Bunda, Istri, Pekerja, Saya

No one said it was easy. Tapi kadang saya memilih buat menutup mata dan nggak menganggap ini susah. Walaupun pasti ada ribet dan ributnya. Karena sepinter-pinternya kita ngatur waktu biar semua bisa berjalan beriringan, tetep aja ada miringnya di sana-sini, hehehe.

Iya, saya perempuan yang bekerja di luar rumah. Di tahun pertama setelah melahirkan, I did struggle hard. Ngurus bayi (walaupun daily dibantu suami dan mba), ngurus rumah, tetep pengen berprestasi di kantor, dan in a sudden, mutusin buat jualan kue. I almost have no time for my self. Pagi buta bangun, masak buat serumah, kadang bikin pesenan, bangunin bayi, ngurus bayi dulu, baru siap-siap ke kantor, kerja seharian (belum kalo harus lembur), pulang, ngurus bayi, dll. Bukan ngeluh lho, just wanna share that yes, it was hard.

Tapi alhamdulillahnya, dengan makin gede si bayi, keribetan pun makin berkurang. Tahun pertama memang kata orang, the hardest part of our motherhood. Pertama mungkin karena kita belum pengalaman punya bayi gitu kan, trus juga kaget kali ya secara punya bayi kan 24/7 gitu ngurusinnya, trus bayinya sendiri belum bisa ditinggal, dan kalo kasus saya sih #kakak pas masa baru lahir sampe setahun gitu rawan banget sakit.

Second year, it is getting easier. Udah mulai bisa bagi waktu buat "saya" sendiri, kapan harus nyalon, kapan harus "tega gak tega" ninggalin bayi di rumah buat jalan berdua sama suami (yup, ini penting banget, karena mostly kalo udah punya anak, semua urusan jadi soal anak, dan suami istri kadang lupa kalo ada hal yang tetep harus dibangun satu sama lain, berdua aja), dan ngejar karir sendiri. Alhamdulillah juga diberi kemudahan. Ada nangisnya? Ada lah. Namanya orang hidup pasti nemuin masalah, kepentok capek, ngalamin mentok pake banget banget. But again, komunikasi sama pasangan itu penting banget.

Karena saya orangnya nggak pengen dinilai jelek di kerjaan karena udah jadi istri atau bunda, buat saya, perform di kerjaan juga penting banget.Untungnya suami paham banget soal ini. Sampe harus keluar kota/ negeri beberapa hari buat kerjaan pun, he's fine. Alhamdulillah ya kak. Jadi yang lagi nyari suami, liat juga ya, calonnya bakal supportive sama apa yang kita pengen dan seneng lakuin apa nggak, ehhehe.

Dulu pas masih belum nikah, ngebayangin punya suami sama anak itu lucu aja ya. Pulang ada yang nyambut, meluk, dll. Emang sih bener, pas saya pulang, #kakak sekarang udah bisa lari, nyambut saya dan meluk kenceng lalu bilang kangen. Nah, ini yang nggak kebayang selanjutnya. Dibilang kangen sama anak setelah seharian kerja itu antara seneng banget sama sedih banget. Seneng banget karena ya, anak masih inget sama kita walaupun ditinggal kerja, tapi sedih juga sih berarti ngerasa banyak momen kelewat sama dia.

The best thing I can do right now sih sebisa mungkin ngehabisin waktu libur dan malam + pagi sebelum kerja buat cuddling sama #kakak. Apalagi di umurnya yang sekarang udah 2 tahun lebih, #kakak udah bisa cerita, ngapain aja dia seharian, makan apa, nonton apa dan pengen apa. Weekend juga gitu. Sampe kadang males keluar rumah kalo lagi libur karena yaudah pengennya main sama #kakak.

Trus bisa konsen di kantor? Alhamdulillah bisa. My mom always said that nggak papa kok kalo kita "nggak terlalu mikirin anak" selagi di kantor. Bukan berarti nggak peduli ya. I do call my baby while I'm in a break at the office. Tapi karena hubungan batin ibu sama anak itu nyambung banget, once kita kepikiran, dia pasti berasa. Jadinya bisa aja rewel atau apa gitu. Makanya ibu saya wanti-wanti banget. Mending di kantor serius, konsen sama kerjaan, kelarin tepat waktu trus cepet-cepet pulang.

Overall, di balik semua kesibukan itu, I'm glad that I am still me. Even I know, I am not the same Bunga who you probably meet 5 years ago. But I'm so happy that dalam penglihatan orang sebagai istrinya Iwan dan bundanya Ai, saya tetap Bunga, yang punya kemampuan begini dan begitu, yang punya keinginan ini dan itu, yang punya keribetan di sini dan di situ.

Never loose yourself, even you are already becoming someone new. Because that's make you special. And guess what, anak kita butuh kita yang tetep jadi diri kita sendiri kok. Karena dia tumbuh dengan ngeliat kita. :) So, let's show the best of ourselves to them!

Komentar

  1. Thank you for sharing...ibuku dulu wanita karir dan aku bangga pada ibuku karena beliau "hands on" dan sekarang jadi tau apa yang beliau dulu rasakan. Menurut saya nih...saya jadi mandiri nggak manja karena "keterbatasan waktu" ibu saya...sooo salut sama kamu bisa multitasking :) after all its not the quantity but the quality right?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaai mbadeeebz! maaci udah dibaca juga! bener mba. aku juga tumbuh dr ibu yang bekerja and i feel like i have to be able to do things while i was growing up, tapi justru itu yg bikin makin mandiri. and yes, at the end of the day, it's all about the quality :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer