

2. "Sembunyikan" sebagian uang gaji bulanan untuk pegangan after Lebaran. 

Meski tahun ini terkesan "aman" tanggalnya karena lebaran di awal bulan, tapi baiknya kita tetep spare gaji bulan Juni nanti (langsung pisahin ya) untuk hidup setelah mudik. Dan balik lagi ke poin satu ya, uang gaji bulanan jangan dipake buat kebutuhan extra Ramadan dan Lebaran.

3. Kalau nggak dapet THR gimana dong? Siapin dana THR mu sendiri!

Nah ini persis banget sama yang aku alami dan udah aku praktekkin. Jadi, setiap Ramadan, aku buka Tabungan Rencana untuk jatuh tempo setahun (jadi pas menjelang Lebaran tahun berikutnya). Meski nggak banyak jumlahnya, paling nggak, aku punya pegangan pribadi pas mudik nanti dan nggak hanya menggantungkan diri ke suami. Ini penting lho. Apalagi kalau kita nggak ngantor, nggak punya gaji tetap, dan bisnis kayak aku, punya tabungan sebagai THR sendiri ini bisa dicoba banget.

4. Belanja dengan cermat dengan manfaatin promo-promo yang ada.

Ingat, belanjanya cermat ya. Jadi sebelum belanja, cek dulu nih apa aja yang promo, lalu sesuaikan sama kebutuhan harian, bulanan dan kebutuhan extra Ramadan kita. Kalau udah, bikin list. Dan satu lagi, belanjanya kudu banget stick to the list biar nggak boncos haha.


Ngomongin soal promo, Ramadan ini Hero Group ngeluarin buanyak banget promo buat mendukung tips hemat saat Ramadan tadi lho. Jadi nggak bakalan bikin kita boncos belanjanya. Kebutuhan primer, sekunder, tersier sampe lifestyle pun ada promonya! Penasaran kan moms? Ini nih kukasih bocorannya ya.

Hepi bener yang diajak belanja bulanan di Giant

GIANT SUPERMARKET 

Siapa sih yang nggak suka belanja di Giant Supermarket? Udah banyak banget store-nya dan menyebar jadi gampang dijangkau dari rumah, produknya lengkap dan sering banget ada promo harga murah. Nah Ramadan ini Giant Supermarket ngeluarin promo Pra Ramadan yang minggu lalu udah mulai, trus ada Pasar Ramadan, Panen berlimpah semangka murah (pas bener kan buat takjil) dan ada masakan siap saji juga yang memudahkan kita siapin sahur nanti.

Semangka murah dan melimpah!

HERO SUPERMARKET

Ngomongin hemat itu nggak cuma nyari yang harga murah kan, tapi juga yang berkualitas. Nah mumpung di Hero Supermarket lagi ada pasar ramadan "30 days of discovery", langsung lah belanja buat masak menu sahur dan menu buka puasa di sini. Hero emang juaranya bahan-bahan masakan yang fresh dan bagus kualitasnya sih. Jadi nggak khawatir lah sama bekal gizi keluarga Ramadan ini. Ada promo tebus murahnya juga nih moms. Jadi tips hemat belanja selama Ramadan bisa langsung dipraktekkan. Btw, jangan lupa cobain Egg Tart Kurma, menu baru buat berbuka di Hero bakery ya!

Waktunya nyetok vitamin buat selama Ramadan

GUARDIAN

Say goodbye to muka kusem dan lemes di Ramadan ini. Unch, jajan health and beauty produk bikin boncos? Nggak dong, soalnya Guardian lagi ada program Fit dan Cantik selama Ramadan dimana ada diskon up to 50% buat produk beauty and health idola kitaaaa. Lebaran bisa memesona deh!

Enjoy your beauty product madness thirst!


IKEA

Last but not least, jangan lupakan tampilan rumah menyambut Idul Fitri ya, moms. Yes, tenang, aku juga masih inget kok tips hemat selama Ramadan. Makanya nih manfaatin diskon dan promo area kitchen di IKEA! Eh ada cashbacknya juga lho buat pembelian kitchen set. Aaak open house lebaran makin menawan deh.

New kitchen set and dinner ware for Idul Fitri? Why not!


Sudah-sudah. Jangan panik dulu sama hujan promo ini. Yuk diatur lagi keuangannya, trus cek instagram Giant, Hero, Guardian dan Ikea buat dapet the latest update tentang produk apa aja yang promo, bikin listnya dan inget tips hemat tadi ya moms, belanja sesuai kebutuhan dan stick to the list biar Ramadan kali ini nggak boncos!

Mari sekarang kita belanja lagiiii 😜







#ramadanantiboncos



Komentar

  1. Tempat belanja terfavorit ini mah

    BalasHapus
  2. Hahahaa... galao ini mah banyak promo di bulan Ramadan kalo ke tempat belanja ntu. Tapi tips yang nggak dapat THR boleh tuh di coba sendiri itung-itung nabung hehehe

    BalasHapus
  3. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus
  4. Makasih infonyaa mbaak . Aku mau terapin ah tips tips nyaa . Semoga ku berhasil yaa . Heheheh

    BalasHapus
  5. Wah iya nih, kalau puasa gini bukannya hemat malah boncos ��. Btw makasih tipsnya mb

    BalasHapus
  6. Waoooo ikea ada sale juga yah. Langsung amankan uang THR buat beli wajan baru

    BalasHapus
  7. Wah iya, atur alokasi gaji ini penting banget, yaa... jangan sampai pulang mudik malah susah sendiri hiks....

    BalasHapus
  8. Nice info mbaaa kebetulan lg cari promo nih

    BalasHapus
  9. numpang promote ya min ^^
    Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

  10. Banyaknya tawaran bukber pas bulan puasa tak jarang bikin kantong jadi jebol. Jika tak dikontrol, keuangan sudah pasti akan berantakan. Tapi tenang, ternyata ada loh tips cerdas untuk menyiasati banyaknya acara bukber di bulan ramadan. Saya nemuin jawabannya di artikel menarik ini: Tips Bukber Anti Boros

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer