TIPS MEMILIH MAINAN UNTUK ANAK


It's almost end year! Buat sebagian orang, akhir taun waktunya merayakan, tapi buat sebagian lainnya, akhir tahun berarti waktunya liburan bersama keluarga. Yup mumpung anak-anak sekolah bakal libur, yuk beri mereka hadiah akhir tahun buat kasih apresiasi kerja keras mereka selama setahun ini!

Salah satu pilihan aku buat kasih hadiah ke anak memang mainan. Eits, mainan bukan sembarang mainan ya moms. Mainan yang seringnya kupilih adalah mainan yang nggak cuma bikin anak-anak having fun, tapi juga edukatif. 

"Play is not a luxury. Play is necessity." kalau kata mba Saskhya, Psikolog dan pendiri dari Tiga generasi.

Iya sih kadang-kadang mainan itu harganya nggak murah, tapi kita lihat aja ini sebagai sebuah investasi jangka panjang buat anak kita. Karena banyak banget lho moms yang bisa kita dapetin dari bermain aja.


APA AJA SIH MANFAAT BERMAIN BAGI ANAK?

Dari bermain kita bisa mengajak anak belajar. Mengenali warna, berhitung dan mengenali nama benda hingga hewan. Kita juga bisa mengenalkan angka dan huruf lewat metode bermain ini moms.

Collage Toolbox


Melalui bermain kita bisa membantu anak meregulasi emosi. Saat anak sedih atau jengkel, bisa nih kita sebagai orangtua jadi partner anak buat meregulasi emosinya, dengan memakai mainan sebagai medianya. Ajak anak memainkan mainan yang dia suka, beri bunyi-bunyian yang menarik, yang membuatnya kembali ceria. Bukan mengalihkan ya mom, tapi lebih ke mengurangi emosinya dan menyalurkannya ke happy thought. Nah kalau anak udah mulai bisa diajak ngobrol, sambil main kita bisa tanyakan nih penyebab dia merasa sedih atau jengkel tadi. Jadi anak akan merasa terbantu perlahan.

Selain itu, mainan juga bisa mengembangkan kreativitas, imajinasi dan kemampuannya nih moms. 


Berarti, kita nggak bisa dong ya milih sembarang mainan buat anak kita? Betul banget moms. Kita musti makin selektif lagi nih memilih mainan yang tepat, buat anak kita. Ini juga ada trik khususnya nih moms. 


CARA MEMILIH MAINAN YANG TEPAT UNTUK PERKEMBANGAN ANAK

1
Set your purpose. 
Tentukan nih tujuan moms apa dulu. Jadi kita lihat dulu anak kita ini seperti apa sih tipenya, sukanya apa, kurangnya apa. Nah dari situ kita bisa tuh menarik satu kesimpulan, kira-kira, anak kita butuh mainan buat ngeboost kemampuan motorik halusnya kah, atau butuh yang mengasah imajinasinya kah, atau yang sesuai bakatnya di bidang musik kah. 
2
Re-check your toys at home
Cek lagi jenis mainan yang udah ada di rumah moms. Seperti apa mainan yang udah ada, yang sering dimainin sama anak kita, yang nggak pernah dia sentuh sampe mainan yang gampang bikin dia bosen. Oya, kalau nemu mainan yang sekiranya gampang banget bikin anak kita bosen, jangan keburu dibuang ya moms hehe. Simpen aja dulu, siapa tau nanti saat usianya agak gedean, dia bakal mau lagi maininnya. Karena bisa jadi satu mainan yang kurang diminati di stage usia sekarang, bakalan jadi primadona di stage usia berikutnya. 

3
Read the developmental function of each before purchasing
Penting banget nih. Kadang kita asal milih main karena lucu aja sih ya hahaha. Padahal kesesuaian usia permainan juga penting moms. Kesesuaian usia, kebutuhan dan juga minat sang anak. Jangan sampe kita salah pilih ya. 

4
Don't forget to play together
NAH. Hahahaha. Seringnya ya, mainan itu jadi "tumbal" kasih ke anak pas kita sibuk. Biar anak anteng kasih mainan, kitanya kerja atau ngerjain urusan rumah. Padahal ini salah banget hiks. Aku juga pernah gitu kok moms. Baiknyaaaa, kita main bareng anak. Kenalkan anak dengan mainannya, dengarkan anak yang bercerita tentang bagaimana dia memainkan mainannya dan seperti apa imajinasinya berkembang lewat mainan di tangannya. Let's spend more time playing with them!


Ini semua tips yang aku dapetin pas dateng ke acaranya ELC (Early Learning Centre) beberapa waktu lalu di Jakarta Selatan. Acaranya sendiri bertajuk, "How to Inspire Kids through Play" dan menghadirkan rumah psikolog, Tiga Generasi sebagai partner ELC yang sharing soal tips dan manfaat bermain tadi, moms. 


Oya ngomongin soal mainan, pas banget nih momennya, karena di akhir tahun ini, ELC punya banyak sekali promo dan diskon khusus buat moms yang lagi cari kado mainan edukatif buat anak-anak. Dan promo ini dimulai 15 November kemarin hingga 19 Desember nanti. Ada 50 mainan edukatif yang bisa moms pilih di ELC sesuai kesukaan anak nih moms. Seru banget ya.


Jangan lupa juga ya moms untuk memeriksa produk pilihan moms di ELC, karena setiap kemasan produknya selalu dilengkapi dengan ikon perkembangan anak. Lengkap sekali! 


Satu lagi nih, buat moms dan anak yang lagi main ke toko ELC, jangan lupa ikutan nulis dan ngepost #myELCWishList di Instagram buat berkesempatan menangin 50 mainan superkerennya ELC! Yuk belanja hadiah mainan edukatif di ELC sekarang moms!


Untuk tahu lebih banyak tentang ELC, moms bisa kunjungi:

Komentar

  1. Ini yang saya suka dari ELC, setiap kemasan produknya selalu dilengkapi dengan ikon perkembangan anak. Jadi bisa kita sesuaikan yang pas untuk anak kita sesuai tumbuh kembangnya.
    Keren ELC

    BalasHapus
  2. Kapan lagi punya kesempatan nemenin anak bermain, gak berasa lho ya tau2 anak udah pada besar aja, hehee.
    Jadi mupeng ada promo belanja di ELC, kebetulan anak ultah😍

    BalasHapus
  3. Bermain bersama anak ini yang sulit saya lakukan. Seringnya anak disuruh main sendiri padahal ujungnya saya anteng saja sama ponsel, duh padahal gak banget ya...
    PR banget ini buat saya...

    BalasHapus
  4. Lucu2 banget ya mainannya, mau deh beliin mainan anak saya yang abis ultah.

    Pas juga lagi banyak diskon menarik, kesukaan emak2 banget nih :)

    Rey

    BalasHapus
  5. Seneng banget nih aku kalau udah beliin mainan buat anak. Thanks mbak infonya. Jadi ada tambahan ilmu.

    BalasHapus
  6. Bener mba. Mainan itu ga murah ya tapi kan manfaatnya banyak ya. Biasanya kalau untuk mainan kegiatan stimulasi erysha di rumah, aku suka bikin. Cuma kan kadang kalau lagi capek, beli mainan juga untuk penunjang belajarnya di rumah. Mainan edukasi salah satu investasi aku buat erysha selain buku dll

    BalasHapus
  7. Emang kalau milih mainan untuk anak kita juga harus selektif yaa, selain harus aman untuk anak, juga harus disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak.

    BalasHapus
  8. Saya kalo ke ELC gak bs cuma lihat2 doang. Pasti ada aja yg mau dibeli. Karena bahan mainannya berkualitas,
    aman, dan di kemasannya ada patokan usia anak. :)

    BalasHapus
  9. Ini pas banget nih bisa daku info ke temen ku yang udah pada nikah dan punya anak biar pada menang juga 😘

    BalasHapus
  10. Mainan anak anak beragam. Wah bisa mengembangkan bakat dede. Siapa tahu orgen tunggal kecil, sewaktu besar bisa jadi penyanyi profesional

    BalasHapus
  11. Aku pun begitu. Beli mainan untuk keponakan biar keponakan anteng sama mainan itu. Tapi apa daya keponakan malah ngambek. Keponakan maunya main bersama mainan tersebut.

    BalasHapus
  12. ELC ini produknya bagus2 yaaa. Cocok buat anak2 krn bahan2nya aman dan berkualitas. Playdatenya keren yaaa. Anak2 maen, sementara ortu jd dapat tambahan bgmn cara bikin permainan anak jd momen buat belajar. Tfs.

    BalasHapus
  13. Aku lebih banyak ke buku sekarang. Kalau mainan kadang beli di ELC tapi sering ga kuat karena harganya lumayan.

    BalasHapus
  14. Aku pun paling suka beli mainan ELC tapi itu waktu dia masih bayi dan sampai usia 2 tahun. Setelah itu beranjak ke mainan seusianya karena lebih sering minta mobil-mobilan yang emang di ELC gak ada.

    BalasHapus
  15. ELC! Aku pengen nabung beli keyboard buat anakku hehehe. Eiya, aku nulis juga soal merawat mainan loh, karena kalau dibeli mahal-mahal tapi ga dirawat kan sayang :D

    BalasHapus
  16. Main sama anak ini susah susah gampang tapi emang harus dilakukan. Anak kadang di suruh main tapi saya masih mainan hape. Hahaha... kalau Sadar biasanya buru2 taruh hape dan main sama anak

    BalasHapus
  17. Betul banget, mainan itu penting untuk anak. Jangan pelit2 beliin mainan ya. Nanti ada waktunya mereka ga beli mainan lagi. Tfs Mom.

    BalasHapus
  18. mainan yg ada unsur edukasi dan fun kayak gini bagus untuk menjalin ikatan emosional dengan anak melalui interaksi kita dengannya.. tantangan nih buat saya dan anak yg pas jam santai malah sibuk sendiri dengan gadget masing2 :)

    BalasHapus
  19. Bener banget memilih mainan buat anak sangat bagus apalagi manfaatnya buat mentossori anak ya. Kalau membeli mainan harus berkualitas ya.

    BalasHapus
  20. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer