PENGALAMAN SUNAT DI RUMAH DENGAN RUMAH SUNAT DR. MAHDIAN


Sunat di masa pandemi? Kenapa nggak nunggu nanti aja sih?


Hai hai, yang kemarin sempet baca cerita aku tentang fimosis semoga sedikit dapet info yaaa. Hari ini aku lanjut ngobrolin soal sunat di masa pandemi. Temen-temen online lain udah pada nagih juga nih tulisan soal sunat. Karena dari beberapa obrolan pada bilang, ada yang udah pengen sunat tapi masih ragu karena pandemi, ada yang masih belum paham sunat ini gimana, ada yang galau pake dokter mana. Nah, kali ini aku mau kupas semua perihal sunat ini berdasarkan pengalaman aku sunatin adik minggu lalu ya. 

Ih lama banget sih nunggu seminggu lebih baru ngeshare buk? Hahaha, monmap. Banyak sekali drama setelah sunat itu. Kadang mau nulis tapi emak masih menata kesabaran dan kewarasan dulu. Dan lagi, aku pengen nulis lengkap termasuk soal pascanya sunat gitu. Jadi biar tau dulu, ngalamin dulu seperti apa, baru aku share biar komplit hehe.

OYA, adik sekarang umurnya 3,5 tahun. Kalau ada yang nanya kenapa udah sunat di umur segini dan di masa pandemi sekarang ini, jawabannya bisa dibaca di SINI ya. 

Oke lanjut. Pas aku share tentang adik sunat waktu itu, pertanyaan yang paling banyak masuk adalah:

PAKAI METODE APA?

Kami memilih metode klamp, klem, atau tabung. Setelah mencari-cari, akhirnya suami nemu rumah sunat dr. mahdian ini yang kami lihat nampaknya cukup kompeten, lengkap dan punya layanan at home service untuk sunatnya. Sebenernya belum banyak artikel blog yang ngebahas detail sunat klem ini, jadi kami agak ragu awalnya. Tapi setelah ngeliat komen beberapa ibu yang udah nyunatin anaknya di rumah sunat, akhirnya bismillah kami pun ambil jasa mereka buat sunat adik. 

Ini nggak berbayar ya. Aku pure mau share aja pengalamanku, karena menurutku, info detail soal sunat anak itu penting banget buat dibagikan karena pasti kita tuh punya banyak pertanyaan sebelum mutusin buat sunatin anak. 


SUNAT DI MANA?

Seperti yang aku share di atas, kami pakai jasa rumah sunat dr. mahdian dan sunatnya di rumah aja. Prosesnya begini ya, 

1. Kami telpon untuk janjian konsultasi

2. Suami datang ke lokasi rumah sunat dan ngobrol dengan asisten dokternya untuk tanya seputar prosesnya, harga dan kondisi adik yang fimosis. Apa itu fimosis dan lain-lain bisa dibaca di sini ya. 

3. Pembayaran bisa dilakukan di rumah setelah selesai proses sunat.

4. Kami request hari dan tanggal. Jam menyusul, menyesuaikan availibility dokter yang menanganinya (iya, sunatnya dengan dokter langsung kok).

5. Nah, 1 hari sebelum hari H, kami dihubungi pihak admin rumah sunat buat konfirmasi jamnya. 

Oya, rumah sunat dr. mahdian ini banyak cabangnya ya. Setau aku dia udah franchise, tapi semua alat bahan kebutuhan tetep disupply langsung dari pusatnya. Aku pakai rumah sunat dr. mahdian yang ada di Pamulang, Tangerang Selatan karena lebih deket dari rumah. 


BERAPA BIAYA SUNAT DI RUMAH?

Biaya yang dikenakan dari rumah sunat dr. mahdian per November 2020 ini adalah Rp. 2.500.000 untuk paket lengkap sunat di lokasi rumah sunat. Sedangkan untuk sunat di rumah harganya Rp. 3.200.000 dan ini tanpa foto. 

Dapat apa aja nih dengan harga segitu? Ini paket komplit ya, selain proses sunatnya sendiri (termasuk si klamp dr. mahdian, klem atau tabungnya sendiri), biaya ini sudah termasuk paket obat-obatan, 2 celana batok/ celana sunat, 1 celana plastik untuk pascanya nanti, 1x visit pasca sunat dan cencunya sertifikat. Plus APD untuk 2 orang nakes yang menangani adik. Oya, adik juga dapet boneka bola, dan dia hepi banget nerimanya hahaha. 


Medicine Box-nya juga lengkap. Ada ada apa nih di dalemnya?
- parasetamol
- obat minum untuk bengkak
- obat tetes
- Nacl dan suntikan semprotnya
- kasa
- betadine
- masker
- cotton bud
- obat pereda nyeri yang lewat dubur


GIMANA PROSES SUNATNYA?

Pas di jam yang dijanjikan, dr. Siqbal (yang nanganin adik dari rumah sunat dr. mahdian) dateng dengan 1 perawat plus 1 asisten (mungkin bagian admin). 

1. Administrasi. Setelah ngobrol bentar, mba admin nyerahin dokumen untuk diisi (berisi riwayat kesehatan) dan data diri kami.

2. Adik udah excited banget nih dan dia masih kondisi hepi, tiduran di kasur, siap disunat. Hepi? Iya, hepi karena dia belum paham bener sunat itu apa actually hahaha. 


Selama disunat, kami memang kasih nonton youtube biar agak teralihkan sih, walaupun ternyata adik juga ga konsen nontonnya jadi tetep aja dikit2 nengok si dokter ngapain sambil meluk abinya


3. Dokter dan perawat pake APD, lalu mengecek kondisi fimosis adik, mengukur dan menandai area sirkumsisinya. Sampe sini dia masih sante nih.

4. Waktunya bius dulu nih. Yang dipakai adalah bius lokal berbentuk kayak tembakan gitu ke 3 titik di area tersebut. Ini yang bikin adik kaget (karena suaranya agak kenceng, tapi sebenernya less hurt than bius suntik). 

5. Setelah bius bekerja lalu mulai deh disunat, lalu dipasang tabung klamp dr. Mahdian kayak gini nih. Prosesnya cepet banget nggak ada 15 menit buat total dari prep, ngukur - gambar, bius dan sunat lalu pembersihannya. 

6. Setelah pembersihan, adik sekalian diberi obat pereda nyeri yang dari dubur itu untuk lanjutan setelah biusnya habis nanti. Udah deh selesai. Pake celana batok dan taraaaa, adik udah sunat!

Setelah sunat. Liat deh matanya bengkak habis nangis hahaha


APA KEUNGGULAN PAKE METODE KLEM INI?

I am not an expert, tapi kan aku punya 2 adik cowok ya, dan jarak kami lumayan jauh umurnya. Jadi aku inget pas mereka sunat dulu. Seingetku dulu sampe berdarah-darah dan lumayan takes time.

Ini nih yang namanya klamp dr. Mahdian


Metode klem atau metode klamp dr. Mahdian ini prosesnya cepet juga kurasa. Nggak ada 10 menit buat sunat dan pasang klemnya. Less bleeding! Ini penting banget sih, jadi adik nggak trauma parah gitu. Sempet nangis pas pasang klem-nya. Tapi bentar doang habis itu udahan. 

Alhamdulillah. Dan sebenernya dia bisa langsung gerak, jalan dan pipis kayak biasa right away habis sunat (cuma adik masih takut gitu jadi dia tiduran aja). 


PASKA SUNAT 

Malam pas habis sunat tuh sebenernya nggak separah itu. Cuma ya namanya habis disunat ya, walaupun udah dikasih obat tetep aja dia ada nyerinya. Jadi semaleman yang kebangun mulu, ngrengik kalau kata orang jawa gitu. Tapi nggak yang rewel parah Alhamdulillah. Walaupun tetep bikin emaknya nggak tidur hahaha. 


PERAWATAN HABIS SUNATNYA GIMANA AJA?

1. Pipis seperti biasa di kamar mandi, bisa disiram air.

2. Semprot larutan NaCl setiap habis pipis ke dalam tabung (2 hari pertama sempet histeris tiap mau disemprot. Tapi berikutnya udah agak mendingan, aw aw dikit aja).

3. Minum obat pereda nyeri dan obat bengkak 3x sehari.

4. Tetesin obat tetes 3x sehari (ini paling dia aw aw dikit gitu).

5. Bersihin dalam tabung klem pake cotton bud (ini sungguh bikin drama karena baru kesentuh ujung tabung klemnya aja adik udah nangis).

6. Oya, selain dapet 2 celana batok/ celana sunat dari paketan sunatnya, kami juga beli 2 celana sunat lagi. Kalau anak sebelumnya masih pake diapers, saran aku sedia celana sunat sekitat 6 pcs ya. Kalau kebanyakan juga sayang sih karena habis itu nggak kepake haha.


LEPAS KLAMP

Di hari kelima setelah sunat, satu jam sebelum jadwal dokternya visit dan lepas klamp, adik diminta berendam air hangat pakai celana plastik yang ada dalam paketnya plus diberi obat pereda nyeri yang dari dubur (sayangnya ini kami gagal masukkinnya huhuhu).

Pas dokter dateng, kami bilang tuh belum kasih obat karena nggak berhasil masukkin dan obatnya ancur (ternyata kena anget dikit si obat ini lumer gitu). Kirain bakal dikasih obat lagi, eh ternyata nggak dong. Jadi moms kalau ikut metode ini, harus berhasil masukkin obat ya! Ini penting.

Akhirnya dokter langsung tindakan nyopot tabung klamp ini. Ya Allah, seumur- umur adik kalau sakit, baru ini dia nangis kejer yang luar biasa kenceng dan histerisnya. Proses nyopot klemnya sih cepet, nggak sampe 5 menit. Tapi selama itu adik nangis kejer kesakitan. Nggak tega!

Setelah drama lepas klem, lanjut pembersihan kan. Ini juga nangis lagi. Sedih banget dengernya, aslik!

Begitu kelar rasanya legaaaaa. Paling nggak udah nggak nangis kejer lagi dia. Dokterpun pulang dengan nambah wejangan perawatan setelah lepas klamp.


PASKA LEPAS KLAMP

Ada beberapa perawatan yang beda antara paska sunat sama paska lepas klamp. 

1. Tidak boleh kena air. 

2. Setelah pipis, ujung penis di tap-tap pake tisu basah non alkohol.

3. Setelah itu di tap-tap betadine pake kasa, tapi karena kami nggak kebayang dramanya lagi, akhirnya ada solusi obat semprot (ini beli terpisah, 1 botol spray gitu 30rb). Extra cost sih karena kalau betadine kan udah dipaketin ya, ini kudu beli. Tapi demi kewarasan bersama, kami pilih ini. Obat semprot ini dipake 5x sehari.

4. Setelah 5 hari, baru boleh kena air karena ekspektasi setelah 5 hari ini kondisinya udah kering (dan alhamdulillah bener nih after 5 hari udah kering).

5. Dicoba latihan pakai celana dalam biasa untuk pengenalan sensorik baru karena syaraf area ini kan baru kebuka, jadi pasti lebih sensitif. Adik baru mau pake celana dalam biasa setelah 4 hari paska lepas klem, pas waktu ini juga dia udah mulai biasa aja pas dibersihin pake tisu basah (sebelumnya selalu teriak awww). 

6. Day 5 setelah lepas klamp, kondisinya mulai kering sempurna, udah lincah joged-joged, lari, lompat (emaknya masih ngeri dong). Alhamdulillah. 

Ini foto kami habis lepas klem. Akhirnya lega!


Demikianlah drama persunatan ini semoga sudah berakhir. Oya, selama habis sunat ini kami beberapa kali WA customer service nya rumah sunat untuk Konsultasi dengan dokter siqbal seputar kondisi adik. Semua pertanyaan kami selalu dijawab. Jadi kemudahan ini juga menurut kami sebuah nilai plus. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang yang rasanya takut mau periksa, datang ke tempat umum dan lain-lain. Menurutku recommended sih buat ambil jasa sunat di rumah seperti ini. Apalagi kita tahu, tenaga medisnya full pake masker plus APD pas tindakan. Jujur awalnya aku juga takut masukkin orang ke rumah, tapi karena mereka juga jelasin pake APD, aku sama suami jadi lebih tenang. 

Semoga moms yang lagi mempertimbangkan untuk sunatin anaknya di masa pandemi ini atau nanti saat pandemi selesai dan butuh info soal sunat metode klem ini juga bisa sedikit tercerahkan. Maaf yah jadi panjang banget. Tapi menurut pengalamanku kemarin, aku tuh nggak kebayang bakalan banyak printilan after sunatnya kayak gini. Jadi aku pengen share, biar moms dan dads kebayang dengan jelas prosesnya. Biar bisa nyiapin diri, kondisi emosi dan juga fisik moms and dada, apalagi kalau yang sunat anak umur nanggung gini hehehe. 

Doakan adik full recovery nya cepet, dan jadi anak sholeh yang taat dan peduli sama sekitar ya, tante dan om semua!
















Komentar

  1. Spray pengganti betadin nya merk apa kak? Kebetulan ini lagi proses penyembuhan juga dari dr mahdian. Tq in advance

    BalasHapus
  2. Halo, boleh tau obat spray yg digunakan pasca lepas clamp apa ya ? Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer