IDE MAIN DAN BELAJAR DI RUMAH UNTUK BAYI 1-2 TAHUN



Udah lama deh nggak posting soal main-main dan belajarnya adik di blog. Nah buat yang anaknya lagi di usia 1-2 tahun, aku ada beberapa rekomendasi permainan sekaligus ide latihan sensorik plus motoriknya yang bisa dimainin di rumah dan murah meriah (as always) nih moms.

Pasti pada ngerasain kan kalo masa-masa bayi umur 1-2 tahun itu lumayan menguras tenaga kita. Karena emang usia segini tuh lagi eksplor banget dan biasanya nggak bisa diem. Rasa pengen tahunya juga gedeee banget. Jadi bawaannya kayak semua mau diambilin, dibukain, diberantakin haha (lah curhat). Makanya untuk jenis permainannya, aku cenderung nyari yang bisa bikin adik lebih anteng, dan duduk lebih lama. PR ya? Cuma ngerasain bayi bisa anteng 20 menit aja (di luar lagi bobo yes) itu rasanya udah heaven banget haha. Jadi mamak bisa selonjoran sambil ngopi tenang selama 20 menit (meski tetep ya melototin itu mainnya aman apa nggak haha).


POMPOM PLAY

Pompomnya sendiri sebenernya kita bisa bikin sih moms dari benang wool. Tapi aku lagi nggak mood hahaha, jadi akhirnya beli deh yang sepaket sama tweezer (pencapit). Harganya juga nggak mahal. Under 20k lah. Dan dipakenya juga nggak Cuma sekali, jadi menurut aku masih worth to buy.


Nah ada tiga jenis permainan nih so far yang udah aku cobain sama Bintang pake pompom ini. Yang pertama MENCAPIT. Permainan ini sungguh menakjubkan ternyata bisa bikin Bintang duduk lama anteng banget mindah-mindahin pompom. Sebenernya activity-nya Cuma transferring. Tapi dalam proses transferring ini ada fine motor play buat jari anak belajar mencapit dan koordinasi otak dan mata selama memindahkan pompom ke wadah. Warna-warna di pompom yang menarik hati ini juga jadi ajang sensory play buat mata Bintang. Semacam pengenalan warna lagi. Aku juga sebutin beberapa warna dominan berulang-ulang tuh kayak merah dan biru sambil tunjukkin pompom berwarna tersebut.


Yang kedua, BEBASKAN POMPOMNYA. Nah ini Cuma butuh pompom sama whisk di dapur nih. Pinjem dulu lah nggak papa. Permainannya juga simpel. Aku masukkin semua pompom ke dalam whisk. Dan Bintang tugasnya ngeluarin pompom lewat jeruji whisk. Sensory play kepake pas kulitnya bersentuhan sama pompom, trus sekalian fine motor play juga pas jarinya masuk ke sela-sela whisk buat narik pompom. Buat mainan ini Bintang sih nggak terlalu seneng. Buktinya bentar aja dia udah bosen. But still worth to try kok.


ketiga, SORTING COLORS. Ini levelnya agak terlalu advance buat Bintang ternyata haha. Meski pas dijelasin konsep "ambil ini taruh sini" dia paham, tapi kadang bener kadang nggak pas mindahin pompom dengan warna yang sama ke kertasnya. Nggak papa. Kenalin aja dulu yak.


BUBBLE WRAP SEA

Ini sih sebenernya karena dapet bubble wrap lebar sisaan paket yang dateng. Nah daripada langsung dibuang kan mending dikaryakan bukan? Hehe. Zero rupiah play nih. Caranya cukup bentangkan bubble wrap di lantai dengan posisi yang kasar di atas ya.


Lalu ajak anak menginjak-nginjaknya buat latihan sensory bagian telapak kaki dan telinga saat mendengar bunyi pletok pletok bubble yang terinjak. Selain itu mamak bisa ikutan buat stress release juga lho. Seru deh rame-rame nginjekin bubble wrap trus rebutan tempat hahaha








SAVE THE LETTER

Permainan ini cukup sederhana juga. Aku kebetulan pake huruf-huruf plastik yang agak gede dan berwarna-warni yang aku tempelin ke dinding pake selotip gede. 


Permainannya hanya adik diminta melepaskan huruf yang tertempel. Tricky-nya emang di bagian ngelentekin selotip ya. Otot-otot jari tangan adik jadi terlatih. Fine motor skill-nya terasah di sini. Tapi karena dia ngelentekinnya cepet, jadi bentar aja juga kelar permainannya.


HALANG RINTANG

This one needs more space. Ini salah satu bentuk latihan gross motor skill adik. Permainannya adalah adik harus melompati kain-kain ini tanpa terjatuh. 


Sempet dicontohin kakaknya sih jadi dia tahu, tapi untuk mandiri bisa lompat tanpa berpegangan, adik belum lancar. Jadi harus sering dilatih nih biar keseimbangan tubuhnya secara menyeluruh makin baik dan nggak jadi anak yang gampang jatuh.


SCOOP AND TRANSFER

Ini sungguhlah sensory dan fine motor play yang super simpel sebenernya. Cuma butuh biji-bijian seperti beras/ jagung/ kacang hijau atau bisa mix juga buat warna. Bisa juga berasnya diwarnain kayak aku pernah bikin dulu. Tapi karena pas nyoba maininnya dan fotoin ini buru-buru disambi bikin pesenan kue, jadi berasnya polosan hahaha.


Yang dibutuhin adalah biji-bijian tadi, 1 wadah biji, corong minuman, botol bekas dan scoop. Kalo di rumah lagi nggak ada scoop, bisa pake sendok, sendok nasi/ centong, atau apa aja yang bentuknya cekung buat nampung biji-bijian yang dibawa.



Mainin ini kudu diawasin banget ya moms. Karena resiko biji-bijiannya dipegang trus dimakan itu gede banget. Meleng dikit bisa bahaya keselek. Untungnya selama main adik nggak coba makan sih. Cuma memang berantakan banget ini mainnya. PR di beberesnya aja haha. Tapi ngeliat bayik hepi banget maininnya dalam waktu yang lama juga bikin mamak hepi kok haha. Oya, permainan ini ngelatih fokus bayi kita juga ya. Karena kan mindahinnya ke tempat yang lebih tinggi dan permukaannya lebih kecil, jadi dia akan belajar ngepasin scoop ke wadah yang lebih kecilnya biar biji-bijiannya masuk.


Sebenernya main ginian itu bisa dimulai dari apa aja yang ada di rumah. Bahkan daily routine kita juga bisa jadi ajang main anak kok. Sesimpel kita lagi ganti galon air mineral dan anak kita ikutan dorong galon kosong (tinggal kita ajakin tuh dia belok sana sini buat latihan mengikuti instruksi yang melatih kerja otaknya), atau ikutan kita ngejemurin baju (which is a fine motor juga sebenernya). Playing with kids and babies at home doesn't always have to be expensive. Latihan motorik juga nggak selalu harus ikutan yang mahal. Ya kalau ada rejeki sih why not ya hahaha, siapa yang nggak seneng ngikutin anaknya kegiatan bagus toh. But the point is, kitanya nggak usah nunggu punya duit atau punya waktu terlalu banyak buat mulai main dan explore sama anak. Yuk mulai dari sekarang moms!

Komentar

  1. bundanya kreaktif sekali, saya juga banyak belajar dari bu retno hening maka nya selalu mantau instagramnya setiap hari

    BalasHapus
  2. Gemez banget sih Deeek.. bundanya rajin ajak main yaaa... Tante jadi mau coba juga deeh

    BalasHapus
  3. Wah bunda kreatif ya pasti Dede seneng bngt ya bunda nya perhatian dan rajin nemenin bermain

    BalasHapus
  4. Anak tidak bosrn main di rumah dengan peralatan sederhana dan harganya pas dikantong mom.

    Ide mainana kreatif dan melatih sensorik anak

    BalasHapus
  5. Wah samaan ni, hampir semua udah pernah aku praktekin ke anak, kecuali yg halang rintang ni mba, patut dicoba. Thanks ide kreatifnya mbaaa

    BalasHapus
  6. Wah ternyata banyak juga permainan anak balita yang bisa kita mainkan pake peralatan yang ada, contoh plastik bubble itu, jangan anak kecil saya pun suka iseng pletok2in. Hahahha

    BalasHapus
  7. Segala yang ada di rumah bisa diberdayakan sih ya, tinggal seberapa rajin dan seberapa mau kita menemani dan mengawasi mereka bermain. Karena ya itu, beberapa mainan tertentu emang harus diawasi banget

    BalasHapus
  8. Kreatif banget si mba Kamu.udah kaya di play ground melatih motorik usia anak dgn cara sederhana

    BalasHapus
  9. Wah kreatif bgt tuh main yg pake wrap. Klo kreatif, bahan apa saja bs jd mainan yg seru buat anak yah. Keren ih idenya. Banyaknya kan org tua langsung beli aja mainan yg bisa dipakai langsung.

    BalasHapus
  10. Makasih mba infonya, jadi nambah ide buat main di rumah bareng gendish

    BalasHapus
  11. Wuih bunga.. kamu kreatif banget... Adekku jg Ada anak seumuran anakmu.. tapi anaknya main sendiri berdua ama kakaknya doang.. akibat ibunya sibuk banget ixxixix.. nah kayanya artikel ini bisa kurekomendasikan ke dia.. biar dia Cobain deh ke anaknya.. boleh ya

    BalasHapus
  12. Ya allah mamaknya kreatif banget ini sih... Makasih loh ide bermainnya. Bikin nambah bonding ibu dan anak

    BalasHapus
  13. Awesome.. Very creative mom. Aku suka yang bubble wrap.. Sampe sekarang masih suka kumainin bareng anak-anak.. Seringnya sih dipencet-pencetin hehe

    BalasHapus
  14. Wohhoo.. Thanks berat nih mba udah ngasih ide bermain bareng Rayhan.
    Itu pompom bisa beli online kan yakn

    BalasHapus
  15. Boleh banget neh idea mainnya anak. Barang apapun bisa jadi mainan ya yang penting kita bisa mengolahnya dengan baik. Aku saving ah ya mba.

    BalasHapus
  16. Kreatif banget mbak. Aku juga pengen mulai ajak anak main main hehe.

    BalasHapus
  17. Kreatif bangets Mbak...Pakai apa yang ada di sekitar bisa juga dengan kreatifitas kita. Anak jadi terlatih dan terstimulasi kemampuannya. Keren Mbak!

    BalasHapus
  18. Banyak sebenernya mainan mainan sederhana yang di sukai anak yah mom
    Tapi kadang aku nya yang males. Males rempong hehe
    Makasih artikel nya sangat menginspirasi mom
    Jadi semangat ajak main anak ku

    BalasHapus
  19. Thanks mbaa, mau saya cobain ke anak saya.
    Pas banget nih, anak saya almost 13M dan udah mulai ngerti kata2 maminya :)

    BalasHapus
  20. Keponakanku yang udah 7 tahun aja masih suka banget loh sama permainan bubble wrap gitu. Dan ternyata banyak juga ya permainan anak yang bermanfaat sesuai usianya.

    BalasHapus
  21. mba ini penting banget loh, makasih ya mba jadi ide inspirasi bermain sama anak.

    BalasHapus
  22. Mbaak, makasih masukannya yaa. aku sama anakku kadang juga suka mati gaya kalau mau main bareng, hehe

    BalasHapus
  23. Oh iya yah, banyak main seperti itu melatih kemampuan motorik anak-anak. Daku suka seperti itu sama Ponakan, dan dianya mah demen aja 😂

    BalasHapus
  24. Mba kreatif banget :D mau contek ah idenya. Kayaknya gampang hehehe ini. Siapa tau bisa bikin anak-anak anteng juga.

    BalasHapus
  25. Kreatif sekali mbak, dengan bahan-bahan yang nggak terlalu mahal tapi bisa berguna untuk sensory. Btw sampai sekarang pun saya masih suka mainin bubble wrap :D sederhana tapi menyenangkan

    BalasHapus
  26. anak aku seneng banget bagian halang rintang dan scooo dan transfer.

    BalasHapus
  27. Pas buat anak aku setabun. Aku dari dlu pengen beli pompom tapi blm beli beli haha akhirnya beli waterbeads. Sukses diacak acak wkwk. Krn anakku blm bs jalan jd fokusnya di stimulasi kaki dan tangan. Makasih ide pompomnya mom. i will try for sure.

    BalasHapus
  28. Waah halang rintang belum dicoba nih. Nanti saya coba aah.. ma kasih ya mba

    BalasHapus
  29. serunya ya bermain bersama si kecil, aku pun dulu gitu mba waktu anak masih kecil, sekrang udah agak susah diajak main beginian, protes mulu hehehe

    BalasHapus
  30. Gud idea mbak, ini anak2ku yang usia 3,5 dan 6 tahun kalau diajakin main bubble wrap aja masih seneng banget kok hehe

    BalasHapus
  31. Seru banget mainnya. Tante ikut donk. Ide bermain anak itu banyak ya tergantung ibunya mau nemenin main nggak hehe...

    BalasHapus
  32. Bubble Wrap dah pernah. Yang belum itu mainan beras karena di rumahku (rumah Mama) pamali.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer