IDE MENU ANTI GTM ANAK YANG MUDAH DIBUAT


Makin gede anak, makin galau juga biasanya buat kita nyiapin makanannya. Apalagi pas umurnya udah di atas 1 tahun. Mulai deh kenal sama drama picky eater dan GTM (gerakan tutup mulut). Pusiiing rasanya mikirin harus masak aalagi yaaa biar dia doyan. Kayaknya semua udah dicobain, tapi kok sama aja sih. Masih juga GTM, masih juga picky. Ternyata nggak hanya bayi nih yang ngalamin masa ini. Pas udah toddler pun masih aja muncul cerita GTM atau picky dan mood eater. Trus gimana cara ngatasinnya?

Aku sempet nulis cara buat mengatasi bayi (or anak pada umumnya) di masa GTM nya nih. Moms bisa langsung aja klik http://bungarosvita.blogspot.com/2018/01/cara-mengatasi-bayi-dalam-masa-gtm.html buat dapetin tipsnya.

Kali ini, aku share aja ide, pilihan menu yang gampang banget dibikin buat naikin mood anak yang lagi susah makan, GTM, picky eater or moody eater. Aku ngebagi jadi 2 bagian ya buat mempermudah moms semua memilih menu. Check these options out, siapa tahu bisa jadi pilihan buat mengatasi masa berat ini hehehe. Semangaaaat!


1
HANDY FOOD

Maksudnya gimana buuuu? Yang aku maksud handy food or finger food ini adalah makanan all in one yang gampang banget dipegang sama anak. Jadi sebisa mungkin, makanan-makanan ini tuh udah mencakup segala poin yang dibutuhin buat tumbuh kembang anak, dan gampang dipegang! Baik secara bentuk, maupun ukuran. Bisa juga bikin size-nya yang ONE BITE SIZE ya moms. Jadi anak kita tinggal LHEP aja. Contohnya apa? Either way, it is just to attract the kids to eat it easily and let them experience the texture by hold the food on their own hand. Karena makan pake tangan itu sensasinya beda!



SKUTEL MIE WORTEL AYAM

mie, telur, wortel parut dan ayam cincang yang dikukus bersamaan itu enak!

Untuk mie-nya, moms bisa pake mie basah, mie organik dan lainnya yang sekiranya cocok untuk moms dan anak-anak ya. Disesuaikan aja. It is super easy!


NUGGET KENTANG, WORTEL DAN DAGING

Buat shape yang lucu biar kesan makan lebih seru! Si kecil juga bisa sambil belajar menebak bentuk nih moms.

Parut kentang, lalu campurkan dengan daging giling, parutan wortel serta telur dan bumbu aromatik, kemudian kukus hingga matang, lalu bentuk deh sesuka hati. Celupin ke kocokan telur lalu goreng dengan minyak/ butter, then done!

CURLY RICE OMELET

Gemes ya karena keriting-keriting gitu jadinya!

Kayak bikin omelet biasa sih, cuma tambahin nasi, protein as you wish plus bayam/kale yang dicincang di dalamnya. Bumbui sesuai selera lalu goreng di saat minyak lagi hot-hotnya buat dapetin efek keriting!


HASHBROWN HOMEMADE

kentang aja atau tambah protein pun bisa!

Aku suka parut aja nih kentangnya, lalu diperes biar kering, tambahin telur, sedikit tepung dan kalau mau, masukkin aja sekalian daging giling/ ayam giling atau ikan, dan keju! Lalu bentuk bulatan pipih dan goreng dengan sedikit butter aja. Kenyang!


NUGGET BOLA OATS IKAN

biar beda, karbonya ganti oats dulu ya

Bentuknya bisa bebas sih, sesuaiin aja sama stok cetakan moms di rumah. Campur oats sama fish flakes (salmon, lele, patin or dori pun bisa), telur, bawang putih cincang, bumbu sama sayur yang moms pilih. Lalu kukus deh di cetakan tadi. Voila!


MEATY CORN CAKE

iya, iya. ini bakwan jagung hahaha

Tapi biar makin rich, bakwan jagungnya diblender sama telur, daging dan sayur dong hahaha. Kenyang dan puas makannya! Apalagi kl pake tusukan es krim gini, kan jadi beda!



2
LUNCH BOX THEME

Yes, karena kadang mereka hanya butuh kemasan baru dalam pola rutinitas makan mereka moms. Bosen bisa jadi penyebab mereka malas makan, atau sampe GTM (gerakan tutup mulut). Kita bisa siasati dengan mengubah makanan, bentuk makanannya sampai ke tempat makan. Kalau biasanya di meja makan aja, coba deh gelar karpet di halaman rumah buat bikin suasana makan jadi ala-ala piknik. Jangan lupa bekal makan siangnya ya!


SANDWICH NASI ISI ORAK ARIK WORTEL DAN GIMBAL AYAM

mengajaknya piknik di halaman rumah sambil membawa bekal ini untuk makan siang bisa bikin mood makan anak meningkat!

Let them explore the menu. Ayamnya sendiri cukup diblender (dagingnya aja) dengan bawang putih, telur, garam, merica dan sedikit tepung, lalu goreng hingga matang. Buat nasinya, moms tinggal press dan bentuk deh. Done!


ROLL NASI DAN SATE UDANG MADU

buat perbedaan warna di roll yang berwarna hijau dari telur dan campuran jus bayam!

Jangan lupa selipkan sedikit protein di bagian nasi, agar dalam sekali suap, mereka bisa dapet semua kebutuhannya! Btw, nasi kuning will be great for this option!


DAGING TAHU KUKUS BROKOLI

cemilan kelas berat yang kaya gizi!

Meski terkesan seperti cemilan, padat banget ini moms nutrisinya. Daging giling, telur, tahu dan brokoli (brokolinya bisa dicacah juga sih) dalam satu bentuk yang dikukus (dan bisa digoreng dengan celupan telur juga) bakalan bikin mereka kenyang! Oya, kalau mau jadiin 4*, tinggal tambah karbo nih. I would prefer to add pasta or potato to complete it.


BOLA NASI GORENG TELUR PUYUH

nasi goreng bentuk bola? siapa yang nggak suka?

Buat nasi goreng seperti biasa, lalu kepal-kepal saat masih panas dengan menambahkan rebusan telur puyuh ini sangatlah tidak bisa ditolak! Smells good and taste good!

OMELET MAKARONI

salah satu sarapan andalan yang cepat dan praktis!

Meski ga lagi GTM, aku masih sering bikinin ini nih karena memang praktis trus anak-anak juga suka. Kesannya kayak ngemil, but it is packed bit nutrition! Coba aja ambil makaroni, potongan ikan, bayam dan telur jadiin satu, kocok dan goreng barengan. Duh emaknya juga laper!


BOLA-BOLA NASI BAYAM

biar lebih praktis, you can always add the protein inside the rice ball too!

Tumis bayam dengan bawang putih lalu cincang halus dan campurkan dengan nasi yang sedang ditumis dengan sedikit margarin/butter. Kepal-kepal lalu suguhkan! Bumbu bisa sesuai selera dan umur anak ya moms!



Nah, banyak kan menu baru yang bisa moms coba buat mengatasi GTM, moody eater, picky eater ataupun males makan si kecil? Coba cek kulkas aja, dan cobain dengan bahan yang ada besok. Yang penting moms nggak pernah menyerah buat EKSPLORASI! Semangaaat!


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer