Pengalaman Pertama Pake BPJS untuk Cek Hamil

Jadi, sebenernya udah punya BPJS lama banget tapi emang nggak pernah dipake sekalipun. Bayar ya bayar aja. Begitu juga di kehamilan kedua ini, sampai bulan lalu pun (kurleb hamil 6 bulanan) masih cek ke RS tempat melahirkan anak pertama dan dengan dokter yang sama, tanpa BPJS, karena kebetulan RSIA Buah Hati Pamulang kesayangan saya ini belum kerjasama dengan BPJS.

Berhubung udah nggak kerja kantoran, jadi agak mikir juga sih untuk biaya kelahiran. Apalagi riwayat kelahiran pertama dulu udah caecar. Jadi ya resiko untuk sc lagi di kehamilan ini pun besar. Walaupun kata dr. Ismail pun bisa aja kalau memang kondisi memungkinkan, melahirkan normal nanti. Banyak yang bilang, pake BPJS aja, lahiran bisa dicover semua kok. Termasuk sc yang biayanya nggak murah (di RSIA Buah Hati Pamulang sekitar 15jt lah dan masih termasuk murah). Akhirnya setelah nanya sana sini, lunasin tunggakan BPJS yang sempet mangkrak kemarin, langsung deh menuju faskes 1 pilihan saya, Puskesmas Bojongsari, Depok.

Begini alurnya.
1. Sekitar jam setengah 6 pagi, suami ke puskesmas buat ambil nomer antrian dulu. Ambil kartu antrian khusus asuransi, dan dapet nomer antrian 5.
2. Jam 8an saya dan suami ke puskesmas untuk registrasi. Sampai sana baru dipanggil nomer 1 tapi nggak terlalu lama sih nunggunya.
3. Daftar pasien baru. Di meja registrasi saya didaftar dulu karena belum pernah berobat di puskesmas ini, khusus untuk pemakai BPJS.
4. Setelah daftar, saya langsung diarahkan ke Poli Kandungan atau KIA (kesehatan ibu dan anak). Kesan pertama pas masuk poli ini langsung takjub sama suami lihat kondisi yang udah bagus dan nyaman. Ruang bersalin dan fasilitas ibu dan bayi pun cukup mumpuni untuk kelahiran normal. Mungkin kalau nggak ada riwayat sc saya juga berani kok lahiran di sini.
5. Oke lanjut. Di poli kandungan saya dapet nomer 1. Nunggu bentar dan langsung dipersilakan masuk untuk periksa.
6. Langkah pertama saya ditanya-tanya dulu oleh bidan yang bertugas. Apalagi ini periksa pertama saya di sini. Ditanya riwayat, didata kembali, lalu dipersilakan ke meja periksa.
7. Mungkin kurangnya hanya usg 2d yah. Karena pemeriksaan di sini hanya diperiksa manual (pake tangan bidannya dipencet-pencet samping perut gitu), diukur besar kandungan dan detak jantung bayi pake mesin (yang saya nggak tau namanya -_-).
8. Selesai periksa, bidan bilang kehamilan sudah memasuki 31 minggu. Dan saya pun ditanya, apa sudah cek laboratorium untuk tes HIV, hb, dll? Saya jawab belum. Dan bidan tersebut menjelaskan kalau cek lab ini wajib, program pemerintah agar bisa memantau dan mengurangi jumlah penderita HIV, terutama pada ibu hamil (entah kenapa kemarin belum disuruh cek sama rs). Akhirnya bidan memberi rujukan untuk cek lab di puskesmas yang sama (suka deh sama puskesmas sekarang yang kumplit, sampe lab pun ada). Lalu kembali lagi dengan hasilnya untuk konsultasi dengan bidan lagi.
9. Pindah poli, ke lab yang ada di dekat pendaftaran tadi, saya pun mengantri kembali untuk cek darah. Begitu nama dipanggil, saya langsung diambil sample darah dan ditambah menyerahkan sample urine untuk tes lainnya. Menunggu sekitar 30 menit, hasilnya pun keluar.
10. Kembali ke poli KIA sambil menyerahkan hasil cek lab. Alhamdulillah hb normal, negatif HIV dan fungsi lever pun baik. Lalu saya berkonsultasi soal rujukan RS untuk kelahiran nanti karena saya punya riwayat sc. Saya pikir bisa langsung minta rujukan dan dipake periksa di rs yang saya mau. Ternyata ada juga syaratnya. Rujukan ke rs akan diberikan setelah kandungan berumur lebih dari 32 minggu. Dan kebetulan di sini saya tidak bisa memilih rs yang tadinya mau saya tuju (rs sari asih ciputat). Katanya, rs tersebut masuk dalam kategori B dan rujukan BPJS pertama adalah rs dengan kategori C, yang kebetulan ada 3 untuk area ini: RSUD Depok, RS Bhineka dan RSIA Buah Hati Ciputat (cabang dari rs tempat saya periksa selama ini). Udah pasti dong pilihan saya ke mana hehe... walaupun lebih jauh, lega deh ada pilihan rs yang udah saya tau kapabilitasnya. Tinggal nanti ngecek apakah dr. ismail juga praktek di sana (semogaaaa). Hehe.. Jadi akhirnya saya pun harus kembali lagi 2 minggu ke depan untuk cek lagi di puskesmas dan sekaligus minta rujukan untuk ke rs.
11. Tak lupa saya menebus vitamin yang udah diresepkan oleh bidan di apotek puskesmas yang sama.

Yah begitulah pengalaman pertama saya periksa kehamilan pake BPJS. Nggak ribet sih sebenernya dan pelayanannya pun sama aja sama yang nggak pake. Dan kemarin saya pun nggak ngeluarin uang sama sekali. Lumayan menyenangkan ya ternyata (telaaat woy haha).

Oya, satu lagi yang bikin ketawa sama suami, habis periksa, saya dikasih biskuit ini. Katanya buat cemilan bumil. Manteb banget dapet 6 pak biskuit yang tebel-tebel kayak ransum tni gini hehe... Dan sampe rumah pun yang makan saya, suami dan anak 4 tahun saya! haha...


Komentar

  1. Aku dulu anak pertama periksa selang seling di dokter sm di Puskesmas. Kalau di dokter emang gak disuruh cek Hb dll, kalau puskesmas pasti disuruh cek lab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mba. Baru tau juga soal ini. Pas hamil anak pertama dulu juga kayaknya ga pake cek lab hehe. Emang butuh second opinion sih ya

      Hapus
  2. Bpjs ini ngebantu banget mba bun. Aku banyak banget dibantu sama bpjs, mulai dr kehamilan, lahiran sampe MRI anakku. Nanti pas udah dekat hari H aja, minta surat rujukannya. Kemaren sih surat rujukan buat lahiran aku itu berlaku 2 minggu apa 1 bulan dari pembuatan, aku lupa ahahahah. Terus kalaupun normal, dateng ke RS yg sesuai kategori mba pas mau waktu lahiran. Tinggal bawa fotokopi bpjs, sama kartu tanda pengenal. Oya mba, si dedek di perut udah dibuatin bpjs? Bikin dua bulan sebelom kelahiran mba. Biar nanti yg ditanggung bpjs bukan mbak aja, tapi vaksin pertama dan perawatan bayi baru lahir, juga ditanggung bpjs. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ilmu lagi nih. Kalau bikinnya setelah kelahiran si anak, masih bisa dipake vaksin pertama dll ga?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Gak bisa mba. Intinya, jika bayi baru lahir di hari pertama sampe bayi keluar dr rumah sakit, pengen ditanggung biaya perawatannya (mis.Vaksin, salep mata, cek kelengkapan anggota tubuh, NICU, sinar biru klo diperlukan) itu bisa ditanggung bpjs klo udh didaftarkan sebelom lahir. Lumayan kan mba hehehehe
    Tapi jika bpjs dibikin setelah lahir, ya paling kepakenya untuk periksa2 klo baby sakit, atau pas kasih vaksin yg disubsidi pemerintah.

    BalasHapus
  4. Trs mba nya lahiran di rs buah hati pamulang dgn bpjs kah? Gmn mba playanannga di sana mnggunakan bpjs

    BalasHapus
  5. anak kedua aku dari periksa hamil sampai melahirkan juga pakai bpjs mbak . sama sekali gak ngeluarin biaya tambahan

    BalasHapus
  6. Pengalaman pertama pakai bpjs waktu periksa di b**hhati ciputat dapet nomor antrian gendut, padahal udah daftar 1 jam sebelum dokternya praktek. Kayanya kalo pake bpjs emang ditaroh di antrian belakang deh. Soalnya ada yg daftar setelah saya tapi dipanggil duluan. Saran saya sih yg rumahnya deket daftar aja terus pulang dulu. Santai aja, kalau nomornya kelewat nanti dipanggil lagi kok

    BalasHapus
  7. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer