TIPS MUDIK BERSAMA ANAK & BAYI



Tahun ini akhirnya ngerasain lagi nih mudik. Dan yang lebih spesial lagi, karena road trip bawa mobil sendiri bawa dua anak (5th dan 1th). Rempong nggak moms? Pasti haha. Tapi dibikin seru aja.

Alhamdulillah 3 hari yang lalu kami berangkat dari Depok. Sempet nemenin abinya ngajar dulu di Bekasi sampai malam, lalu lanjut jalan ke Cirebon buat silaturahmi singkat sama keluarga suami dan berangkat menuju Surabaya di Kamis pagi. Sampai Surabayanya kapan? Jumat pagi! Haha.. Lumayan ya. Tapi anak-anak gimana?

Alhamdulillah anak-anak kondusif dan kooperatif sekali di perjalanan. Kebetulan aku juga udah siapin beberapa hal buat di jalan. Apa aja sih yang perlu disiapkan buat perjalanan mudik lewat darat bersama anak?

1. Baju ganti harian
Baju lain pastinya udah masuk koper atau kalau aku milih pake box biar gampang dicarinya pas mau pake dan naruh di rumah mertua atau orangtua nanti nggak ngehabisin tempat karena bisa ditumpuk. Tapi di tas kecil siapkan juga nih minimal 3 pasang baju ganti buat anak-anak selama perjalanan, terlebih lagi kalau mau menginap. Make sure bajunya yang gampang makenya, gampang buat dipake pipis ke toilet dan juga nyaman buat di jalan ya.

2. Obat-obatan
Ini bisa satu box kecil sendiri yah hehe. Mulai dari suplemen, obat panas demam, pilek dan batuk, sampai obat untuk orangtua, plester luka, plester pereda panas dan krim untuk pegal-pegal juga ada. Jangan lupa taruh minyak telon di tempat yang mudah dijangkau biar bisa sering-sering oles ke anak selama di perjalanan untuk mencegah perut kembung dan masuk angin.
Nah buat tambahannya, aku beri anak-anak Interlac yang merupakan suplemen makanan berisi bakteri baik buat melancarkan sistem cerna mereka dan daya tahan tubuh.




3. Makanan dan cemilan
Bekal ini krusial. Pas berangkat, aku udah siapin nasi dan lauk untuk anak-anak (meski kakak ikut puasa) di kotak makan beserta beberapa sendok yang bisa dipakai di perjalanan. Dan isi ulang bekal saat kita makan juga biar nggak kelimpungan kalau udah jalan lagi nih.


Cemilan dewasa dan buat kakak pasti udah banyak. Nah adik juga butuh cemilan nih. Dan aku percayanya sama cemilan-cemilan ini yang nggak cuma sehat tapi juga enak.



4. Air
Selain sedia air mineral kemasan, aku juga bawa air minum dalam botol minum sendiri karena bisa diisi ulang saat berhenti atau singgah di rumah saudara. Ngirit? bisa jadi hahaha.

5. Mainan
Nah ini juga yang perlu disiapin biar nggak matgay di jalan. Apalagi kalau macet ya. Kasihan anak-anak. Aku siapin begini nih.


Semuanya aku masukkin ke kantung yang pake klip per tema. Biar pas mau main bisa diambil 1 kantung aja, gampang diberesin dan nggak bikin mobil berantakan karena mainan berserakan. Kakak juga bisa dengan mudah milih mainannya karena kemasannya yang transparan.



Perlengkapan lain yang penting disiapin apa aja nih?
- Electronic money buat bayar toll
- Payung 
- Selimut dan bantal
- Charger dan power bank

Detail lainnya ada di checklist berikut ya:







Tips lainnya?
Yang penting sabar di jalan, nggak maksain diri (kalau ngantuk atau capek ya istirahat aja) dan have fun biar perjalanan nggak membosankan.

Have a safe trip semuaaaa...







Komentar

  1. Mainannya rapi banget. Aku bawa majalah, water wow, dan mainan yang simple aja biar ga berantakan tu mobil. Syukurlah anak-anak kooperatif selama perjalanan jauh gini

    BalasHapus
  2. Was lengkap bgt ya persiapan perangkatnya, Aku mulai berpikir untuk mengikuti saran "membungkus mainan di kantong klip transparan" ide bagus. Kalo Aku kan habis lebaran mudik ke pwk tp GA smpe nginep lama sih karena dekat. Jadi Tips di atas berguna buat refrensi. Tks 😊

    BalasHapus
  3. Packing jadi lebih rapi ya..jadi bisa banyak bawa kebutuhan dan perlengkapan lainnya

    BalasHapus
  4. Kebetulan saya jg punya 2 balita ini, yg kakak usia 3th, yg adik usia 3 bln. Bakal jd mudik yg seru juga kayaknya tahun ini ��. Rame anak2.. Yah semoga semua lancar, biar selamat pergi & pulang.

    BalasHapus
  5. Wah mainannya komplit.. Obat2an jg wajib dibawa ya. Takut masuk angin di jalan.

    BalasHapus
  6. Kalau bawa mobil sendiri enak ya Bun. Bisa bawa banyak perlengkapan tapi kalau pakai transportasi umun rempong lebih rempong ya

    BalasHapus
  7. Baru kepikiran aku mainan masukkin kantung bening gini mom, pas banget mau travelling lagi bareng anak nih. Makasi banyak insight baru nya mom. :)

    BalasHapus
  8. Kreatif sekali ibu yg satu ini. Ya ampun aku kudu berguru hehe

    BalasHapus
  9. Aku dari kemarin packing mainan anak gak beres2 mom. Gak kepikiran buat di packing pake storage begini.. Thanks loh info nya buat mudik nanti sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. Eeh sedia interlac yaa. Whuaa emang perlu banget ya soalnya memang ada beberapa anak yang sulit beradaptasi BAB ketika melakukan perjalanan. Anak saya cocok pakai interlac cuma ya gitu harganya.

    BalasHapus
  11. wkwkwk cerita emak-emak mah gitu mesti kudu bawa mainan.. jangankan mbak yang mudik jauh banget aku kemarin ke madiun juga bingung mainan mana yang mau dibawa :D

    BalasHapus
  12. Tipsnya bermanfaat banget nih kalau pakai kendaraan pribadi, bisa lebih leluasa mampir n bawa2 barang ya

    BalasHapus
  13. Wah senangnya bisa mudik. Bawaan lengkap penting banget ya mbak supaya anak2 anteng. Cemilan dan mainan itu sih utamanya :D

    BalasHapus
  14. Kalau mudik sama anak pastinya butuh segala persiapan yang matang ya mbak, apalagi masih baby itu butuh banget persiapan yang maksimal agar nggak rewel sepanjang jalan

    BalasHapus
  15. Enaknya yang sudah mudik...semua teratur ya mba,dari makanan,mainan&obat-obatan...keren

    BalasHapus
  16. Ini ya pasti dalam
    Satu mobil, barang2nya yang dibawa sebagian besar adalah barangnya anak-anak ya mba? Hehehe... aku dulu sempet loh sampe bawa-bawa bak mandi bayi. 😅😅

    BalasHapus
  17. Tipsnya bermanfaat sekali mba. Insyaallah tahun depan baru mudik nih, tahun ini ingin merasakan lebaran di Jakarta yang sepi dulu. Semoga lancar perjalanannya dan selamat sampai tujuan ya mbaa

    BalasHapus
  18. Slamat mudik. Lengkap banget yah yg dibawa. Semoga slamat sampai tujuan. Dulu waktu Fayza 13 bulan. Aku kurang lengkap sehingga sempat gak mau mamam. Jadi settingan nya harus default sesuai standard dirumah. Baik dari food. Play. Fashion and friends.

    BalasHapus
  19. Aku takjub sama mbak bunga. Rapih banget dan kreatif. Aku kadang suka main masuk masukin aja barang yang mau dibawa. Tau tau kalo nyari harus bongkar sana sini. Huhuhu. Pqtut di contek nih tipsnya

    BalasHapus
  20. Tersusun rapih semua planning perjalanan dari persiapan sampai eksekusi, perjalanan pasti aman, nyaman dan terkendali ya mba. Karena kita sudah antisipasi apa yang sekiranya akan terjadi :)

    BalasHapus
  21. Thanks for sharing, sukses terus min..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer