6 CARA BIKIN ANAK TUMBUH BAHAGIA


I don't know about you, moms, tapi aku personally, ngeliat anak-anak sehat dan hepi itu segalanya! Kurasa banyak moms yang punya pendapat sama yah. Kadang kita tuh suka lebay mikirin anak-anak udah hepi belum ya? Trus jadi heboh ngebeliin ini itu, ngajakin liburan ke luar angkasa (hehe lebay banget sih ini) sampe nurutin semua maunya. Padahal, kadang bukan cuma itu yang dibutuhin anak-anak kita buat tumbuh bahagia, atau bahasa kerennya #GrowHappy.


Pas banget beberapa hari lalu tuh aku ikutan Blogger Gathering yang diadain sama Nestlé LACTOGROW dan temanya seputar anak dan kebahagiaan mereka. Kayaknya kalau diomongin emang subyektif banget ya konsep bahagia ini.

Tapi ternyata, (aku baru tahu juga) kalau kebahagiaan khususnya pada anak ini ilmiah syekaliiii hahaha. Kenapa aku bilang ilmiah, soalnya sebenernya ada rumusnya, satu panduan yang bisa kita lakuin dari jauuuh sebelum anak kita lahir ke dunia. Yep, suka denger istilah golden period kan? Di 1000 hari pertama kehidupan anak yang dimulai dari masa kehamilan, kebutuhan nutrisi yang cukup jadi satu sumber penentu nih biar anak kita nantinya tumbuh dengan sehat dan tentunya happy! Karena di golden period inilah 85% karakter kita saat dewasa nanti dibentuk.



Katanya Dr. dr. Ray Basrowi Wagiu Basrowi, MKK (praktisi Nutrisi Ibu dan Anak) pas di event kemarin, kesehatan saluran cerna anak itu berpengaruh lho terhadap tumbuh kembang anak, dan ini secara tidak langsung juga ngefeknya ke happy atau nggaknya anak. Gimana bisa? Gampangnya gini, nggak usah anak deh, kita aja yang udah dewasa kalo saluran cernanya bermasalah, otomatis jadi nggak enak ngapa-ngapain kan. Mood juga langsung terjun bebas. Nah, apalagi anak yang masih belum paham dan belum bisa mengontrol emosi dan moodnya. Karena di sistem pencernaan itu ada komunikasi nih sama otak, makanya semuanya connected.

Buat ngejaga saluran cerna, kita butuh probiotik. Dan format yang paling baik buat kasih probiotik adalah dengan makanan. Selain itu, kita juga bisa beri tambahan yang mirip nih sama makanan, seperti susu pertumbuhan. Susu pertumbuhan ya, bukan susu formula 😍



Nah, kalau dari dalam udah dijaga nih, ada beberapa hal yang sangat penting buat kita jaga biar anak kita bisa #GrowHappy.

INI DIA 6 CARA BIKIN ANAK KITA TUMBUH BAHAGIA

menurut mba Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi (Psikolog), ada 6 cara yang efektif bantu kita buat bikin anak tumbuh bahagia. Dan semua ini butuh ketelatenan, konsistensi dan kerjasama kita sama suami nih, biar berhasil. Cobain yuk, moms!



1. MAKAN MAKANAN BERGIZI TEPAT WAKTU

Nggak cukup dengan makanan yang bergizi buat memenuhi nutrisi yang dibutuhin anak, tapi juga butuh keteraturan dengan makan tepat waktu. Karena anak juga butuh kepastian (eaaa haha). Jadi, keteraturan makan ini membantu tubuh mengolah nutrisi dengan lebih baik, saluran cerna lebih lancar dan efeknya, mood anak jadi bagus!


2. CUKUPI WAKTU TIDUR

Ah, how we need this! Haha malah curhat. Tapi ternyata, kurang tidur memang memengaruhi kondisi mood seseorang ya. Contohnya di kita sendiri dan sekarang lagi kejadian di anakku nih. Bobonya suka malem 😭 jadinya pagi pas dibangunin jadi agak cranky. Huhu gotta rebuild a new routine from now on! Thanks for enlightening me, mba Vera!


3. ACTIVE LISTENING

Nah ini. PR besar haha. Active listening itu nggak cuma ngedengerin, tapi juga mampu kasih respon sesuai kondisi dan bener-bener ada untuk mendengarkan mereka.. Nggak bisa ngobrol disambi pegang hape nih, moms. Even for work! Let us be present more! (Note to self)



4. BERI WAKTU BERMAIN DAN EKSPLORASI

Dunia anak emang dunia bermain. So let be it. Biar mereka mengenal berbagai hal, berbagai tantangan, hambatan, yang bikin mereka akhirnya eksplorasi buat nemuin solusinya. Main juga bikin mereka tumbuh jadi anak yang lebih happy!


5. EKSPRESI EMOSI POSITIF

Let them show their emotions. Bantu mereka mengidentifikasikan emosinya dengan cara yang baik, lalu ajak mereka mengolah emosi itu biar nggak meledak nantinya.


6. BERI CINTA TANPA SYARAT

This one needs no explanation. Enough said ☺



Jadi, gimana moms, siap mencoba 6 cara di atas biar anak kita tumbuh lebih bahagia? Yuk cobain. Tapi inget juga ya, the key of happy kids is a happy parents. Mari #GrowHappy bersama!


-----


WHO merekomendasikan pemberian ASI Ekslusif hingga bayi berusia 6 bulan dan lanjutkan selama mungkin. Susu pertumbuhan diformulasikan untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh anak diatas usia 1 tahun dan tidak diberikan untuk bayi. Baca label sebelum membeli





Komentar

  1. tips nya bu vera ini manfaat banget yaa.. pasti semua ibu ingin anaknya bisa tubuh dengan bahagia ^^ yang penting banget dan masih jadi PR besar buat aku yaitu yang active listening, memancing anak bercerita.. butuh latihan terus menerus agar jadi kebiasaan :D

    BalasHapus
  2. Cinta tanpa syarat, ini dia terkadang sulit yah. Jujur aku terkadang pamrih loh sama anak sendiri. Hahaha. Mesti dikurang-kurangin nih.

    IHB kalo ngadain event selalu berfaedah yak. Bersyukur banget bisa kenal IHB. Silaturahmi makin panjang. Berkah terus ya ��

    BalasHapus
  3. Kalo Lactogrow ini susu yg biasa dikonsumsi anak tetangga ku wkwkwkkk.... Dulu anak pertamaku juga sempat konsumsi, tp yg lactogen.
    Btw, cinta tanpa syarat ini berat deh kayaknya. Uwow banget

    BalasHapus
  4. Terimakasih semua wejangan nya. Pasti kami menyayangi Anak sepenuh hati tidak ada istilah menduakan. Buat kami anak adalah investasi terbesar buat saya.

    BalasHapus
  5. Mbak Bunga, aku ngerasa beruntung banget loh kemarin bisa menghadiri acara yang sama. Gimana ya, pembicara yang diundang itu keren, dan ilmu yang disampaikan super duper berbobot banget

    BalasHapus
  6. PR buat aku nih mengelola emosi anak... karena kadang udah kebawa emosi duluan :(

    BalasHapus
  7. Memberikan cinta kepada anak memang gak perlu pake syarat.. Setuju sekali

    BalasHapus
  8. setuju banget, anak sehat dan bahagia itu segalanya buat ibu.
    Apapun akan dilakukan demi goal tersebut.
    Dan cinta ibu seharusnya tanpa syarat, meski kadang miris ada ibu yang mencintai anaknya, memanjakan anaknya, menyekolahkan anaknya, dengan harapan anak bisa mengurus ibunya di masa ibunya tua.

    Hal yang tanpa sadar semacam syarat dari cintanya hiks

    BalasHapus
  9. Lactogrow jadi susu kesukaan anak aku sekarang semenjak dapat penyuluhan dari nestle sendiri yang datang ke medan. Bikin banyak belajat

    BalasHapus
  10. Happy mom, Happy kid ya mom. Aku lg berusaha menerapkan tips tips di atas nih hehe demi menciptakan anak bahagia. Btw ternyata ngefek ya pencernaan sehat dan kebahagiaan anak

    BalasHapus
  11. Beri cinta tanpa syarat, duh sweet banget ya mbaa. Dan, akupun setuju banget dengan 6 tips diatas. Semuanya mendukung proses tumbuh kembang si kecil khususnya di periode golden age nya ini agar lebih optimal. Si kecil happy, mommynya pun juga happy

    BalasHapus
  12. Bener banget, anak tumbuh sehat dan bahagia memang harus dipenuhi berbagai kebutuhannya. Dari kebutuhan gizi, perhatian, cinta, hingga eksplorasi skill dan kemampuannya. Semoga semua ibu bisa selalu memenuhi kebutuhan anaknya ya. :)

    BalasHapus
  13. setuju bangeettt... karena pertumbuhan anak yang bahagia dimulai dengan terpenuhinya kebutuhan di berbagai aspek. semoga ibu dan anaknya selalu happy yaaa

    BalasHapus
  14. Ternyata gak cm pola asuh anak saja yg harus kita perhatikan bener ya. Nutrisinya juga karena berpengaruh ke kesehatan pencernaan dan mood bahagianya

    BalasHapus
  15. Bagaikan menanam, kita juga yang menuai hasilnya. Apa yg di masukkan baik, outputnya insya Allah baik juga. Suka banget dengan active listening yg gak boleh sambil hape an yaaa... Kalo hapean pasti enak fokusnya terbagi² . Cinta tanpa syarat InsyA Allah masih selalu belajar dari sabar dan keikhlasan.

    BalasHapus
  16. Anakku kayaknya malah kebanyakan mainnya daripada belajarnya wkwk... Setuju banget, ortu harus mendengarkan anaknya. Jangan minta didengerin melulu ya.

    BalasHapus
  17. Yg aku inget banget materi event ini adalah tentang passion :) Alhamdulillah anakku suka lho susu Lactogrow.

    BalasHapus
  18. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer