BABY SKIN HACKS: CHOOSING DIAPERS



Kegalauan ibu punya anak bayi itu buanyaaaak banget. Siapa yang setuju angkat tangannyaaaaa! Dari hamil, ngidam galau. Nggak ngidam juga galau. Pas USG galau lagi mau cewek apa cowok jadinya. Mau lahiran, galau lagi, pilih lahiran pake ngeden apa SC. Habis lahir, galau juga, nih gimana neneninnya? Gimana biar ASI keluar? Daaaan seterusnya. Termasuk juga nih ngegalauin urusan pake popok kain atau pospak (popok sekali pakai). Trus kalau udah pake diapers, masih galau juga kan tuh diapers yang sehari habis berapa banyak bakal jadi apa kalau udah dibuang? Diapersnya aman nggak di kulit bayi? Etsetera-etsetera yaaaa.

There’ll be no end kalau udah ngomongin kegalauan ibu. Tapiiii, ada trik khusus buat ngurangin kegalauan itu kok, moms. Kali ini aku mau ngebahas tuntas soal kulit bayi dan cara milih pospak (popok sekali pakai) atau diapers. Seringkali kan kita milih diapers tuh karena “katanya” iklan, atau sering banget juga (ehem ini aku juga sik) karena harga. Karena emang kalau diitung-itung belanja diapers bulanan buat bayi itu lumayan yaaa dan bisa bikin lumanyun hahaha.

Tapi balik lagi, ada yang lebih penting dari sekedar nominal yang keluar dari lumanyun tadi, which is kesehatan kulit dan area sensitif bayi kita. Nah kemarin Senin aku dapet invitation nih buat ngobrol-ngobrol bareng dr. Yasmina D. Kumala, SpKK dari RSIA Bunda Margonda Depok, dan bapak Amir Siaw, direksi dari PT. Citra Selalu Sukses yang memegang lisensi produk Bambo Nature di Indonesia. Dari sini aku dapet banyak insight soal popok dari dr Yasmina juga nih.


Nah sebelum kejauhan ngomongin yang lain, sebenernya popok sendiri itu apa sih? Kalau kata dr. Yasmina, popok itu adalah benda yang dipakai oleh bayi/ orang (biasanya lansia) yang belum bisa atau tidak bisa ke kamar kecil untuk membuang urine atau fesesnya secara mandiri. Baiknya sih kita nggak termakan iklan ya, karena kebutuhan popok tiap bayi/ lansia ini juga bisa berbeda, tergantung dari kondisi kulitnya.

Moms tahu kan kalau kulit bayi itu masih sangat sensitif. Makanya ada beberapa trik nih pas kita mau milih popok yang tepat buat bayi kita.

PILIH YANG TIDAK MENGANDUNG BAHAN KIMIA

Ini penting banget. Siapa sih yang mau kulit bayinya terpapar bahan kimia? Nggak ada dong. Makanya as a mom, kita musti jeli sama bahan apa yang terkandung di dalam diapers yang kita pilih untuk bayi kita. Bahan kimia apa aja yang baiknya kita hindari?

Pewangi
Ini yang seringkali kita lupa ya. Mikirnya biar nggak bau, tetep wangi gitu. Padahal pewangi kalau nempel di kulit bayi yang masih sensitif bisa memicu munculnya ruam popok. Duh jadi keinget dulu adik kena ruam. Nggak tega banget! Baiknya dihindari deh moms.

Dioksin/ Pemutih
Ini juga sering banget kita dapetin di pasaran ya. Pemutih juga bisa jadi salah satu pemicu munculnya ruam popok kalau menempel terlalu sering (dan lama) di kulit bayi yang masih sensitif dan halus. Sebisa mungkin kurangi dan hindari ya moms.

PILIH UKURAN YANG TEPAT

Meski kadang di kemasan diapers itu udah ada acuan size S, M, L, XL, XXL beserta ukuran berat badannya yang sesuai, kadang memang masih aja ada missed-nya yang kegedean atau kekecilan dikit ya moms. Nah menurut dr. Yasmina, paling enak tuh kita bikin pengukuran diapers pada tinggi badan dan lingkar pinggul juga moms, jadi lebih pas. Trus kalau kita ngikutin ukuran berat badan yang ada di kemasan diapers, amannya sih pilih sekitar ½ sampai 1 kg di bawah batas maksimal berat badan di kemasan. Jadi nih misal di kemasan tulisannya buat 6-12kg, baiknya bayi kita dipakein size ini sampe BB bayi kita 11kg aja. Berikutnya udah ambil size yang lebih gede biar lebih nyaman.
Karena pake diapers itu nggak boleh terlalu longgar (biar nggak bocor) atau terlalu sempit (karena dikhawairkan kontak feses dan urine ke kulitnya terlalu dekat dan bisa bikin infeksi atau ruam tadi). Perhatikan tanda ketika diapers bayi udah nggak pas lagi ya moms. Cek dengan melihat, apakah ada bekas karet di perut bayi? Atau kalau masih pake yang tape, apakah si tape nempelnya udah minggir banget nih? Nah kalau udah gitu, berarti waktunya naik size juga ya moms!

PILIH YANG BERDAYA SERAP DAN BERDAYA TAMPUNG TINGGI

Tapi yang nggak bikin diapers jadi nggembol (kebayang nggak moms yang ngegelembung gede gitu) saat ada urine ditampung. Kasihan juga sih ya bayi jadi nggak nyaman geraknya karena diapersnya nggembol dan berat. Daya serap tinggi berguna banget buat tidur malam biar tiap bayi pipis dan kita belum sempet ganti diapersnya, bayi nggak ngerasa pantatnya basah. Tidur jadi tetep nyaman deh.


Setelah tahu nih cara milih diapers yang baik, kita juga harus tahu ya moms, gimana cara mengganti diapers yang baik itu biar kulit dan area kelamin bayi kita tetap terjaga kesehatannya. Ini dia langkah terbaik saat mengganti diapers ya mom.

TIDAK MENGGUNAKAN BAHAN-BAHAN YANG MEMICU ALERGI/ IRITASI

Pentiiiiing! Pilih bahan untuk membersihkan area kelamin dan pantat dengan bahan-bahan alami yang tidak memicu alergi dan iritasi. Cek di kemasan ya moms, bahan apa aja sih yang digunakan di cream atau tisu yang kita pilih. Karena produk-produk ini bakal bersentuhan langsung sama kulit bayi kita, jadi musti ekstra cermat milihnya.

PAKAI KAPAS DAN AIR HANGAT

Untuk newborn, ini sangat disarankan biar sisa feses dan urine dapat bersih secara maksimal. Jangan pakai air dingin ya moms karena bisa bikin bayi kedinginan, hindari juga pakai air terlalu panas karena bisa bikin iritasi di kulit.

BERSIHKAN PERLAHAN

Saat membersihkan, hindari gosokan kapas atau tisu yang terlalu kuat. Karena hal ini bisa membuat lecet dan luka pada kulit bayi. Cukup diusap perlahan dan ditepuk halus banget biar bersih tanpa melukai.

BERSIHKAN SESUAI ARAHNYA

Untuk anak perempuan, wajib banget kita ngebersihin dari depan ke belakang ya moms. Dan untuk anak laki-laki, baiknya gunakan kapas yang berbeda saat membersihkan area anus dan area kelaminnya. Tujuannya agar sisa kotoran yang di anus tidak terbawa ke area kelamin.

KERINGKAN DENGAN BENAR

Setelah dibersihkan, baiknya pantat bayi dikeringkan dulu nih dengan mengelap secara perlahan dan menepuknya lembut dengan tisu atau handuk. Setelah itu biarkan sejenak agar benar-benar kering dan tidak lembap sebelum memakaikannya diapers kembali.


Nah di event kemarin, pak Amir Siaw juga sempet cerita nih betapa dulu beliau kesulitan mencari diapers yang sesuai untuk anaknya. Ruam popok itu emang nightmare ya, karena bikin bayi jadi super nggak nyaman. Lalu pak Amir dapet satu diapers yang ternyata nggak Cuma aman buat kulit bayi, tapi juga aman buat bumi.


Kenalin nih, BAMBO NATURE diapers. Baru tahu? Sama nih aku juga moms haha. Jadi ternyata BAMBO NATURE ini adalah produk dari Denmark yang dibawa ke Indonesia buat memenuhi kebutuhan moms di sini yang pengen kasih diapers terbaik buat anaknya.

Apa sih keunggulan BAMBO NATURE ini?



Yang pertama banget, BAMBO NATURE diapers ini super duper lembut buat kulit bayi yang masih sensitif. Jadi diapersnya BAMBO NATURE emang didesain untuk meminimalisir resiko alergi dan diaper rush atau ruam popok ya moms. Bahan baku yang dipakai pun tanpa bahan kimia yang bisa berbahaya buat kulit bayi kita. Tenang dong jadinya. Bahkan nih ya moms, perekat yang ada di tape-nya juga pun dibuat dari bahan yang foodgrade. Desain minimalis juga dipilih untuk menghindari penggunaan berbagai stiker berbahan plastik dan tinta biar makin aman buat kulit bayi (plus eco-friendly juga ya).


Yang kedua, BAMBO NATURE diapers termasuk ke golongan yang ECO-FRIENDLY. How so? Karena bahan-bahannya biodegradable nih, means, diapers ini bisa lebur dengan sendirinya dalam waktu 1-2 bulan aja. Jadi nggak ngerusak alam sekitar kita. Kebayang dong sehari aja kita ngebuang berapa banyak diapers? Sedih juga ya kalau diapers yang kita buang ini Cuma ngotorin dan ngerusak bumi. Selain itu, 99% bahan dari BAMBO NATURE diapers ini juga compostable, artinya bahannya bisa berubah jadi kompos lho. Dan nantinya juga akan terurai alami dalam waktu kurang lebih 6 bulan. So cool, rite moms? Oya, sertifikasi Eco-friendly nya juga udah didapetin nih sama BAMBO NATURE. Jadi tenang!


Yang ketiga, daya tampung dan daya serap BAMBO NATURE diapers ini besar dan cepat! Jadi kemarin kita sampe diberi demo langsung lho sama pak Amir buat nunjukkin betapa diapers ini mampu menyerap banyak air dan menampungnya dengan baik (plus permukaan luarnya yang breathable jadi kulit bayi nggak lembap meski belum ganti diapers) trus nggak bocor juga. Dan setelah beberapa menit aja langsung kering deh permukaan dalam diapersnya. Jadi bayi tetep nyaman!


Udah kan jadi makin tenang milih diapers dari BAMBO NATURE ini, karena pas banget memenuhi poin-poin memilih diapers yang baik versi dr. Yasmina tadi. Oya, kalau dari pak Amir nih, nyaraninnya kita make diapers yang tape, karena ukurannya bisa tepat dan sesuai sama pinggul bayi. Jadinya lebih nyaman dipakenya dan gampang gantiinnya pas bayi bobo (meski yang tipe pants juga nyaman pastinya). Cus lah mamak pengen ganti diapers aja biar kulit adik lebih terjaga dan nggak terlalu nyampah diapers lagi hehe.



Oya, BAMBO NATURE ini bisa didapetin di Ranch Market atau beli online di JD.ID juga ya mom. Thanks for inviting and enlightening me about this, BAMBO NATURE!

Komentar

  1. Solusi banget nih buat menjaga lingkungan. Bekas popoknya bisa mengurai perlahan waktu. Bambo Nature bisa beli dimana ya?

    BalasHapus
  2. Iya emang gakau pake pospak, tapi anak ketiga ini mau ga mau harus pake pospak, soalnya kakak2nya masih pd kecil, demi menjaga kesehatan jiwa raga emaknya, yasud pasrah ke pospak. Makasih infonya Mom, akhirnya ada pospak ramah lingkungan

    BalasHapus
  3. Aku belum ada anaknya, cuma pakai menspad bamboo juga ketika haid :)

    BalasHapus
  4. Beruntungnya saya lahir dijaman yg sudah mengenal popok sekali pakai, memudahkan saya saat beraktifitas bersama anak.. Udh gitu, Bambo nature juga membantu kita menjaga kelestarian lingkungan ya Mba..

    BalasHapus
  5. Baru tau merk ini, bagus banget inovasinya ya, secara lingkungan saat ini sudah sangat memprihatinkan.
    Harus dicoba nih buat si bayi saya :)

    BalasHapus
  6. Jadi ingat masa anak anak pakai diapers apalagi newborn, memang beda anak kulitnya beda, kalau sensitif bisa banget nih pakai diapers ini.

    BalasHapus
  7. Belom lama tau merk ini dan blom pernah coba. Hehe. Rekomen ya mbak buat si kecil? Harganya berapa dan isinya berapa banyak?

    BalasHapus
  8. Baru tahu kalo ada merek diapers Bamboo. Merek baru kah? Jadi pengen rekomendasiin produk ini ke adik sepupuku yang masih punya anak bayi.

    BalasHapus
  9. Keren ni inovasinya dari Bambo. Jadi kita worry free ya mba. Ada info nggak udah masuk blm ke supermarket lainnya?

    BalasHapus
  10. Mbak aku fokus ke Asthma Alergy dari Bambo Nature ini...selain keunggulan lainnya. Karena dua-duanya anakku punya asma, maka diapers seperti ini pas sekali

    BalasHapus
  11. Kalau pakai diapers nih memang harus lebih hati hati untuk dipilih yang tepat buat anak. Termausk lebih baik pilih yang berdaya serap tinggi ya, mba. Asyik banget kalau ada yang eco friendly jadi aman juga buat lingkungan ya

    BalasHapus
  12. Asyik dapat rekomendasi diapers yang nyaman buat baby karena buat ngadoin ke temen yang baru melahirkan 👌

    BalasHapus
  13. Nah biasanya bahan-bahan yang memicu alergi itu seperti apa mba? Dulu waktu Erysha bayi dari baru lahir sampai 6 bulan dia pakai popok kain. Kebayang dong betapa rempongnya nyuci wkwkkw. Tapi pas 6 bulan ke atas anaknya udah ga bisa diem juga akhirnya baru dikenalin pake diapers

    BalasHapus
  14. aku pemgen nyoba ini kak, rata rata pada cocok dan sangat friendly ke kulit bayi ya kak

    BalasHapus
  15. Membersihkan popok juga ada aturannya ya mba. Bukan hanya selesai pakai buang begitu saja. Keren neh informasinya mba.

    BalasHapus
  16. Makin banyak pilihan diaper buat bayi/ Ini pospaknya ramah lingkungan ya?
    Buat ibu2 rempong yang gak sanggup nyuci popok kain kyknya ini cocok :D

    BalasHapus
  17. rekomend banget nih buat kakak ku yang punya banyak anak balita dan baby, memang memilih diapers juga jangan asal ya karena pernah kakak nyoba sekali beli yg murah merk minimarket gak lama ruam parah, :"(

    BalasHapus
  18. Pilihan diapers Makin variatif. Selain nyaman di kulit bayi, kudu pilih bahan yang Eco Friendly juga untuk menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  19. iya aku pun tim suka galau mba wkwkwk duh ada produk baru lagi nih baru tahu jadi pengen coba apalagi ramah lingkungan krn jujur ku tak sanggup klo ga pake pospak

    BalasHapus
  20. Suka sama konsep bambunya, kayanya beneran ramah lingkungan. Kan bagus itu, biar bumi gak makin banyak sampah yang susah di olah. Hehe

    BalasHapus
  21. daya serap nya oke ya mbak ? pospak anakku 2 jam aja udh nganduut bangeet sebeeel deh .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer