MOMS SIBUK DAN NGGAK PUNYA ART? BIKIN FROZEN FOOD STOCKS YUK!


Sibuk emang nggak bisa jadi alasan buat nggak nyiapin menu terbaik untuk keluarga. Bener nggak moms? Paling nggak, itu yang selalu aku rasain. Apalagi salah satu kerjaan aku adalah online cake shop business yang kadang dari sebelum pagi udah ribet masak untuk pesenan. Trus seringnya adalah nggak keburu bikin sarapan yang "bener" buat keluarga. Daripada ujung-ujungnya telor ceplok lagi, akhirnya dari sejak hamil anak kedua dulu aku mutusin buat bikin food stocks buat ngatasin masalah ini. Apalagi aku nggak punya ART dan kerja dari rumah, jadi manajemen waktunya kadang-kadang suka berantakan dan tenaganya nggak keburu buat nyiapin semua.


Apa sih food stocks itu?
Kalau versi aku, food stocks ini makanan yang udah kita olah sebelumnya, bisa setengah jadi atau beneran udah full matang, lalu didiamkan agar nggak panas buat kemudian kita bekukan.


Apa bedanya sama food prep?
Beda banget. Menurut aku food prep itu hanya bagian di mana kita nyiapin bahan. Jadi yang dipersiapkan itu bukan masakan jadi atau setengah jadi, melainkan hanya bahan-bahan yang bakal kita pake masak nanti. Misal nih, yang namanya food prep bisa berarti, ngupasin bawang putih dan dibersihin, motongin daun bayam, petikin ekornya tauge, potongin ayam dan dicuci bersih, dan sebagainya. Dan semua bahan masakan itu disimpan dalam kondisi masih seperti itu alias belum diolah lagi. Tujuannya biar pas mau masak udah enak tinggal cus potong dan sreng sreng. Selain itu biar masa tahan sayur dan bahan lainnya lebih lama disimpannya.


Menu apa aja yang bisa dibikin food stocks?
Basically apa aja. Tapi aku nggak pernah bikin food stocks berupa sayur, kecuali kayak wortel yang masuk ke masakan gitu palingan. Jadi nggak full nyimpen lets say sayur sop, atau sayur kangkung. Untuk sayur aku prefer bikin dadakan memang. Karena menurut aku bikin sayur itu cepet dan nggak nguras waktu. Lebih lama nyiapin lauk, that's why aku bikin food stocks nya banyakan lauk.


Mau dong dikasih pilihan food stocks!
Boleeeeh. Tujuannya emang mau share itu sih hahaha. Berikut aku share beberapa pilihan dan pola mix n match food stocks yang pernah aku bikin ya. Moms juga bisa bikin menu lain yang sering moms sajikan buat keluarga lho.











Tips buat bikin food stocks nya apa?

1. Sediakan satu hari dalam seminggu untuk konsen bikin food stocks. Masak banyak menu means butuh waktu banyak juga kan moms. Nah aku masaknya memang di waktu aku dan suami libur. Jadi bisa konsen tuh bikin banyak menu yang cukup buat beberapa hari ke depan.

2. Pilih menu yang bervariasi dari beberapa bahan yang sama. Ini bisa buat ngirit waktu, tenaga dan budget juga nih. Misal nih ya, belanjanya tempe, tahu, ayam. Mix and match aja dari ketiga lauk itu. Biar lebih mudah belanjanya dan cepet ngolahnya juga.

3. Kalau masakan sudah matang, biarkan dalam kondisi terbuka dulu di meja sampai dingin. Kalau masih panas udah ditutup dan masuk freezer, yang ada nanti freezer bisa rusak kena hawa panas dan masakan mudah basi.

4. Kalau freezer tidak terlalu besar, moms bisa pakai plastik klip untuk menghemat ruang. Meski sebenernya ini kurang ramah lingkungan ya karena mostly sekali pakai dan buang (aku dulu gitu huhuhu). Baiknya sih pakai kotak plastik yang bisa dipakai berulang kali yang penting nggak mudah tumpah dan rapat tertutupnya.

5. Terakhir nih, buat manasinnya, beberapa menu bisa langsung dikukus dengan tempatnya. Bisa juga digoreng, atau ditumis lagi. Jangan lupa untuk mengeluarkannya dulu beberapa saat buat defrost ya moms sebelum dipanasin.


Sudah mulai kebayang kan moms? Nah kalau punya stok begini, biasanya aku cuma butuh sekitar 10 menit buat manasin lauk. Dan ini juga bisa disambi ngerjain lainnya. Gizi anak tetep terjaga tapi moms nggak pake ribet lagi! Selamat menyiapkan FOOD STOCKS moms!

Komentar

  1. Karena saya lebih banyak masakan berupa sayur mayur (segar) jadi udah jaraaaang banget bikin foodstock. Kangen juga sih. Tapi kalau stok bumbu jadi, selalu ada

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer