AND THE (FIRST) BABY IS (FINALLY) BORN...

alhamdulillah i've got no problems during my pregnancy. it even feels so easy. but when it comes to the birth, there were some stories.

jadi, sebenernya kemarin udah sampe 40 minggu, pas akhirnya dokter kandungan saya ngasih saran buat mulai masuk ke rumah sakit karena udah pembukaan dua. trus long story short, dikasihlah obat buat menginduksi biar #kakak lebih cepet proses kelahirannya. and you know what, sampe udah dikasih induksi berkali-kali, mulai yg dimasukin trus ganti lewat infus, #kakak ini masih anteng juga ngendon di perut emaknya. enak kali ya. mungkin mikir, kapan lagi bisa begini. kan kalo udah keluar ga bisa masuk perut lagi (yaiyalah).

eniwei, setelah dua hari jadi pengangguran di rs, jumat pagi (28/12/12) pas subuh tiba-tiba pengen pipis. trus pipisnya ga bisa ditahan. trus ada bunyi "cethok" kenceng banget. trus saya pun panik dan teriak bangunin hubby yang lagi nyenyak di sofa. trus hubby ikutan panik ngeliat saya turun tempat tidur rs buat ke kamar mandi. disinilah drama dimulai. hubby keukeuh nyuruh saya stay di kasur, sayanya malah setengah lari ke kamar mandi karena takut bikin banjir lantai -_- trus saya dimarahin deh sama suami.

akhirnya, setelah manggil suster jaga dan dikasih tau itu air ketuban trus dikasih semacam perlak, plus omelan kebingungan hubby, sayapun kembali ke kasur, hahaha. setelah konsultasi sama dokter kandungan saya, akhirnya diputuskan kalo sampe jam 9 pagi masih belum nambah juga pembukaannya, maka mau tak mau saya musti di operasi sesar.

jujur, agak ga siap sih secara mental dan finansial, hahaha. apalagi kan kemarin udah rajin ikut senam hamil dan latian ngeden berkali-kali, sayang kalo ga dipake :p

tapi demi #kakak, akhirnya sesar juga karena sampe dokternya dateng jam 9an itu masih juga pembukaan 2 -_-

trus trus kan akhirnya masuk ruang operasi ya, sendirian, ga nyiapin mental, cuma pake baju operasi, tiduran di bawah hembusan ac, ngeliat sinar lampu operasi yang bikin tegang, ditambah suara pisau dan gunting buat operasi yang disiapin susternya berbenturan. horor juga ternyata. deg-degannya sungguh ga nyante. tangan udah gemeteran parah. kemarin kebayangnya kalo mau ngeden itu bisa liat muka hubby kan ya, atau kalo mau ngeden gitu bisa nyakar-nyakar hubby atau gimana. nah ini, ga boleh ditemenin keluarga, kedinginan, ketakutan weleh semuanya nyampur. cuma bisa komat-kamit baca doa dan berusaha mikir bentar doang kan ya.

dan ternyata beneran bentar doang. dari disuntik anestesi sama dokter ahli yang ganteng (ups), trus dokter kandungan saya mulai nyobek perut sampe denger tangisan pertama #kakak dan #kakak diangkat buat diliatin ke saya, itu rasanya cuma 10 menitan kali ya.

bius setengah. saya masih sempet ngerasain perut ketarik-tarik, agak ngilu dikit, walaupun dokter bilang itu biasa, tapi, ehem, tetep serem bo, secara saya tau dibawah sana perut saya lagi dikoyak. seringnya nonton csi dan grey's anatomy bikin suasana hati saya makin carut marut karena langsung memvisualisasikan sendiri kondisi perut -_-

tapi ya, subhanallah, sakitnya langsung ilang pas denger suara tangisan #kakak perlahan trus makin jelas pas dia diangkat dari perut trus diliatin ke saya. dokter langsung bilang, selamat ya bu, perempuan, sehat. saya cuma bisa nangis dan nanya, lengkap normal kan dok? alhamdulillah kata dokternya.

sungguh perut dikoyak tadi nggak berasa apa-apa! jadi gini ya rasanya? setelah sembilan bulan (or in my case, it's almost 10 months) perut ditendang-tendang dari dalem, sekarang bisa dengerin teriakannya, huhuhu, bayikuuuuuuuuuh *gigitkakak* *ehgaktega* *gigithubby*

setelah kelar dijahit, saya didorong keluar beserta tempat tidurnya (yakale orangnya doang). trus dibiarin gitu aja di ruang recovery karena mau ada pasien sesar berikutnya. baru sebentar ditinggal suster, tiba-tiba perut saya berasa sakit, langsung teriak ke dokter anestesi ganteng yang lagi nyiapin entah itu apa ga jauh dari saya. langsung deh disuntik lagi biusnya. doi heran kok mustinya saya masih mabok, bukan udah berasa lagi -_- ya mana saya tau dok

pas udah ditinggalin dokter ganteng, pandangan saya ga lepas dari bayi cantik yang baru keluar dari perut saya. dia dibawa masuk sama dokter anak yang ikut bantuin operasi tadi. kayaknya #kakak habis ditunjukin ke ibu bapak saya plus hubby yang nunggu di luar, sekalian di adzan-in. sekalian tadi saya minta poto mukanya #kakak dan inget-inget, biar ga jadi sinetron putri yang tertukar secara barengan itu ada 4 kelahiran lainnya.

trus #kakak dibawa ke saya, dibantu sama dokter anaknya buat IMD (inisiasi menyusu dini). jadi #kakak ditelungkupin ke dada saya, trus dia sambil nangis megap-megap nyari puting buat minumnya. subhanallah, kalo inget-inget ini rasanya masih pengen nangis. she's so little, so soft. she's my baby *elapmatapaketisu* *malusamatemenkantor* 

sayang hubby ga liat dan ga bisa motretin karena anggota keluarga belum boleh masuk selama di dalem masih ada operasi lain. setelah beberapa lama IMD, #kakak diambil lagi sama bu dokter, trus dimasukin ke inkubator kali ya (maap gatau, ga sempet mikir, masih trenyuh dan belum ilang deg-degan operasinya). sesaat kemudian ibu yang operasi setelah saya pun berpindah ke sebelah saya. orangnya sungguh kayak mabok, seperti yang dideskripsikan dokter anestesi ganteng tadi tentang bius -_- trus saya malah celingak celinguk, manggil suster nanya bisa dijenguk keluarga ga, minta air putih, teh panas atau apapun karena haus.

ga lama kemudian, hubby sama ibu saya udah boleh masuk. and i still remember how my hubby gave me that proud stare. huhuhu, pengen nangis lagi. jujur, walaupun ga ngelahirin normal pake ngeden, saya tetep bangga kok. alhamdulillah semua sehat, selamat. #kakak yang cantik ini lahir 28 desember 2012 jam 9.30, beratnya 3,25kg dan panjangnya 49cm. namanya AISYAH NADA SYAKIRAH. semoga dia jadi perempuan rendah hati yang pintar seperti Aisyah dan dermawan. amin.

ps: sorenya baru tau kalo ternyata ga lahir-lahirnya #kakak itu karena tali pusarnya pendek, jadi pas udah mau keluar, doi ketarik lagi. apapun jalannya, this is still my biggest miracle in life.


huwaaa panjang *nguap*

Komentar

  1. Mana sini rumah sakitnya biar saya kirim surat protes...kenapa suami nggak boleh nemenin? disini suami boleh nemenin.... gila aja sendirian gitu...hehehehehe

    Gila tegang lho baca prosesnya...ikut cenut2 perutnya ... ternyata karena lapar...so baca kelanjutan ceritanya sambil ngunyah spring rolls...abis tuh sepiring...hahahahaha



    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer