3 CARA MENGATASI DEMAM PADA ANAK


Siapa sih yang nggak sering panik pas anak demam? Namanya orangtua, walaupun udah tau ilmunya aja kadang lupa ya kalau udah ketemu sama anak yang rewel kalau pas demam gitu. Apalagi kalau tadinya lagi riang banget, trus di musim pancaroba yang habis panas lalu tiba-tiba hujan deras gini pasti langsung worry kalau anak kenapa-napa dikit aja.

Sebenernya kenapa sih tubuh bisa demam itu?
Nah kalau aku baca-baca nih moms, ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab tubuh kita demam. Seringnya, demam terjadi karena tubuh kita (lebih tepatnya sistem imun tubuh kita) sedang bereaksi melawan infeksi virus, bakteri, jamur atau parasit penyebab penyakit. Jadi sebenernya kalau secara logika, demam ini kayak wajar gitu karena imun kita yang lagi berjuang. Tapi selain karena kondisi di atas, ternyata ada juga penyebab demam lainnya, seperti paparan cuaca dan suhu panas yang berlebihan atau kebetulan anak kita baru aja dapet imunisasi yang memang akan menyebabkan demam. 



Mau apapun penyebabnya, menurut aku, kita nggak boleh cuek nih sama demam, terutama pada anak. Kayak beberapa waktu lalu pas si kakak mendadak demam. Perasaan tadi siang masih aman aja dia main dengan riang. Eh menjelang sore mendadak lemes trus suhu tubuhnya naik. Sempet panik banget tapi trus aku keinget sama tips yang pernah dishare sama temen aku yang kebetulan dokter, tentang cara mengatasi demam pada anak, atau at least, hal-hal yang bisa dilakuin pertama di saat anak demam.

Ada 3 hal yang bisa kita lakukan segera saat anak mendadak demam:

1. Cek dan Monitor Suhu Tubuhnya
Pas demam kita sering auto cek suhu tubuh anak, tapi kemudian suka lupa ngecek ulang setiap beberapa lama. Biasanya aku ngecek suhu tubuh anak saat demam tuh setiap setengah atau sejam sekali buat memantau kondisi tren demamnya. Terutama di saat awal demam ya. Apakah meningkat, trus meningkatnya berapa banyak dan seberapa cepat. Jadi kita tahu kapan harus khawatir.




2. Cukupi Asupan Cairan
Badan kalau lagi demam biasanya nggak enak semua kan. Moms bisa berikan air minum sedikit demi sedikit ke si kecil namun sering, agar anak tidak dehidrasi ya. Usahakan air biasa aja (bukan air dingin) agar tidak terlalu berbeda dengan suhu tubuh si anak sendiri.




3. Pakai Hansaplast Cooling Fever
Tau nggak kalau Hansaplast punya produk plester pereda demam atau Hansaplast Cooling Fever yang bergambar lucu banget? Yes, ada 2 versi nih, ada versi Frozen buat si cantik yang lagi demam, atau versi Avengers buat jagoan moms yang lagi sakit. 


Diantara plester pereda demam, kenapa aku pilih Hansaplast Cooling Fever sih? 

1. Smells Good!
Hansaplast Cooling Fever ini berupa gel tipis yang beraroma peppermint dan wintergreen. Kedua wangi ini punya efek menenangkan hingga 8 jam. Nggak bau sesuatu yang pekat dan bikin pusing gitu. Jadi #GakPakeDrama pas makeinnya ke anak-anak.

2. Gambarnya kesukaan semua!
Apalagi gambarnya kan 2 karakter besar favorit anak-anak banget ya, jadi anak juga pas make pun agak terhibur dan #GakPakeDrama. Pas mau pakein aja mereka langsung mau karena ngerasanya lucu. Trus ngebangun mood mereka juga biar lebih hepi meski badannya lagi demam.




3. Gel ini Tipis!
I dunno about you, tapi menurut aku plester pereda demam Hansaplast Cooling Fever ini cukup tipis dan nggak berat di dahi anak. Jadi mereka pun nggak ngerasa terganggu pas bobo dan ditempelin Hansaplast Cooling Fever. 


Makanya di rumah selalu nyetok Hansaplast Cooling Fever as one of our P3K. Nggak ada yang pengen anaknya sakit sih, tapi better sedia payung sebelum hujan kan?

Last but not least, meski aku memang lebih prefer menyembuhkan demam tanpa obat dan mending pake Hansaplast Cooling Fever dulu buat meredakan demamnya anak-anak, tapi aku juga punya special alarm buat jadi red flag aku pas anak-anak demam. 


Kapan kita harus memberi obat penurun panas? 

Berdasarkan pengalaman dan nanya ke DSA langganan plus teman yang berprofesi sebagai dokter juga, baiknya pas suhu tubuh anak udah di atas 38,5, kita bisa beri obat penurun panas yang memang direkomendasikan DSA kita ya, mom. Apalagi kalau anak udah ada riwayat pernah kejang nih. Disarankan buat segera diberi obat penurun panas secara teratur sambil terus pantau suhunya. Jangan lupa save number wa DSA untuk konsultasi di saat emergency ya, mom. Semoga anak kita sehat teruuuus....
















Komentar

Postingan Populer