MENATA BUDGET UNTUK MUDIK LEBARAN



Banyak orang bilang kalau lebaran itu waktunya ngehabisin uang yang dikumpulin selama setahun ini. Sebenernya nggak harus begitu yak. Tapi kalau dipikir-pikir, buat keluarga perantau yang mudiknya jauh bener dan anggota keluarganya banyak, nggak bisa dipungkiri kalau mudik tuh bakal ngehabisin duit juga hahaha.

Contohnya ya aku sendiri nih. Untuk mudik ke rumah mertua dan orangtua di Surabaya dan Mojokerto, nggak mungkin cuma nyiapin uang sejuta dua juta. Apalagi kalau harus naik pesawat, meski adik belum dihitung nih ya tiketnya, tapi buat bertiga aja udah 6 juta sendiri tiket lebarannya. Mayan puyeng kan? Hehe.

Jadi gimana nih nyiapin budgetnya?

Kalau aku sih gini:

1. BUAT RINCIAN KEBUTUHAN SELAMA DI TEMPAT MUDIK SECARA KASAR
Ini bisa diambil dari kebutuhan mudik tahun lalu ya. Kalau udah ada draft kasarnya nih kayak:
- kasih ke ortu
- angpao lebaran ke ponakan-ponakan
- jajan selama di tempat mudik
- beli oleh-oleh
Habis itu totalnya dikalikan 2 untuk perkiraan kebutuhan tahun berikutnya. Itulah draft kasar kebutuhan kita selama mudik.

2. BUKA TABUNGAN KHUSUS UNTUK LEBARAN
Setiap menjelang puasa, atau awal puasa gini aku ambil TRM (Tabungan Rencana Mandiri), ini bukan iklan yes, kebetulan aja punyanya Mandiri. Setauku banyak bank lain yang juga udah punya sistem seperti tabungan rencana yang saldonya autodebet dari tabungan utama kita, jadi nggak perlu bingung nih nanti pegangan selama mudik dapet dari mana. Besarnya berapa?
Sebenernya tergantung nih kebutuhan mudik moms tiap tahunnya berapa. Kalau aku, tabungan ini beneran cuma buat pegangan selama di kota mudik ya, bukan buat beli tiket. Jadi jika memang memungkinkan, buat 2 TRM dengan khususon sendiri-sendiri yang jatuh tempo bulannya berbeda.
1 TRM jatuh temponya 2 bulan menjelang lebaran untuk beli tiket
1 TRM lagi jatuh temponya pas minggu ketiga puasa untuk "sangu" lebaran di tempat mudik

3. BELI TIKET PESAWAT JAUH-JAUH HARI
Bisa ngepasin ada promo tiket dari maskapai atau e commerce dan travel agent. Bisa juga nyesuaiin sama jatuh temponya TRM tadi yang khusus buat tiket nih. Jadi harga masih bersahabat dan nggak ketutup sama kebutuhan puasa dan lebaran.

4. BAGI BUDGET LEBARAN SESUAI POS
Seperti di draft nomer satu, karena kita udah berkaca sama kebutuhan tahun lalu, bisa nih kita langsung pos-posin budget yang baru cair dari TRM untuk kebutuhan kita selama di tempat mudik nanti. Trus ambil sekitar 10% dari budget per pos dan kumpulkan untuk "pegangan darurat" kita selama di tempat mudik.

Trus uang gaji buat apa? Jangan diutak utik deh kalau saran aku. Karena balik dari mudik tuh pasti banyak kebutuhan baru yang nggak kebayang. Jadi, uang gaji biarkan aja di tempatnya biar pas pulang dari mudik, kitanya nggak stres karena nggak punya uang ya hahaha.

THR sendiri buat apa? Kalau aku, THR itu budget rekreasional. Jangan mengandalkan THR untuk mudik ataupun beli tiket ya. Karena dengan situasi keuangan yang seperti sekarang, something might be happen pada THR kita. Jadi mending, kalau emang dapet THR, bisa dipake buat beli baju lebaran sekeluarga dan oleh-oleh untuk dibawa mudik nanti.

Selamat merencanakan budget mudik tahun depan dan selamat mudik lebaran ini!

pic: stocksnap.io


Komentar

  1. Mba Bunga, bagus banget tipsnya. Beli tiket jauh-jauh hari memang bisa meringankan pengeluaran saat lebaran. Tips bikin tabungan rencana, kayaknya aku mau coba juga deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mba. tabungan rencana juga bisa untuk kebutuhan lain seperti sekolah anak atau renovasi rumah karena jangka waktunya bisa kita atur sendiri mau berapa lama

      Hapus
  2. Kalau budget sudah jelas, kita bisa nafas lega ya mba. Ga khawatir kekurangan uang atau sampai ngutang karena ingin berlebaran.
    Yuk ah mulai hitung anggaran untuk Lebaran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuuul. jadi nggak stres sendiri pas mau mudik kan ya haha. daripada nahan-nahan trus pas di tempat mudik kelabakan kan mending disiapin jauh-jauh hari. mudiknya jadi nyaman deh

      Hapus
  3. Ah, asiknya yang mau mudik. Krn sy g ad rencana mudik tahun ini akhirnya tahun ini ga ada tabungan khusus deh. Tp tahun2 sebelumnya tipsnya sama nih. Terutama tabungan, ga ngutak ngatik gajih n beli tiket pesawat jauh hari. :)

    BalasHapus
  4. tipsnya bermanfaat
    kalau saya beli kebutuhan lebaran awal awal
    misal baju anak 3 bulan sebelum lebaran
    bahkan saya suka berburu sale..khususnya toko yg mau upgrade barang baru
    klu mudik saya 2 tahun sekali
    tiket juga dibeli lebih awal meski dag dig dug apa dapat cuti hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya bener. deg-degannya kalau beli tiket jauh hari itu gitu ya, bisa pas sama cutinya atau nggak hehehe. lumayan juga ya mba kalau 2 tahun sekali. bisa agak ngirit hehe

      Hapus
  5. Emang sih ya, yang namanya lebaran itu identik sama pengeluaran duit yg membengkak. Jd harus disiapkan jauh2 hari. Apalagi buat yg berada di perantauan & butuh mudik tiap tahunnya. Kudu punya rencana keuangan yg matang.

    BalasHapus
  6. Penting banget niiiiiiiiih, soalnya mudik pasti butuh dana yang enggak sedikit. Kudu pandai2 ngatur budget. Soal beli tiket hmmm kadang untung2an sih, soalnya dulu pernah mudik dadakan H minus brp gtu eh malah dapat tiket murah, mungkin cancelan hehe. Btw tengkyu tipsnyaaaa :)

    BalasHapus
  7. Makasih mba tipsnya, aku biasa kurang perhatian sama dana mudik jadi serba dadakan dan iya sih kadang malah jadi kurang dananya karena gak terencana :D tahun depan bikin tabungan khusus deh buat mudik, beli celengan baru hehehe

    BalasHapus
  8. Wah seru juga ya kalau mudik, selain bisa bertemu keluarga terus kita selalu semangat nih buat ngitungin budget selama mudik. Yang pasti menurutku kalau lebaran itu membuat pengeluaran rumah tangga bertambah tapi malah happy karena bisa berbagi dengan sanak saudara. Seru pokoknya kalau sudah budgeting ya mbak.

    BalasHapus
  9. selamat mudik mbakkkk...seru yaaa... aku mah tiap tahun nggak pernah mudik.. keluarga besar suami orang surabaya asli juga soalnya hehehhe

    BalasHapus
  10. duh iya nih kalau mau pebaran dan mudik pengeluaran emang mendadak jadi membengkak yaaa.. harus pinter pinter ngatur supaya ngga kebablasan.. eheheee.. makasi tipsnya yaaaa

    BalasHapus
  11. Wah, 6 juta bnyak banget ya mbak. Saya aja ikut puyeng ngebaca nya. Kalau buat mudik memang harus menyiapkan budget jauh-jauh hari sebelum berangkat mbak. Kan keponakan juga mau dikasih THR

    BalasHapus
  12. Ini tips yang oke punya. Beli tiket lebaran emang jadi momok banget dan harganya fanstastis. Padahal memang harus dipersiapkan dari jauuh jauh hari.

    BalasHapus
  13. Tips sederhana yang sangat mengena nih Mbak, kadang kita cuek aja, duit abis ngalir gitu aja hahaha,,

    BalasHapus
  14. Suami ku asli Makassar dulu waktu masih ada nenek dan kakek kami hampir tiap tahun ke Makassar. Sekarang. Anak sudah mulai sekolah. Dan nenek kakek sudah meninggal. Sudah tidak semangat pulang kampung. Betul sekali Mbak. Sebelum mudik kami sekeluarga selalu mensetup budget mudik. Bahkan 1 tahun sebelum nya. Tidak harus di Hari Raya Idul Fitri. Selama ada Uang. Ada Kesempatan Lets go! Thanks for sharing. Jangan lupa menabung untuk masa depan.

    BalasHapus
  15. Udah lama gak mudik dan belum siap mudik karena kepikiran sama biaya yang keluar buat ongkos dan biaya selama disana. Belum lagi kalau punya banyak ponakan, gak cukup sedikit nyiapin angpaonya. Huhu. Jadi daripada pulang langsung nangis darah jadi pass ajalah. Haha

    BalasHapus
  16. Tipsnya oke banget Mbak, terutama buat saya yg impulsif. Apa pun memang akan lebih baik dan berjalan lancar kalau direncanakan dengan baik. Betul..? 😊

    BalasHapus
  17. Banget banget banget wajib dikelola, karena kalau ga, entah kenapa jadi permisif bangrt ngeluarin duit, ga ada tedeng aling alingnya subhanallah, terima kasih ya Mba Bunga tips tipsnya, so worthrd to be applied 🤗

    BalasHapus
  18. Aku setuju banget mbak klo dana mudik sebaiknya disiapkan jauh hari tanpa mikirin dana THR dulu, jadi gak perlu harap-harap cemas 😂

    BalasHapus
  19. Tapi banyak orang yang jor-joran menyambut lebaran ya..malah ada yang sampai kredit barang supaya terlihat wah..jadi miris deh liatnya.

    BalasHapus
  20. Asiiik ada tipsnyaa
    Sejauh ini nomer 1 & 3 yang sudah aku kerjain. Memang jadi lebih manusiawi sih harganya hahaha

    BalasHapus
  21. Nah iya, budget mudik memang harus direncanakannya. Aku n suami ga pernah mudik sih, secara orang tua & alm mertua ada di kota yang sama.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer