finally, coffee article on the magz!

dari dulu saya pengen banget ngerjain artikel yang bahas soal kopi. well, agak susah karena saya nggak pernah berada di sebuah majalah yang deeply talk about culinary.

but then last month, di editorial meeting, tercetuslah edisi kuliner ini buat edisi oktober. dan yang bikin saya senang bukan kepalang (oke saya lebay), ada satu artikel kopi!

technically, i'm not the one who wrote the article. but, i'm doing my part as the editor of this article. since di kantor ini saya lumayan gila kopi, makanya saya bantu Rianty, the writer, dari awal planning artikelnya.

ngapain aja kami berdua? well, since we're doing a coffee article, pastinya saya sama Rianty browsing ngalor ngidul tentang kopi. nanya ke beberapa temen barista tentang kopi, belanja kopi (this one is so fun!) dan tentunya, bikin kopi!

my boss brought this coffee maker to the office. it's new by the way. it's Krisbow yang bisa ditemukan di cabang-cabang ACE Hardware terdekat di kota anda. soal harganya, jangan tanya saya ya, i have no idea how much it costs.


coffee maker ini bener-bener simple, jadi buat saya, yang notabene-nya bukan barista, alat ini cukup mudah buat dioperasikan. tinggal kita isi air (kalau bisa air mineral yang udah matang) di bagian belakangnya yang tinggi sesuai kebutuhan (di dalamnya ada ukuran airnya). trus bubuk kopi (ingat, bubuk kopi, bukan biji ya teman-teman) dimasukkan di bagian atas yang tutupnya warna abu-abu.

takaran bubuk kopi dan airnya harus seimbang. saya awalnya mah coba-coba, jadi feeling aja ga pake ukuran :p

nah, di bagian depannya, ada ukuran ketajaman aroma. kalau saya sih suka yang aromanya kuat, makanya saya arahkan jarumnya di strong.


jangan lupa nyalain ya. tombol ada di sebelah. nggak usah juga saya ceritain prosesnya, wong tinggal nyolokin ke kontak dan mencet tombol (eh ini cerita juga ya? hehe). proses selanjutnya, air mendidih, dan uapnya berpadu sama bubuk kopi dan akhirnya lewat lubang kecil, air kopinya menetes ke poci bening di bagian bawahnya. kalau udah habis airnya, matikan dan kopi siap diminum!

trus, trus, percobaannya pake kopi apa aja nih? banyak! jujur, ini adalah saat pertama dalam hidup saya, saya nyobain berbagai jenis kopi, merk kopi sekaligus bikin macem-macem minuman kopi dalam waktu yang sama. silakan dibayangkan musti nyobain semua kopi ini.


selain kopi, kami juga nyiapin krimer, gula, caramel sauce, susu ultra dan milo buat bikin beberapa "adonan" kopi. favorit saya? black coffee mandheling dari JJ Royal. bukan kemakan iklan, tapi sumpah deh kopi ini super wangi dan enak! juara deh pokoknya. buat saya, kopi toraja terlalu asam, walaupun juga enak. but i don't really prefer kopi jawa, karena kurang manteb kalau buat saya *congkak* hehehe



hasilnya? saya mabok kopi! but still, happy!
apalagi liat hasil lay out Trista dan tulisan Rianty yang ciamik ini. Suka!


terima kasih pada Rianty yang mengemasnya dalam kata-kata yang cantik, Trista yang membuatnya sedemikian indah, Arman yang menangkap momennya dengan sempurna, and of course, my boss who gave her hands to be the coffee stylist malam itu. suka!

Komentar

  1. arrrrrrrrggggggggggggghhh! KOPI!!!!!!!!!!! >___<

    BalasHapus
  2. argh!!! ngiler laaaaaaaaaaah kaaaaaaaaaaaaaak T_T >_______<

    BalasHapus
  3. ayu jangan lupa beli majalahnya yaaaa :P
    *pesan sponsor*

    BalasHapus
  4. Woooow! Kopiii! :D

    Dan French Press saya pun mereknya Kris. LOL


    Duuh, ngiri nih.. :D Inceran saya, saya pengen beli alat pembuat cappuccino. Yang kecil itu, cuma segede pemanas air.

    Duh, impian saya, saya bisa nyobain semua kopi daerah Indonesia... kopi gayo Aceh, kopi Papua, kopi Mandailing, kopi Toraja... wuaaah banyak! :D

    Dan lagi, J.J. Royale itu bukannya merek luar negeri ya? Dan mahal, bukan? :(

    BalasHapus
  5. @asop: sombong yaaaaaaaaaa yg punya french press.. :P

    BalasHapus
  6. 2 asop: setau aku sih JJ Royal itu bikinan Indonesia kok. kopi2 yang dipake juga kopi2 dalam negeri

    2 ayu: hahaha ayu nggak boleh iriiiii

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer