CARA MEMBUAT DONAT MANUAL TANPA KENTANG



Ngomongin cemilan yang satu ini emang nggak ada bosennya ya mom. Kayaknya mau tiap hari makan donat pun enak-enak aja. Donat tuh varian cemilan yang cukup banyak jenis resep dan macamnya. Tapi nggak tahu kenapa, aku masih aja jatuh cinta sama donat kampung yang rasanya kres kres luarnya dan lembut dalemnya. Lebih berkarakter gitu rasanya hahaha.



Aku suka iseng bikin donat macem-macem sih. Mulai dari donat pake tape, pake pisang, pake telur, tanpa telur. Yang kebetulan belum pernah coba malah donat kentang sama donat labu atau ubi. Padahal gampang bahannya, cuma males aja sih ngolah dua kali (karena kentang dan labu atau ubi harus direbus dulu sebelum dimix sama adonan donat ya).

Maklum, bikin cemilan donat karena males ribet kan hahaha. Ngulennya juga masih manual, pake tangan, karena nggak punya mikser khusus buat ngulenin adonan donat dan roti. Kalau ditanya, kenapa nggak pake mikser yang ada? Pernah nyoba, tapi trus bunyi gitu miksernya. Ya daripada mikser buat cari duitnya rusak demi bikin donat buat cemilan sendiri, mending aku ulenin manual aja lah donatnya hahaha.

Anak-anak juga pecinta donat di rumah. Kadang emang nggak bikin dalam jumlah besar sih. Sekali ngulenin donat paling banter 500 gram tepung kalau buat ngemil sendiri di rumah. Kalau kebanyakan sayang ah. Dan aku tipe yang nggak suka gitu nyimpen adonan donat. Menurutku rasanya beda aja. Makanya mending bikin dikit, bikinnya cepet dan langsung abis buat ngemil sore sampe malem. Seringnya gitu. 

Resep donat apa yang paling sering aku bikin? Well, kayak yang aku share tadi, aku suka donat kampung yang kres kres luarnya tapi lembut di dalam. Makanya aku suka nyobain resep. Dan so far, resep ini yang paling cocok buatku. Remember, tiap resep kadang takaran sama, ketemu tangan yang ngerjain beda, suka aja gitu rasanya beda yahahaha. Makanya ya selain cake, resep gini tuh kadang aku buat patokan aja, trus aku modif sendiri. Ini hasil modifan aku yang udah berulang kali aku pake buat bikin donat di rumah. Nggak pake ribet ngerebus kentang, nggak pake ribet nyari telur, nggak pake ribet ngeluarin mikser. Mau coba? 




DONAT
resep by BUNGA A. ROSVITA


200gr terigu
2 sdm margarin
3 sdm gula pasir
1/2 sdm fermipan
Setengah gelas Air hangat
Sedikit minyak

Cara membuat:
Campur air hangat dg fermipan dan gula. Biarkan hingga bubbly.
Di tempat kering, campur terigu dengan margarin, campur hingga bergerindil.
Masukkan air fermipan yg udah bubbly.
Uleni sampai kalis. Beri minyak dikit.
Diamkan sampe mengembang 2 kali lipat.
Ambil sedikit, bentuk bulat dan goreng dg minyak panas hingga matang.
Enjoy!


Kita bisa selalu bentuk donat sesuai selera ya. Kebetulan ini donat yang kubentuk bola karena males banget ngeluarin cetakan donat. Kalaupun pengen bikin yang bulet bolong tengahe tapi nggak punya cetakan donat, we can always play with apapun yang ada di rumah. Tutup botol bisa jadi cetakan buletan kecil tengah donat, dan tutup jar atau kita bisa pake botol air mineral yang dipotong bawahnya buat lingkaran besar si donat. Be creative. 

Nggak punya alat banyak di dapur itu nggak selalu membatasi kita buat berkreasi kok. Cobain yuk mom, mainin yang ada di dapur dan kreasikan banyak cemilan buat keluarga. Oya, ngebentuk donat ini bisa jadi ajang buat bonding sama anak-anak sekaligus mereka latihan berkreasi juga nih. Habis mainan, bisa dinikmatin lagi donatnya bareng-bareng. Seru kaaan.

Selera aku sih cukup donat plain gini atau mentok dikasih taburan gula halus. Khas donat kampong banget ya. Simpel tapi ngangenin hahaha. Kita juga bisa kreasikan donat sama topping macem-macem lho. Bisa pake coklat yang dilelehkan, bisa pake icing dan sebagainya. Ini nih resep simpel icing buat donat yang mom bisa coba juga di rumah, sambil main-main sama si kecil.




SIMPLE ICING

100 gram Gula halus
Air secukupnya
Pewarna makanan/ essence yg disuka

Caranya gampang banget sih mom, kalau mau bikin base nya dulu yang warna putih.
Aduk gula halus dan beri air sedikit demi sedikit sampai berupa adonan. Jangan terlalu encer ya biar bisa membeku dan menempel di donat nanti.
Nah, base simple icing ini udah bisa lho dipake langsung di donat yang tadi kita buat. Bisa dengan mencelupkan donat ke icing, atau menuangkan icing ke donat pake sendok atau plastic segitiga.

Kalau pengen ada rasa dan warnanya, moms tinggal tambahin aja tuh essens kesukaan anak-anak, dan pewarna makanan. Atau bisa juga coba pake contoh aku yang dicelup simpel icing trus ditaburin remahan oreo nih.

Pokoknya bisa banget deh kita berkreasi sama donat tuh. Bahkan dibikin cemilan asin juga bisa! Contohnya, siram donat bola tadi pake saus Bolognese dan daging giling. Yummy! Cemilan kenyang ini mah hahaha. Jadi bekel bisa? Bisa banget moms.
Donat bolong tengahnya yang dibelah atas bawah jadi 2 bagian, diisi selada, smoked beef, mayo dan tomat, jadi deh bekel makan siang donat burger yang super bikin kenyang dan hepi anak kita. Met berkreasi, mom!





Komentar

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer