MENU SAHUR PRAKTIS DAN MUDAH YANG BISA DIBEKUKAN SEBELUMNYA (FREEZER MEALS)



Puasa sebentar lagi. Selain nyiapin kesiapan hati, moms pasti juga udah mulai muter otak nih buat nyiapin kebutuhan Ramadhan. Memang sih nggak perlu berlebihan, tapi tetep aja kan pola baru yang spesial selama Ramadhan juga butuh disiapkan. Seperti untuk sahur misalnya. No need to be glamorous or fancy or expensive. Tapi buat moms yang punya banyak kegiatan di rumah dan di luar rumah, menyiapkan sahur itu butuh tenaga ekstra ya. Makanya wajib nih dipersiapkan biar moms nggak keteteran.

Nah ini salah satu cara yang aku sendiri jalanin biar pas siang di bulan Ramadhan, akunya nggak jadi teler banget karena nggak sempet istirahat dengan baik hehe. Bikin food prep! Food preparation atau food prep kayaknya udah happening di sosmed ya. Tapi mostly nyiapin bahan mentah biar masaknya cepet dan nggak rusak selama disimpan. Kalau aku, food prep itu lebih ke arah bikin makanan (mostly lauk) matang yang bisa disimpan di freezer lalu tinggal dipanaskan atau diolah sebentar untuk memotong waktu menyiapkan makanan. TERUTAMA BANGET PAS SAHUR, hahaha.

KENAPA BIKIN FOOD PREP - FREEZER MEAL?
Karena as a mom yang kebetulan punya dua anak (satunya masih bayi), kerja dari rumah, bisnis juga dan nggak punya ART yang stay buat ngebantuin semua urusan rumah, I do need more practical things to make my life easier haha. Biar nggak stres ye kan moms haha.

BUAT SAHUR EMANG BISA?
Bisa banget! Moms jadi tinggal manasin lauk ini atau tinggal goreng bentar dan siap deh.

KAPAN BIKINNYA?
Kalau aku biasanya pas suami lagi libur. Jadi anak-anak aman kepegang, aku bisa konsen masak berbagai macam masakan buat dibekukan. Moms tinggal sesuaikan sama jadwal moms nih, bisa bikin dalam jumlah yang lebih banyak buat sekalian sahur seminggu, atau untuk 3-4 kali sahur seperti aku.

BISA TAHAN BERAPA LAMA?
Asal beneran beku di freezer, aku pernah nyoba bisa tahan sampe sebulan. Tapi seringnya seminggu top juga udah abis hehe.

SEPERTI APA PILIHAN DAN CONTOHNYA?
Cuss cek beberapa rekomendasi dari aku berikut ini ya moms. Moms tetep bisa kreasikan dengan menu lain kesukaan keluarga moms dan menu yang bisa bikin anak-anak semangat buat sahur nanti.













APA YANG HARUS DIPERHATIKAN UNTUK BIKIN FREEZER MEALS INI?

  1. Jangan bekukan sayuran hijau/ berdaun hijau.
  2. Buat plan dulu saat akan belanja. Menu apa saja yang moms inginkan.
  3. Buat pilihan masakan berbeda meski dengan 1 bahan utama yang sama dalam 1 periode masak. Misal, ada tahu: bisa dibacem, ditumis pedas, dibumbu kuning, dimasak santan, diungkep, dll. Jadi moms tidak menghabiskan dana yang berlebihan untuk ini. 
  4. Setelah memasak, biarkan semua masakan dingin terlebih dahulu di suhu ruang, baru menutupnya dengan rapat dan menyimpannya di freezer.
  5. Untuk menu seperti ungkepan atau baceman yang butuh digoreng lagi, usahakan moms thawing saat akan tidur. Jadi keluarkan dari freezer tepat sebelum moms tidur malam, agar saat bangun sahur bisa langsung digoreng tanpa menunggu lama. 
Keliatannya sepele ya, tapi I know nyiapin menu sahur yang nggak ngebosenin biar yang puasa pada semangat, gizi tercukupi dan tentu saja nggak bikin kita teler juga yang nyiapin itu nggak gampang. Makanya yuk siapin meal plan dari sekarang dan eksekusi sebelum mulai puasa yaaa. Biar moms nggak kecapekan ngurus rumah dan sahur tetap semangat. Happy planning and cooking, moms!

Selamat menyambut bulan Ramadhan ya. Mohon maaf jika aku ada kesalahan dan semoga Ramadhan ini membawa lebih banyak kebaikan untuk kita dan keluarga. Semangat moms!

Komentar

  1. Bun jadi ngiler loh lihat foto makanannya, hihihi tapi itu ayam woku enak juga tuh kesukaan ku mama ku sering masak itu.

    BalasHapus
  2. Wah tipsnya kece bgt, pas bgt buat aku yg sering kesiangan bangun sahur. Praktissss nih

    BalasHapus
  3. Keren banget menunya kompliiitt... Harus berguru dari Mba Bunga nih.

    BalasHapus
  4. Ya ampun simpel banget mba, pas nih buat bojo kalo ditinggal mudik tinggal keluarin dari kulkas dan panasin

    BalasHapus
  5. Ya ampun simpel banget mba, pas nih buat bojo kalo ditinggal mudik tinggal keluarin dari kulkas dan panasin

    BalasHapus
  6. Membantu sekali ya dengan membuat makanan beku sendiri ini,selain higinis juga hemat ya.

    BalasHapus
  7. Ribet gak sih mba bikinnya?
    Aku juga punya bayi, rasanya kalau masak itu gak ada waktu. Si bayi maunya nempel teruusss.. Hiks.
    giliran diajak ke dapur semua diacak-acak. Nambah pula kerjaan emaknya.

    (ya tuhan kenapa saya jadi curhat).. Hahaa

    BalasHapus
  8. Ini serius bund makanan olahan yg udh jadi dibekukan ?? Apa masih enak ketika dikonsumsi?
    Kalo saya sih biasanya frozen food yg bnyk dipasaran utk stok saat sahur

    BalasHapus
  9. Aku seh kurang suka makanan jadi dibekukan. Soalnya rasanya pasti beda banget ketika selesai masak dimakan dan ketika yang dibekukan dipanasin.

    BalasHapus
  10. Ahh jadi pengen sahur di rumah kaka bunga kan. Enak bangett itu menunyaaa.

    BalasHapus
  11. Mamaku nih hobi bikin food frozen begini. So kalau doi mau pergi2, makanan buat selama pergi udah siap, tinggal dipanasin bentar sesaat akan disajikan.

    Tapi aku sendiri agak kurang suka buat seperti itu. Hahaha, suami pun maunya fresh, ya mau ga mau dibela2in masak.

    BalasHapus
  12. Wow ini banyak banget lho. Bisa sebulan full nih. Tapi aku ga ngerti cara masaknya >,<

    BalasHapus
  13. Wah, keren nih bisa dicontek. Soalnya aku suka males masak dikit dikit

    BalasHapus
  14. Aduuuh bahagianya Nemu tulisan ini ... Makasih ya Bunga

    BalasHapus
  15. Aq baru coba yang dibeliin ayam kuning aja. Bisa di coba nih berati buat menu lain nya yg dibekuin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer