MUSIM HUJAN HAMPIR TIBA, INI YANG HARUS MOMS SIAPKAN DI RUMAH




Menjelang akhir tahun memang biasanya udah mulai bau hujan nih. Di negara tropis seperti negara kita yang Cuma punya 2 musim kemarau dan hujan, perubahannya kadang bikin badan ngedrop tiba-tiba ya. Apalagi dengan curah hujan yang seringnya langsung tinggi di awal musim hingga mendekati akhir musim nanti. As mom with kids, kita harus udah selangkah dua langkah bahkan kalo perlu tujuh puluh lima langkah lebih dulu ya buat nyiapin segala sesuatunya. Nah apa aja sih yang perlu kita siapin menjelang musim hujan nanti?

Kondisi atap rumah

Kalau pertanyaannya ngapain? Hehe jawabannya mudah. Seringkali kita lupa kan kondisi atap rumah kita gimana. Apalagi kalau udah lamaaaa banget nggak hujan. Baiknya bicarakan dengan suami, apakah perlu memanggil seorang tukang untuk bantu mengecek kondisi genteng/ atap rumah kita? Tujuannya adalah untuk mencari apakah ada yang sudah lapuk/ rusak/ bocor dan bisa segera menggantinya sebelum diterjang hujan. Tujuan memanggil tukang lainnya adalah untuk membersihkan sisa-sisa sampah daun atau material yang berterbangan ke atap lalu mengotori saluran air/ talang yang ada di atap (biar nanti pas hujan nggak mampet nih moms). 1 hari libur aja cukup kok buat dialokasikan memanggil tukang ini. Yuk siapkan moms!


Saluran air dan pembuangan

Meski sama-sama saluran air juga tapi ini dikhususkan buat saluran air rumah bagian bawah yang mengalir ke got depan rumah kita ya moms. Kalau aku dan suami punya semacam tongkat panjang banget (kayak kawat besi tebel gitu) yang kami pakai untuk menyodok saluran air dari depan rumah. Karena kadang di saluran air tuh kalau musim kemarau suka bertengger kotoran dan pasir. Jadi ngerinya kalau nggak dibersihin, nanti pas musim hujan lalu got penuh, air akan naik. Ini bisa dilakukan sendiri atau juga sekalian dengan minta tukang yang tadi ngecek atap ya moms. Jadi satu hari bisa kelar nih dua poin.


Payung dan jas hujan

Ini yang kadang lupa sampe musim hujan dateng nih hahaha. Meski seringnya kita punya stok payung di rumah, Cuma kadang kalau kelamaan nggak dipake suka lupa yah payungnya masih bener dan berfungsi apa nggak. Rusak nggak kawatnya? Bisa dibuka nggak? Baiknya kita punya payung khusus di mobil dan payung lain di rumah biar selalu ada saat dibutuhkan tanpa harus bolak balik pindahin. Jas hujan juga. Buat suami atau kita yang mobile naik motor (apalagi bawa anak) wajib banget nih siapin jas hujan buat tiap orang. Pilih jas hujan yang 2 pieces karena cenderung lebih aman digunakan saat mengendarai sepeda motor. Buat anak banyak yang berwarna-warni dan bergambar lucu juga lho. Jadi mulai beli dari sekarang aja yuk biar pas tetiba hujan nanti kita nggak kelabakan.


Vitamin

Beberapa orang memang cenderung mudah sakit ya moms, terutama saat perubahan musim. Buat mencegahnya, kita bisa siapkan vitamin buat kita dan anak-anak di rumah ya. Saran aku, pilih yang berbahan alami. Meski begituuuuu, baiknya sih konsumsi buah dan sayur lebih banyak aja ya biar asupan vitamin alaminya tetap terjaga dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Karena tahu sendiri kan moms, kalau awal musim hujan tuh rawan banget badan ngedrop dan bikin sakit. Kalau aku sendiri sih lebih suka yang nomer 5 nih.


Resep minuman dan makanan buat ngangetin badan

Nah karena kami sekeluarga suka dan hobi minum anget (yep sampe ada rutinitas harian minum minuman anget bareng di pagi dan sore hari), makanya aku selalu sediain HERBADRINK SARI JAHE di rumah. Kandungan sari jahe alaminya bantu kita buat ngangetin badan! Wah, pas bener kan buat musim hujan yang segera tiba. Bikinnya juga gampang, karena tinggal nuangin bubuknya dari sachet, masukkin gelas, kasih air panas. DONE! Minuman sari jahe hangat berkhasiat udah bisa dinikmati bareng keluarga. Suami aku sendiri sukanya yang nggak manis (karena ceritanya doi lagi diet nih hahaha) makanya aku sediainnya HERBADRINK SARI JAHE SUGAR FREE.


HERBADRINK SARI JAHE ini termasuk minuman jamu ya, karena memang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia tapi udah diolah dan diproses pake teknologi modern. Jadi nggak perlu takut soal kebersihan dan keamanannya. But still, kebaikan alami jahenya nggak ilang meski udah dimodernisai kok. Kemasannya yang berupa sachet praktis buat dibawa ke mana aja. Kayak suamiku yang kerjanya mobile karena doi nggak punya kantor, gampang banget tinggal kubawain satu sachet kalau dia berangkat kerja. Nanti di sana tinggal seduh air panas aja. Nggak repot tenteng-tenteng jahe geprek di plastik kayak aku jaman dulu hahaha (saking sukanya minum jahe anget nih).

Dapetinnya juga gampang. HERBADRINK SARI JAHE ini udah tersedia di hampir semua supermarket yang terdekat dengan rumah kita. Dan harganya juga terjangkau ya. Nggak mahal kok buat stok penjaga kehangatan di rumah kita.

Oya, selain diminum as SARI JAHE HANGAT aja, HERBADRINKSARI JAHE juga bisa dimodif jadi berbagai minuman dan makanan penghangat sangat musim hujan tiba nih moms. Apa aja resepnya? Cek di bawah ini ya.

1.    TEH JAHE
1 kantung teh celup + 1 sachet HERBADRINK SARI JAHE
Seduh air panas bersama dalam 1 cangkir

2.     SUSU JAHE
      1 sachet HERBADRINK SARI JAHE + 2 sdm kental manis/ creamer
Seduh air panas bersama dalam 1 cangkir dan aduk rata

3.    WEDANG JAHE ALA SEKOTENG
1 sachet HERBADRINK SARI JAHE diseduh (boleh pake/ tanpa creamer), beri potongan roti tawar, bubur mutiara (kalau ada) lalu taburi kacang goreng.

4.     PISANG ROTI SARIKAYA JAHE
1 sachet HERBADRINK SARI JAHE + 65 ml santan kental + 4 lembar roti + 1 buah pisang raja/ barangan + 1 butir telur (kocok lepas)


Seduh HERBADRINK SARI JAHE, tunggu agak dingin sedikit, lalu campurkan dengan santan dan telur.
Di Loyang/ alumunium foil cup, beri potongan roti dan pisang, siram dengan adonan HERBADRINK SARI JAHE tadi. Lalu kukus hingga matang. Sajikan hangat.

5.   GINGER MUG CAKE
1 sachet HERBADRINK SARI JAHE + 1 butir telur + 5 sdm self raising flour + gula sesuai selera + 2 sdm margarine dilelehkan + susu cair secukupnya


Campurkan self raising flour dengan HERBADRINK SARI JAHE dan gula di mug, lalu masukkan telur. Kocok perlahan.
Tuang susu cair secukupnya sampai berbentuk adonan (jangan terlalu cair). Tuangkan margarine lalu aduk rata.
Oven sampai matang/ tes tusuk ya.
Satu resep ini harusnya cukup nih buat dua mug moms. Nanti pas sebelum ngoven, langsung dibagi ke dua mug aja ya. Dan jangan lupa, pakai mug yang memang tahan panas oven ya.

Kenapa sih emang harus minum sari jahe pas musim hujan? Selain bisa menghangatkan badan, sari jahe dapat membantu meningkatkan imun tubuh kita, which is penting banget (terutama) di perubahan musim dan di musim hujan. Sari jahe juga dipercaya bisa menurunkan berat badan lho moms. Selain itu, minum sari jahe juga dapat mengurangi sakit saat menstruasi dan menghilangkan mual. Jahe sendiri juga dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah dan nafas kita. Banyak banget ya manfaatnya? Makanya penting nih nyiapin HERBADRINK SARI JAHE di rumah buat diminum kapan aja atau dibikin cemilan kayak resep yang aku share di atas.

Nah, kalau semua persiapan udah ada, kita bisa bernafas lega nih moms. Jadi kalau musim hujan datang kapan aja, kita nggak perlu worry lagi karena rumah sudah siap, payung dan jas hujan ada, dan HERBADRINK SARI JAHE udah tersedia di rumah. Aih jadi nggak sabar nunggu datengnya musim hujan yang menenangkan! Udah kebayang aja nih minum HERBADRINK SARI JAHE di teras sambil baca novel kesayangan (atau nonton drakor sih haha) dan nikmatin derunya hujan. Watta perfect “me time” for moms ya, haha. Duh nyenengin hati mamak emang sesimpel itu kok!







Komentar

  1. wahh keren banget dijadiin masakan juga ya, aku suka banget herba drink jahe alami banget ya wangi dan rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya mba, mamak iseng modif biar anak-anak juga ikut makan

      Hapus
  2. Bisa jadi menu ya.. asyik. Anak2 pasti jg suka. Yg jahe ini aku belum coba kynya aneet buat musim hujaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bangeeet. iya buruan nyetok buat persiapan musim ujan mba hihi

      Hapus
  3. Wah ada kemasan yg praktis . Enaak bangeet yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. praktis bangeeeet ini mah, tinggal kantongin haha

      Hapus
  4. bener banget inii. payung lipat taro tas dan payung besar d mobil hrs d make sure dl klo kondisinya masih oke. hihi

    BalasHapus
  5. Pengen susu jaheee hehehe.
    Benar banget nih, bentar lagi musim hujan.

    Meski rindu hujan tapi agak galau menyambutnya.
    Jadi kudu siapin herbadrink sari jahe nih :)

    BalasHapus
  6. Waah iya bentar lagi musim ujan, harus persiapan menghadapi bocor bocor :)))

    Btw, aku juga suka herbadrink, praktis banget buat menjaga kesehatan tubuh :)

    BalasHapus
  7. Saya selama ini cuma diminum gitu aja. Ternyata bisa juga dijadiin beberapa resep camilan. Enak juga, ya

    BalasHapus
  8. Praktis ya HerbaDrink jahe ini jadi bikin wedang jahe kapan aja dan dimana aja. Kalo aku masih lebih suka wedang jahe yang dibuat dari jahe yang ku tanam sendiri. Hehehe.

    BalasHapus
  9. huhuhu disini masih belum kebagian hujan nih, masih kering aja daerahnya.. mentok2 mendung doang terus gak jadi hujan! hehehe.. mau coba juga ah herbadrink jahe nya.. kebetulan aku suka sama wedang jahe kayak gini

    BalasHapus
  10. Herbadrink ini bisa dipakai untuk macem-macem ya? Gak cuma buat diseduh tok aja..

    BalasHapus
  11. Iya benar saat musim hujan kami sangat memperhatikan jas hujan dan payung. Secara kemana2 kami hanya bisa jalan kaki dan atau naik motor. Apalagi anak sudah sekolah musim hujan banyak banget yang harus dipersiapkan ya

    BalasHapus
  12. wah ada resepnya sekalian...cateet, karena musti sedia tips di atas sebelum hujan tiba. Terutama Herbadrink Sari Jahe

    BalasHapus
  13. persiapan sebelum musim hujan.. tapi enak juga sih buat nemenin begadang ya

    BalasHapus
  14. Kreatif banget sih mom Bunga. Aku jd pengen nyoba bikin cake ginger-nya itu. Thanks resepnya ya :D

    BalasHapus
  15. aku suka banget sama yang jahe, mom. karena cocok dan membantu banget saat aku mulai masuk angin.
    Terima kasih untuk tips nya, mom

    BalasHapus
  16. Wow asyik resepnya kreatif. Biasanya kalau ada wedang jahe ya aku minum begitu saja. Teryata bisa dikreatifkan menjadi berbagai ide resep masakan yaa

    BalasHapus
  17. Biasanya jahe juga dibikin campuran ketika bikin minuman di rumah, seperti kacang ijo, setup. Pengen cobain ginger mug cake. Kelihatannya gampang. Semoga berhasil yaa..

    BalasHapus
  18. Duh telat banget saya baca tulisannya. Karena hujan sudah mampir kemarin malam. Dan iya, ternyata ada sedikit bocor.

    Pas banget ya minum Herbadrink ini pas musim hujan. Bikin hangat dan tenang..

    BalasHapus
  19. Toss. Saya sudah sedia Herbadrink juga di rumah. Jaga jaga musim hujan.

    BalasHapus
  20. sekarang bikon wedang jahe jadi gampang banget tunggal seduh herbadrink ya mba...

    nyetok ah... buat pas musim penghujan

    BalasHapus
  21. Sari jahe emang paling nikmat di minum dikala hujan

    BalasHapus
  22. betul banget Mom.. musim hujan itu memang harus kita sambut dengan berbagai persiapan.. aku jadi perlu antisipasi nih bawa payung kemana2, apalagi kalo ajak anak ikutan :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer